HomeBusiness5 Jenis Diskon yang Bisa Tingkatkan Penjualan
5 Jenis Diskon yang Bisa Tingkatkan PenjualanBy: Elavigne - 12 Mei 2023

Dalam meningkatkan penjualan perusahaan, ada beberapa strategi bisnis yang bisa ditempuh oleh departemen marketing perusahaan, salah satunya adalah memberlakukan jenis-jenis diskon yang beragam untuk menarik keputusan pembelian dari konsumen. 

Diskon merupakan bentuk potongan harga yang bisa dinikmati oleh para konsumen, sehingga mereka bisa mendapatkan produk yang disukainya dengan harga yang relatif lebih murah dari harga normalnya.

Berikut ini adalah lima jenis diskon yang bisa meningkatkan penjualan perusahaan!

1. Diskon Pembelian Pertama

Jenis diskon yang pada umumnya sering diberlakukan oleh bisnis-bisnis baru yang ingin menambah eksposur merek dagangnya adalah diskon untuk pembelian pertama.

Jenis diskon ini memberikan konsumen sebuah penawaran menarik, yaitu akan mendapatkan potongan harga saat membeli untuk pertama kalinya jenis produk yang ditawarkan oleh produsen.

Kebanyakan yang menggunakan diskon pembelian pertama adalah restoran yang baru melakukan opening atau website toko online untuk menjangkau konsumen yang lebih luas lagi.  

2. Diskon Member

Jenis diskon kedua yang bisa dipakai adalah diskon member. Pada umumnya sebuah bisnis yang memproduksi barang dan jasa ingin mempertahankan konsumennya sebagai pelanggan tetap, yang nantinya ditargetkan ulang sebagai konsumen yang loyal.

Oleh karena ini, untuk membuat penjualan stabil dan selalu meningkat setiap bulan, maka perusahaan butuh melakukan promosi dengan memberikan potongan harga khusus untuk para member, misalnya bagi pelanggan yang sudah menjadi member akan diberikan kartu keanggotaan dan setiap pembelian akan mendapatkan manfaat bisa hemat beberapa persen dari harga normal. 

3. Diskon Bundle

Jenis diskon selanjutnya yang bisa diberlakukan adalah diskon bundle, perusahaan bisa menggunakan strategi penjualan paket bundling agar produk-produk yang intensitas pembeliannya sedikit bisa terdorong peningkatan penjualannya saat disatukan dengan produk yang sedang banyak diminati. 

4. Diskon Ulang Tahun

Jenis diskon ini biasanya diberlakukan pada produsen yang menjual produk-produk berupa pelayanan seperti hotel dan restoran. Diskon ulang tahun merupakan potongan harga yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen yang memiliki tanggal lahir yang tepat dengan berlangsungnya promo tersebut.

Hal ini selain bisa meningkatkan penjualan perusahaan karena dapat dijadikan sebagai ajang promosi juga bisa membuat perusahaan meningkatkan citra baiknya di mata publik. 

5. Diskon Hari Besar

Selain mengadakan promosi berupa diskon hari ulang tahun untuk membuat konsumen bahagia, perusahaan juga bisa memberlakukan diskon untuk hari-hari besar nasional, misalnya seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal, Nyepi, Tahun Baru, atau momen kemerdekaan Negara Indonesia.

Diskon ini bisa berupa potongan harga sesuai tema hari raya atau hari libur nasional yang sedang dirayakan, misalnya saat tanggal 17 Agustus maka perusahaan bisa memberikan para konsumen diskon sebesar 17% untuk setiap item produk yang mereka beli. 

Semua diskon yang sudah dijelaskan di atas bisa meningkatkan penjualan perusahaan jika diatur sesuai dengan strategi bisnis yang dijalankan. Namun, untuk mengatur kisaran diskon agar tidak menyentuh harga pokok produksi, diskon harus dipertimbangkan secara matang.

Agar tidak perlu repot lagi mengatur pemberlakukan diskon untuk meningkatkan laba perusahaan, alangkah lebih baiknya jika perusahaan menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan Karts POS

Selain bermanfaat untuk merekam setiap transaksi penjualan, aplikasi kasir ini juga bisa mengatur manajemen inventory, menghasilkan laporan real time, dan tidak ketinggalan juga bisa mengatur promo, diskon, dan third party. 

Jadi tunggu apa lagi, segera memulai bisnis dengan sistem yang lebih modern!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.