HomeTips & Trick7 Alasan Kenapa UMKM Wajib Go Online di Era Sekarang Ini dengan Karts POS
7 Alasan Kenapa UMKM Wajib Go Online di Era Sekarang Ini dengan Karts POSBy: Elavigne - 13 Sep 2022
Go Online Dengan Karts POS

​UMKM Wajib Online dengan Menggunakan Karts POS

Jika melihat beberapa tahun belakangan ini, pertumbuhan bisnis yang terjadi di berbagai sektor banyak dialami oleh mereka yang sudah sadar akan pentingnya digitalisasi atau go online. Sementara itu, bisnis yang enggan beradaptasi dan masih menggunakan cara-cara konvensional lambat laun mulai tergerus keberadaannya.

Sebagai pelaku UMKM, tentu saja kamu harus peka terhadap hal ini. UMKM yang sudah berani untuk go online, terutama dengan memanfaatkan alat seperti Karts POS, dipastikan akan selangkah lebih maju daripada UMKM lainnya yang masih mempertahankan cara-cara lama yang tidak relevan. Agar kamu lebih yakin untuk melakukan go online atau digitalisasi pada bisnis yang saat ini dijalankan, yuk perhatikan 7 alasan berikut ini.

1. Pengguna Internet di Indonesia Terus Meningkat

Salah satu alasan kenapa setiap pelaku UMKM harus segera go online yaitu karena pengguna Internet di indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan laporan yang keluarkan oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) baru-baru ini disebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 210 juta orang.

Angka ini tentunya meningkat dibandingkan tahun 2021 yang pada saat itu baru berada di angka 175.4 juta orang. Dan tahun-tahun selanjutnya jumlah tersebut pun diprediksi akan terus meningkat. Ini tentunya jadi sebuah pangsa pasar tersendiri bagi para pelaku bisnis khususnya yang sudah melek digital. Sehingga ungkapan UMKM wajib go online itu memang sangat penting agar bisa memanfaatkan situasi ini

2. Jangkauan Pasar Menjadi Lebih Luas

Jika seorang pelaku UMKM memiliki toko di lokasi tertentu, maka ia hanya bisa berjualan di area tersebut saja. Artinya, jangkauan pasarnya pun terbatas di daerah itu-itu saja. Untuk menjangkau daerah lain, seringkali terkendala oleh jarak, waktu, atau transportasi.

Namun, semua kendala tersebut dapat teratasi ketika pelaku UMKM berani untuk go online. Dengan menggunakan aplikasi kasir online seperti Karts POS, penjual yang berada di Kota Bandung dapat menjual dan memasarkan produknya ke kota-kota lain di seluruh Indonesia. Cukup dengan melakukan promosi di internet, pelanggan dari manapun dapat dengan mudah membeli produk yang kamu tawarkan.

3. Menghemat Biaya Operasional

Biaya operasional menjadi salah satu pengeluaran terbesar yang harus dikeluarkan secara rutin oleh para pelaku UMKM. Mulai dari sewa ruko, bayar listrik, logistik, dan lain sebagainya, biaya-biaya ini bisa membuat dompet cepat kering. Namun, dengan kecanggihan teknologi, para pelaku UMKM kini dapat menghemat biaya tersebut. Inilah pentingnya bagi UMKM untuk go online.

Sudah banyak bukti dari para pelaku UMKM yang tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan seperti ruko, tetapi tetap bisa mengirimkan barang kepada konsumen di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan memanfaatkan kuota internet atau Wi-Fi, bisnis saat ini tidak harus memiliki toko fisik. Ditambah lagi, penggunaan aplikasi kasir gratis seperti Karts POS dapat membantu dalam mengelola transaksi dan operasional bisnis dengan lebih efisien, mengurangi biaya dan mempermudah pengelolaan usaha.

4. Kredibilitas Akan Meningkat di Mata Calon Konsumen

Bayangkan kamu akan berbelanja di 2 toko berbeda namun menjual barang yang sama. Hanya saja toko A memiliki website yang bisa kamu lihat-lihat dulu katalog barangnya yang disediakan ada apa saja. Sementara itu Toko B tidak memiliki itu dan untuk bisa melihat dan membeli barang harus datang ke tokonya langsung yang bisa jadi tokonya cukup jauh dengan rumahmu.

Jika diharuskan memilih untuk berbelanja di Toko A dan Toko B, kira-kira kamu akan memilih belanja di toko yang mana? Tentu saja Toko A Bukan? Nah itulah pentingnya pelaku UMKM agar go digital supaya bisa lebih dipercaya oleh konsumen. Apalagi jika nanti review dari konsumennya pun bagus-bagus. Sudah barang tentu kredibilitasnya pun akan meningkat. 

5. UMKM yang Kamu Miliki Akan Tampak Profesional

Walaupun statusnya masih tergolong UMKM, namun jika sudah berani melakukan go online maka di mata calon pelanggan hal tersebut akan tampak profesional. Hal ini dikarenakan pelaku usaha yang sudah merambah ke dunia digital dipastikan sudah siap untuk memasuki persaingan baru di era modern ini. Oleh karena itu, para pelaku UMKM wajib go online di masa sekarang ini.

6. Pertumbuhan Bisnis Menjadi Lebih Cepat

Semua pelaku UMKM pasti menginginkan pertumbuhan bisnisnya yang lebih cepat, bukan? Nah, untuk mewujudkan hal itu, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan segera go digital. Penyebaran informasi yang cepat dan tepat sasaran menjadi kunci sukses dalam bisnis digital saat ini. Jika pelaku UMKM bisa memanfaatkan hal ini, misalnya dengan menggunakan aplikasi kasir Karts POS, maka pembeli pun akan lebih banyak, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis secara signifikan.

7. Dapat Mengatur Biaya Pemasaran dan Juga Menetapkan Target Pasar Secara Lebih Spesifik

Alasan terakhir yang tak kalah pentingnya yaitu karena dengan go digital UMKM bisa mengatur biaya pemasaran sesuai kebutuhan serta menetapkan target pasar secara lebih spesifik. Jika iklan konvensional susah dianalisa tingkat keberhasilannya sejauh mana, maka beriklan di online itu akan ketahuan efektivitasnya sejauh apa.

Selain itu biaya yang dikeluarkan juga bisa disesuaikan dengan yang dimiliki ataupun kebutuhannya sebesar apa. Terlebih lagi dengan go digital barang yang dijual bisa lebih tepat sasaran karena dari awal sebelum mengiklan pelaku UMKM bisa mengatur iklan tersebut akan ditujukan pada mereka yang berusia berapa, pekerjaannya apa, penghasilannya berapa, dan lain sebagainya.

Lalu Bagaimana Caranya Agar UKM Bisa Go Online?

Nah mungkin pertanyaan ini akan muncul setelah kamu mengetahui bahwa UMKM wajib go online di era sekarang ini. Setidaknya, ada 2 hal yang harus dilakukan untuk memulai agar usaha atau UMKM yang dimiliki bisa go online. Apa sajakah itu?

1. UMKM Memiliki Sosial Media

Salah satu cara paling mudah untuk go online yang bisa dilakukan oleh pelaku UMKM yaitu dengan membuat akun sosial media khusus tentang usaha yang dijalankan. Daripada hanya menghabiskan waktu di depan gawai untuk membuka akun pribadi, akan lebih baik jika waktu tersebut digunakan untuk mengelola akun bisnis yang saat ini sedang dijalankan.

Terlebih lagi sebagaimana disebutkan di awal bahwa masyarakat Indonesia yang memiliki sosial media ini lebih dari 191 juta orang. Itu artinya jika saja media sosial UMKM milikmu digunakan dengan optimal, maka tentu saja akan bisa mendatangkan keuntungan sesuai yang diharapkan. Cobalah membuat akun bisnismu di beberapa media sosial seperti instagram, facebook, bahkan TikTok pun patut untuk dicoba. Dengan cara seperti itu maka kamu sudah menyukseskan program UMKM wajib go online.

2. Punya Landing Page Ataupun Toko Online

Selain memiliki media sosial, pelaku UMKM juga sangat disarankan untuk memiliki landing page. Jika kita berkaca pada bisnis konvensional, landing page ini seperti brosur yang dibagikan di lampu-lampu merah. Bedanya, saat ini katalog produk yang ditawarkan itu disajikan dalam bentuk digital yang bisa di akses lewat smartphone. Ya, itu namanya landing page.

Atau jika memang usaha yang dimiliki sudah jauh lebih berkembang, maka rasanyamembangun toko online sendiri adalah sebagai sebuah pilihan yang tepat. Terlebih lagi bagi yang sudah memiliki pelanggan tetap dan ingin terus meningkatkannya sembari membuat sistem pada bisnis yang sedang dijalankan. Tentunya membangun toko online adalah sebuah keharusan.


Itulah informasi seputar 7 alasan kenapa UMKM wajib go online di era sekarang ini . Semoga  apa yang disampaikan pada artikel ini bisa menambah keyakinan kamu untuk segera beralih pada cara-cara baru dalam berbisnis supaya bisa memperoleh keuntungan yang besar. Jika masih bingung cara memulainya seperti apa, silahkan bisa langsung menghubungi kami sebagai partner sekaligus solusi go digital untuk para UMKM.

baca juga:

Menggabungkan Teknologi dan Keuangan: Sukses Bisnis dengan Aplikasi Kasir Online

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.