HomeTips & Trick7 Keuntungan Digitalisasi UMKM di Era Sekarang dengan Karts POS
7 Keuntungan Digitalisasi UMKM di Era Sekarang dengan Karts POSBy: Elavigne - 19 Sep 2022
Karts POS UMKM Indonesia

​Keuntungan Digitalisasi UMKM di Era Sekarang dengan Aplikasi Kasir Pintar

Kemajuan dalam bidang digital tentunya memberikan banyak keuntungan, memudahkan segala sesuatunya hanya dalam satu genggaman. Teknologi ini semakin dimanfaatkan dalam dunia bisnis.

Belakangan ini, digitalisasi UMKM semakin ditingkatkan seiring dengan meningkatnya pengguna smartphone di kalangan masyarakat, terutama selama masa pandemi. Digitalisasi UMKM ini juga membawa keuntungan, seperti pembayaran secara nontunai yang meningkat sekitar 33,8% selama masa pandemi. Salah satu alat yang dapat mendukung proses ini adalah Karts POS. Kira-kira, apa saja keuntungan digitalisasi UMKM di era sekarang? Cari tahu pada pembahasan berikut ini!

Perkembangan Digitalisasi UMKM

Digitalisasi UMKM semakin terlihat dari penggunaan pembayaran nontunai yang terus berkembang setiap tahunnya. Para pelaku UMKM kini dapat memanfaatkan platform digital sebagai tempat berjualan, salah satunya melalui aplikasi kasir online seperti Karts POS.

Terdapat beberapa program yang diterapkan oleh pemerintah untuk mendukung upaya digitalisasi UMKM, dengan fokus pada pengembangan pemasaran secara online. Pada tahun-tahun sebelumnya, UMKM memang difokuskan pada pembentukan ekosistem digital yang mendukung pertumbuhan bisnis secara efektif.

Keuntungan Digitalisasi UMKM

Gaya hidup yang serba digital ini membuat perkembangan UMKM mau tak mau harus melek digital terutama untuk orang-orang yang masih terbiasa menjalankan sistem bisnisnya secara tradisional.Nah, Salah satu nilai plus digitalisasi UMKM dan ada banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari penerapan digitalisasi UMKM seperti:

1. Perkembangan bisnis UMKM terlihat lebih profesional

Penerapan digitalisasi UMKM ini akan memberikan lebih banyak keuntungan dari banyaknya pelanggan yang tertarik. Persaingan dalam dunia bisnis UMKM sekarang ini lebih terlihat dalam dunia digital.

Meski berstatus bisnis UMKM, perkembangan bisnis akan mendapatkan nilai lebih karena kebanyakan calon pelanggan sekarang ini sudah mengggunakan sosial media dan website sehingga pemasaran bisnis UMKM lebih mudah terjangkau.

2. Transaksi lewat ponsel

Wabah corona yang membatasi seluruh kegiatan sosial membuat kebanyakan orang memanfaatkan smartphone sebagai penghubung antar manusia dengan dunia melalui akses internet. Perubahan gaya hidup ini perlahan mulai menyebar dari kota hingga pedesaan, sehingga para pelaku bisnis UMKM dituntut untuk siap menghadapi hal ini.

Perbedaan mulai terlihat di mana dulunya kebanyakan pembeli harus mendatangi toko untuk membeli barang, kini mereka hanya perlu berada di rumah untuk berbelanja dari mana saja. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan toko online atau webstore yang dapat diakses oleh seluruh pelanggan melalui ponsel, menyesuaikan dengan gaya hidup masa kini. Salah satu pilihan yang dapat kamu pertimbangkan adalah Karts POS, yang dilengkapi dengan banyak fitur dan fasilitas berguna untuk bisnis UMKM-mu.

Selain itu, penggunaan aplikasi kasir UMKM seperti Karts POS juga dapat membantu mengelola transaksi dengan lebih efisien, mendukung pertumbuhan usahamu di era digital ini.

3. Lebih hemat biaya

Modal yang masih terbatas masih menjadi permasalahan utama dalam bisnis UMKM. Untuk itu, penerapan digitalisasi UMKM ini akan memberikan keuntungan dalam hal biaya atau modal bagi para pelaku bisnis UMKM.

Pastinya kamu sering melihat para pelaku bisnis yang tidak punya uang masih menyewa lapak di pinggir jalan yang tentu saja menambah beban biaya tambahan. Dengan memanfaatkan digitalisasi UMKM, kamu bisa membeli domain, menyewa hosting lalu sekedar mengelola website saja. 

Nah, jika kamu tidak ingin repot, gunakan Karts Webstore. Dengan harga dan paket yang ditawarkan kamu sudah bisa mendapatkan domain, hosting, dan keuntungan lainnya. Tak hanya itu, pemanfaatan media sosial juga sering dilakukan karena dinilai lebih menghemat biaya.

4. Tingkat pemasaran semakin luas

Keuntungan digitalisasi UMKM yang paling terlihat jelas adalah tingkat pemasaran yang lebih luas karena para pelaku bisnis UMKM dapat mengenalkan banyak produk tanpa batas. Para pengguna internet berasal dari seluruh dunia sehingga seluruh orang dapat menjangkau produk kamu hanya dengan akses internet.

Untuk itu, gunakanlah media sosial, media online hingga website pribadi sehingga hanya dengan akses internet tidak perlu repot datang ke toko. Metode digital ini tentunya dapat diakses dalam waktu 24 jam sehingga memberikan kemudahan untuk para penggunanya dibandingkan berjualan di pinggir jalan.

5. Peningkatan kualitas produk

Dengan meningkatnya tingkat pemasaran, membuat banyak pelaku bisnis UMKM meningkatkan kualitas produk UMKM. Biasanya peningkatan dimulai dengan perbaikan sisi packaging hingga perbaikan bahan-bahan yang diproduksi atau digunakan.

6.  Menyesuaikan dengan target pasar

Akibat covid, menimbulkan banyak kebiasaan baru terutama kebiasaan baru para pengguna mulai dari pesan jasa transportasi, makanan, dan belanja kebutuhan rumah tangga secara online. Untuk itu, kamu sebagai pelaku bisnis UMKM harus bijak dan pandai dalam menyesuaikan keinginan para pelanggan belakangan ini.

Jika bisnis UMKM yang sedang kamu jalankan tidak menyesuaikan dengan banyaknya keinginan para pengguna yang ingin serba online, maka kamu harus bersiap dengan kurangnya pendapatan dari konsumen yang menginginkan kemudahan akses online.

7. Biaya pemasaran yang lebih bisa diatur sesuai kebutuhan

Keuntungan digitalisasi UMKM terakhir adalah budget pemasaran yang lebih transparan dan akuntabel sehingga dinilai lebih menghemat waktu dan tenaga ekstra. Contohnya saja, kamu bisa memanfaatkan platform email yang dapat mengirimkan pesan ke ribuan orang sekaligus hanya dalam beberapa kali klik.

Kesimpulan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis UMKM menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan dunia digital sekarang ini. Penerapan digitalisasi dalam bisnis UMKM juga akan memberikan banyak keuntungan tidak hanya untuk pelaku bisnis namun untuk para pelanggan yang diberikan banyak kemudahan. Nah, contoh penerapan digitalisasi adalah dengan membuat toko online atau webstore. Kamu bisa menggunakan webstore dari Karts Webstore untuk melengkapi digitalisasi bisnis UMKM mu.

baca juga:

Menggali Peluang: Kebutuhan Digital untuk Pertumbuhan UMKM di Era Digital

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.