HomeBusinessTips Memperluas Pangsa Pasar Agar Bisnis Makin Sukses!
Tips Memperluas Pangsa Pasar Agar Bisnis Makin Sukses!By: Elavigne - 13 Feb 2023

Perusahaan yang sukses adalah perusahaan yang tidak bosan melakukan inovasi produk dan selalu ingin memperluas pangsa pasarnya untuk meningkatkan laba yang didapat. 

Pebisnis yang menyadari hal itu tentu tidak akan lengah dengan datangnya produk-produk baru dan kompetisi pasar yang bisa dengan mudah menarik pelanggan untuk berpaling. Dengan adanya ancaman tersebut, maka tidak ada salahnya untuk membuat strategi memperluas pangsa pasar.

Apa saja yang harus dilakukan? Berikut adalah tips memperluas pangsa pasar agar bisnis makin sukses!

Membuat Inovasi Produk

Semakin banyak jenis produk yang ditawarkan ke konsumen, maka pangsa pasar akan semakin berkembang pesat. Oleh karena itu, sangat penting untuk perusahaan bisa menciptakan inovasi produk-produk baru yang bisa bersaing di pasaran.

Dengan adanya penawaran produk terbaru, tidak hanya konsumen lama yang akan menjadi penyumbang profit untuk perusahaan, tetapi juga para pelanggan baru yang tertarik dengan produk inovasi baru yang dikeluarkan. 

Mengadakan Diskon dan Promo Secara Berkala

Seperti yang sudah banyak diketahui, bahwa konsumen sangat menyukai diskon dan promo pada saat membeli suatu produk. Maka, cara terbaik untuk memperluas pangsa pasar adalah dengan mengandalkan momen diskon dan promo.

Lakukan program diskon dan promo secara berkala untuk membuat nilai permintaan produk dari konsumen stabil, sehingga profit yang didapatkan tidak akan naik-turun secara drastis. Program-program seperti ini sangat cocok dipakai di hari-hari besar seperti hari raya, natal, imlek, dan hari kemerdekaan. 

Meningkatkan Kualitas Layanan

Pangsa pasar atau lebih dikenal dengan market share, merupakan peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk mendapatkan keuntungan. Maka, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah konsumen yang menjadi target market tersebut.

Dengan melakukan strategi peningkatan kualitas pelayanan atau service quality, maka konsumen akan terasa dimanjakan dan tidak mudah berpaling pada layanan atau produk lain. 

Memperluas Target Market

Tips selanjutnya untuk memperluas pangsa pasar adalah dengan memperluas juga target marketnya. Misalnya untuk bisnis barbershop, jasa andalan yang ditawarkan ke publik adalah pangkas rambut modern, sehingga target marketnya adalah pria dewasa yang memiliki cukup uang untuk menata rambutnya. 

Sebenarnya ada peluang bisnis lain di usaha barbershop, yaitu layanan yang menyediakan menu-menu makanan untuk orang-orang yang menunggu pasangan atau rekannya yang sedang potong rambut. 

Nah, cara seperti itulah yang dinamakan memperluas target market, jadi selain mendapatkan profit dari konsumen utama, perusahaan juga memiliki laba tambahan dari bisnis makanan yang disediakan. 

Masuk Sistem Penjualan Baru

Terakhir, tips yang bisa digunakan untuk memperluas pangsa pasar adalah dengan masuk ke sistem penjualan baru. Bagi perusahaan yang baru menjalankan proses jual belinya secara offline di toko fisik yang dimiliki, kini saatnya untuk go online dan menargetkan pangsa pasar yang lebih luas. 

Salah satu caranya adalah dengan membuat website perusahaan. Dengan website khusus yang bisa menjadi etalase online perusahaan sekaligus bisa menjadi tempat penjualan produk-produk kepada konsumen.

Para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya, bisa membuat Karts Webstore. Selain menjadi website perusahaan, dengan webstore perusahaan juga bisa menjangkau lebih luas pelanggan dan membuat bisnis lebih terstruktur.

Tunggu apa lagi? Pastikan untuk meningkatkan bisnis dan memperluas pangsa pasar agar bisnis semakin sukses dan berkembang. 

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.