Brand awareness merupakan cara yang digunakan oleh perusahaan untuk mengenalkan identitas perusahaannya yang berupa merek dagang, logo, slogan, gambar, dan segala sesuatu yang menempel pada produk kepada para konsumen secara luas.
Beberapa cara meningkatkan brand awareness dilakukan oleh perusahaan agar produk yang dikeluarkannya bisa meningkat penjualannya di pasaran, nah pengetahuan konsumen dalam mengetahui suatu produk ini bisa mempengaruhi dan berperan besar pada keputusan pembelian konsumen. Maka dari itu brand awareness memiliki peran penting untuk meningkatkan keberhasilan perusahaan dalam melakukan strategi pemasaran.
Brand awareness tidak hanya membantu perusahaan untuk mengenalkan produknya ke masyarakat luas. Tetapi dengan brand awareness, konsumen juga secara tidak langsung akan memiliki ikatan dengan perusahaan karena telah memiliki pengalaman pembelian dan pengalaman mengkonsumsi sebuah produk sehingga konsumen sudah memiliki tingkat kepercayaan pada merek dagang tertentu.
Apabila seorang konsumen merasa puas akan sebuah produk, secara tidak langsung mereka akan menjadi sales marketing yang bekerja secara word of mouth dengan menyampaikan testimoni dan pengalaman pemakaian sebuah produk kepada orang lain yang memiliki kemungkinan besar menjadi konsumen potensial.
Ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh para pelaku bisnis untuk meningkatkan brand awareness, diantaranya adalah sebagai berikut!
Saat ini berjualan dengan mengandalkan promosi secara langsung kepada para pelanggan saja dianggap sudah ketinggalan zaman. Semua bisnis, baik yang baru dirintis hingga perusahaan yang sudah besar, saat ini sudah gencar melakukan pemasaran online dengan merambah digital marketing.
Diantara perusahaan-perusahaan yang sukses saat ini, sebagian besar sudah berhasil menekan biaya marketing dengan memanfaatkan kemudahan internet untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, bahkan mendunia.
Dalam melancarkan strategi digital marketing, para pelaku usaha juga harus mempelajari SEO, apabila perusahaan memilih pemasaran online dengan menggunakan konten blogging maka pengetahuan tentang optimisasi mesin pencari atau lebih dikenal dengan search engine optimization (SEO) perlu dipikirkan dalam setiap unggahan konten yang dibagikan oleh perusahaan.
Pastikan untuk menggunakan kata kunci (keyword) yang relevan agar produk yang dijual atau branding yang dilakukan oleh perusahaan sampai di timeline para pembaca potensial yang sedang mencari kebutuhan serupa dengan apa yang ditawarkan oleh perusahaan.
Brand awareness juga bisa ditingkatkan dengan cara membuat gebrakan pemasaran produk melalui kerjasama atau kolaborasi dengan influencer yang terkenal di bidang tertentu. Misalnya saat memproduksi produk berupa makanan anak atau pakaian anak maka perusahaan harus pandai memilih figur publik yang memiliki pengikut besar di media sosial sekaligus memiliki anak kecil yang bisa ditampilkan sebagai pemakai produk, hal tersebut bisa membuat tingkat ketertarikan dan kepercayaan publik meningkat.
Dalam berbagai kesempatan, banyak sekali perusahaan yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mensponsori sebuah acara. Mereka akan menukar publisitas branding dengan biaya sebagai pendukung acara. Cara ini bisa membuat nama brand lebih dikenal luas oleh publik, tidak heran jika banyak perusahaan besar berani mengeluarkan budget hingga milyaran rupiah untuk menjadi pendukung acara sepak bola atau event-event besar lainnya.
Cara terakhir yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan membuat website dan akun bisnis media sosial. Pertama, perusahaan bisa melakukan pemasaran melalui konten-konten yang diunggah di media sosial seperti Instagram. TikTok, Facebook, dan lainnya.
Kedua, perusahaan juga bisa membuat website untuk menampilkan produk-produk yang dijual. Karts.id menawarkan webstore.karts.id yang bisa membantu memperluas jangkauan pelanggan dan meningkatkan penjualan secara online dengan harga yang relatif terjangkau untuk bisnis-bisnis yang baru mulai dirintis.
Itu dia informasi lengkap tentang cara meningkatkan brand awareness untuk bisnis. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk para pelaku usaha.