HomeBusiness5 Langkah Sukses Merencanakan Bisnis Yang Tepat
5 Langkah Sukses Merencanakan Bisnis Yang TepatBy: Elavigne - 5 Sep 2022

5 Langkah sukses Merencanakan Bisnis - Membuka usaha merupakan langkah tepat bagi yang ingin mencoba keluar dari jalur aman. Mungkin aktivitas sehari-hari lebih menyita waktu dengan pekerjaan yang sama serta hasil yang tidak tentu. Dan ini membuat seseorang menjadi cepat bosan. Namun membuat suatu usaha bukan perkara gampang, karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Tidak hanya soal modal dan tempat,, tapi beberapa kepentingan lainnya perlu dipikirkan. Apakah sesuai dengan budget dimiliki, bagaimana mengantisipasi untung dan rugi, serta beberapa kaitan dengan bisnis lainnya. Karena itu sangat penting membuat suatu rancangan pembangunan agar dapat direalisasikan.

Nah..buat yang mungkin bingung apa saja sih yang perlu direncanakan sebelum memulai suatu bisnis agar sukses. Disini akan dijelaskan lebih lanjut. 

5 Langkah Sukses Merencanakan Bisnis Impian

Berikut ini 5 langkah membuat rencana bisnis untuk bisnis impian Anda :

Langkah #1 : Rencanakan Tujuan Bisnis

Langkah pertama untuk menemukan apa maksud dan tujuan dari bisnis baru Anda, dan bagaimana hal tersebut dapat cocok dan menggambarkan kepribadian Anda.

Sangat diharapkan jika bisnis tersebut  adalah sesuatu yang dicintai dan merupakan passion Anda agar bisnis tersebut tidak hanya menjadi pekerjaan sampingan yang tidak Anda perhatikan.

Dibawah ini terdapat beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan pada diri sendiri :

  • Apa misi bisnis dan misi pribadi diri?
  • Apa yang memotivasi seseorang untuk memulai bisnis sendiri?
  • Masalah apa yang pernah Anda pecahkan yang sekarang ingin membantu orang lain untuk dapat memecahkan masalah mereka?
  • Pengaruh apa yang ingin Anda berikan dalam suatu bisni Bisnis ?

Sangat diperlukan untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan diatas, karena tentu saja seseorang ingin tujuan yang diinginkan masuk kedalam branding dan 100%  ingin menjadi diri sendiri dalam segalah hal yang dilakukan dalam bisnis Anda.

Sangat penting untuk menjadi diri sendiri secara autentik dan menemukan nada dan suara kita  sendiri.

Langkah #2 : Rencanakan Tim Internal Bisnis

Dalam suatu bisni, langkah ini merupakan segala sesuatu tentang menemukan orang yang tepat untuk tim dan tim support. Didalamnya akan memerlukan tim internal dan tim support yang tepat untuk mencapai kesuksesan bisnis yang akan dijalani.

Langkah #3 : Rencanakan Produk Bisnis

Inilah saat dimana untuk menentukan apa yang ingin kita jual, apa yang pasar inginkan, dan bagaimana untuk mengemas produk atau jasa atau program yang diinginkan dan dibutuhkan klien ideal yang diharapkan ini pula saatnya untuk kita membuat rencana strategi perilisan.

Temukan bagaimana caranya untuk membuat penawaran dan apa yang seharusnya Anda tawarkan dan pada dasarnya taruh segala pengetahuan Anda kedalam program dan layanan.

Bagi sebagian orang hal ini sangat sulit untuk dilakukan, yang mana mengapa Anda memerlukan sistem untuk dapat menerapkan seluruh pengetahuan Anda kedalam program yang akan dibuat.

Inilah dimana saatnya passion Anda akan bermain karena Anda ingin menciptakan sebuah produk dan jasa yang Anda cintai. Ini akan lebih mudah untuk dijual ketika Anda memiliki passion terhadap sesuatu dan dapat membantu orang lain dengan passion tersebut.

Langkah #4 : Rencanakan Strategi Promosi

Langkah yang keempat merupakan salah satu langkah terbesar yang tentu saja langkah ini akan menghabiskan sebagian waktu dalam menjalankan bisnis. Ini adalah tentang segala promosi ketika seseorang sedang membangun rencana bisnis.

Hal ini dapat membuat kewalahan. Disini diperlukan fokus pada tugas promosional yang akan meningkatkan profit serta fokus kepada tugas yang menghasilkan revenue dan jangan terlalu membuang waktu hanya kepada tugas yang tidak menghasilkan revenue.

Kebanyakan dari kita memiliki waktu yang sangat sedikit untuk mengerjakan pekerjaan harian dan menumbuhkan bisnis sendiri, maka Anda ingin memastikan bahwa Anda hanya hanya akan fokus kepada ide-ide yang menguntungkan.

Sebagian besar waktu yang dihabiskan dari aktivitas tersebut adalah untuk percakapan penjualan dan kegiatan penjualan yang sebenarnya atau bekerja dalam pembuatan produk yang akan membawa keuntungan di masa mendatang.

Jadi ini semua tentang menyalurkan penjualan secara digital jadi prospek Anda akan datang dengan otomatis tanpa perlu pergi ke berbagai jaringan yang ada dikota Anda.

Lalu bagaimana orang-orang akan menemukan bisnis yang dijalani? ini perlu mendapatkan prospek lalu mengubah mereka menjadi pelanggan.

Langkah #5 : Rencanakan Profit

Langkah ini akan membuat perbedaan, hal ini sangat penting ketika seseorang membuat rencana bisnis karena itu akan menentukan perbedaan antara ingin mengajukan surat pengunduran diri atau tidak. Jumlah penjualan harus mencapai profit tersebut.

Terdapat beberapa sistem yang dapat kita gunakan jadi Anda akan mengetahui ketika membuat sebuah loncatan, yang intinya keuntungan sudah ada didepan mata.

Tidak ada alasan untuk takut memulai bisnis. Ketika kita bersiap untuk melompat, disini harus mengetahui jumlah klien yang dibutuhkan, berapa banyak orang yang perlu untuk diajak bicara, dan berapa banyak orang yang perlu melihat promosi disebar.

Jadi ketika Anda membuat perencanaan profit , Anda tahu seberapa banyak layanan atau program yang perlu Anda jual perminggu dan perbulan nya untuk menemukan dan menyesuaikan budget dan perbelanjaan Anda. Lalu, tanyakan pada diri Anda aktivitas marketing seperti apa yang akan menjadi faktor penarik pasar.

Lain halnya, jika ingin mencoba suatu pelatihan tentu didalamnya dibutuhkan suatu strategi yang nantinya akan diimplementasikan dalam keseharian. Dan pelatihan ini tentu berkaitan dengan bisnis. Biasanya jenis pelatihan ini bisa didapatkan melalui seminar. Anda bisa mendapatkan ilmu besar untuk bisa memulai usaha agar bisa berkembang luas. Dan bahkan biasanya untuk seminar tersebut tentunya membutuhkan suatu target agar penonton mendapatkan point of target yang menjadi inti utama pelatihan tersebut. Yang pasti ini soal jumlah dan juga bagaimana pemahaman anda soal usaha. 

Langkah-langkah diatas merupakan tentang money mindset, karena ketika seseorang beralih dari karyawan menjadi seorang entrepreneur, maka segalanya akan berubah! Anda layak menjalani hidup dalam kehidupan yang selama ini diimpikan.

Habiskan hari special bersama keluarga, miliki banyak kebahagiaan, ciptakan perbedaan besar dengan kekuatan yang dimiliki dan menjalani hidup yang penuh tujuan.

Dan untuk membantu dalam memudahkan rencana bisnis yang dijalankan perlu perencanaan keuangan agar semua dapat terkendali. Dan saat ini telah hadir karts.id  sebagai solusi pintar usaha Anda. Dengan aplikasi ini memberikan beragam fitur menarik seperti :

  • Pencatatan Transaksi
  • Laporan Real Time
  • Manajemen Inventory
  • Promo, Diskon, Third Party

Demikian 5 langkah sukses merencanakan bisnis yang bisa anda terapkan. Beberapa hal yang bisa anda dapatkan dengan ragam fitur yang dihadirkan pada aplikasi terpercaya satu ini. Selain dapat memberikan suatu kepuasan serta membantu agar semua perencanaan terkendali. Sehingga Anda lebih tenang dan aman. Selain itu juga bagi yang bingung untuk memulai toko online dan belum memiliki website penjualan sendiri, kami membantu Anda untuk mendapatkan toko online sesuai kebutuhan Anda. Karenanya, jika ingin bertanya seputar produk bisa langsung menghubungi kami segera. 

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.