HomeTips & Trick6 Tips Memilih Webstore Bagi UMKM
6 Tips Memilih Webstore Bagi UMKMBy: Elavigne - 18 Sep 2022

Keberhasilan sebuah bisnis UMKM ditentukan oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor promosi dan penjualan. Hampir semua bisnis menggunakan platform media sosial untuk melakukan promosi. Tak hanya media sosial, ada juga beberapa UMKM yang memutuskan untuk membuat webstore sendiri. Namun, perlu diketahui bahwa memilih webstore bagi UMKM bukanlah hal yang mudah!

Webstore atau biasa disebut toko online merupakan sebuah media sebagai ajang promosi dan berjualan sebuah produk. Kelebihan dari toko online ini adalah memiliki jangkauan pembeli yang lebih luas. Sehingga, pembeli produk Anda nantinya tidak hanya dari satu kota saja, melainkan bisa dari berbagai kota bahkan berbagai pulau.

Jika Anda bingung memilih webstore yang seperti apa, kami memiliki beberapa tips memilih webstore bagi UMKM. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah penjelasan tipsnya.

1. Pilih webstore yang memiliki versi smartphone dan PC

Tips pertama dalam memilih webstore bagi UMKM adalah pilihlah webstore yang memiliki versi smartphone dan PC. Meskipun terlihat simple, namun ini adalah hal yang penting dalam pemilihan sebuah webstore. Berdasarkan data dari Kominfo Indonesia, sebesar 67% masyarakat Indonesia menggunakan smartphone untuk berbelanja online, dan sisanya menggunakan PC. Nah, oleh karena itu akan lebih baik jika webstore Anda bisa diakses dalam dua versi.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memilih wesbtore, pastikan Anda menyanyakan hal ini ke penyedia webstore. Apakah webstore Anda nantinya bisa diakses di smartphone dan PC? Apa yang harus dilakukan jika hanya bisa di akses di PC saja? dan lain sebagainya.

2. Pilih webstore yang memiliki fitur lengkap

Tips kedua dalam memilih webstore bagi UMKM adalah pilihlah webstore yang memiliki fitur lengkap. Semakin lengkap fitur yang dimiliki, semakin mudah juga Anda mengoperasikan bisnis UMKM menggunakan webstore yang Anda pilih.

Salah satu layanan webstore yang memiliki fitur lengkap dan memudahkan para penggunanya adalah Karts Webstore. Dengan menggunakan webstore dari Karts.id, Anda akan mendapatkan fitur atur produk, galeri, dan project yang dapat diatur dengan mudah. Lalu, Anda juga bisa mengatur harga dan deskripsi produk sesuai dengan produk yang dijual.

Tak hanya itu, fitur lain yang ditawarkan oleh Karts Webstore adalah fitur informasi bisnis. Jadi, pada fitur ini Anda bisa menambahkan semua informasi bisnis Anda, seperti informasi promo yang akan berlangsung, menambahkan halaman sesuai dengan kebutuhan toko, dan testimoni.

Fitur lainnya yang harus ada dalam sebuah webstore adalah FAQ atau Frequently Asking Questions, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai pertanyaan yang sering diajukan. Karts Webstore memiliki fitur yang satu ini! Jadi, Anda bisa mencantumkan di website toko online Anda beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen disertai dengan jawabannya.

3. Pilih webstore yang memiliki fitur pengiriman dan pembayaran yang lengkap

Tips ketiga dalam memilih webstore sebagai UMKM adalah pilihlah webstore yang memiliki fitur pengiriman dan pembayaran yang lengkap. Semakin lengkap fitur pengiriman dan pembayarannya, akan semakin memudahkan para calon konsumen bertransaksi di toko online Anda. Contoh pengiriman yang lengkap adalah webstore tersebut memiliki beberapa opsi fitur pengiriman seperti JNE, JNT, Si Cepat Express, Gosend, dan lain sebagainya. 

Lalu, untuk contoh fitur pembayaran yang lengkap adalah webstore tersebut memiliki beberapa opsi fitur pembayaran seperti melalui Bank Transfer, OVO, Gopay, Dana, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, sebelum memilih webstore, pastikan Anda mengetahui dan menanyakan hal ini. Meskipun ini terlihat simple, jika fitur pengiriman dan pembayaran tidak lengkap, calon konsumen akan berpikir dua kali untuk bertransaksi di toko Anda.

Karts Webstore memiliki fitur tersebut! Dengan menggunakan webstore dari Karts.id, Anda bisa mendapatkan webstore dengan fitur pembayaran yang universal. Tak hanya itu, Karts.id juga menyediakan metode pengiriman yang lengkap termasuk COD. Harga ongkirnya pun selalu up-to-date kepada pelanggan saat melakukan checkout.

4. Pilihlah webstore yang memiliki fitur pencarian produk dengan mudah

Tips memilih webstore bagi UMKM yang keempat adalah pilihlah webstore yang memiliki fitur pencarian dengan mudah. Pasalnya, jika Anda tidak memiliki fitur ini pada webstore Anda, ini akan membuat calon konsumen Anda malas untuk berbelanja. Bayangkan jika mereka harus scroll-down dan mencari satu-satu produk yang diinginkan tanpa bisa mencari nya secara otomatis. Sangat tidak efektif, bukan?

5. Pilihlah webstore yang menyediakan layanan custom domain

Tentu memiliki webstore sendiri adalah impian bagi para pelaku bisnis UMKM. Nah, tips kelima untuk memilih webstore bagi UMKM adalah pilihlah webstore yang menyediakan layanan custom domain. 

Custom domain artinya Anda bisa request domain sesuai dengan nama toko Anda. Sebagai contoh https://www.tokosaya.com/, semisal toko Anda memiliki nama Toko Berkah, Anda bisa request https://www.tokoberkah.com/. Sangat menarik dan lebih personalisasi, bukan?

Hal ini secara tidak langsung bisa menarik para pelanggan untuk bertransaksi di toko Anda setelah melihat nama domainnya. Nama domain bisa custom dengan catatan belum ada nama domain yang serupa. Misal Anda ingin membuat webstore dengan domain https://www.tokoberkah.com/, setelah dilakukan pengecekan ternyata sudah ada toko lain yang memiliki domain tersebut. Nah, artinya Anda sudah tidak bisa menggunakan nama domain itu.

Nah, dalam hal ini Karts Webstore adalah ahlinya. Dengan membeli webstore di Karts.id, mereka akan menyediakan custom domain sesuai dengan keinginan Anda. Setiap paket yang ditawarkan oleh Karts sudah dilengkapi hosting gratis sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli hosting. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa langsung menghubungi Karts Webstore.

6. Pilihlah webstore yang memiliki layanan customer service 24 jam

Sudah bukan rahasia lagi bahwa berdagang online tentu akan ada banyak problem yang terjadi karena berkaitan dengan internet. Tentu secara tidak langsung hal tersebut akan mempengaruhi aktivitas penjualan Anda. Tips terakhir untuk memilih webstore bagi UMKM adalah pilihlah webstore yang memiliki layanan customer service (CS) 24 jam.

Hal ini sangat penting dan harus diperhatikan. Jika sewaktu-waktu webstore atau toko online Anda bermasalah, yang harus Anda lakukan adalah mengubungi operator dan berkonsultasi terkait masalah yang dihadapi. Nah, hal terburunya adalah Anda tidak akan tahu kapan webstore Anda akan error/bermasalah. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih webstore yang memiliki layanan CS 24 jam.

Kesimpulan

Memiliki sebuah webstore atau toko online bagi para pelaku bisnis UMKM adalah sebuah impian. Namun, memilih webstore bukan hal yang sembarangan. Ada 6 tips memilih webstore bagi UMKM yang bisa Anda pertimbangkan.

Pertama, pilih webstore yang memiliki akses versi smarpthone dan PC. Kedua, pilih webstore yang memiliki fitur lengkap. Ketiga, pilih webstore yang memiliki fitur pengiriman dan pembayaran yang lengkap. Keempat, pilih webstore yang memiliki fitur pencarian dengan mudah. Kelima, pilih webstore yang menyediakan layanan custom domain. Terakhir, pilihlah webstore yang memiliki layanan CS 24 jam.


Jika Anda dihadapi oleh berbagai pilihan webstore, Karts Webstore adalah salah satu pilihan yang terbaik karena memiliki semua fitur yang diperlukan. Untuk harganya pun sangat terjangkau dan cocok bagi para pemula bisnis UMKM. Jadi, tunggu apalagi? Miliki webstore impianmu sekarang juga di Karts Webstore!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.