HomeTips & TrickTips Menjaga Arus Kas Operasional Selalu Positif
Tips Menjaga Arus Kas Operasional Selalu PositifBy: Elavigne - 28 Apr 2023

Pepatah mengatakan bahwa lebih sulit untuk mempertahankan daripada mendapatkan sesuatu, begitu juga dengan kesuksesan yang datang menghampiri seorang pengusaha saat menjalankan bisnis yang dirintisnya. 

Kesuksesan sebuah perusahaan bisa dipertahankan dengan memperhatikan banyak hal, salah satunya menjaga agar arus kas operasional tetap positif. 

Mempertahankan dan menjaga agar arus kas operasional selalu positif sangat penting untuk dilakukan, jangan sampai perusahaan hanya mendapatkan keuntungan yang berlimpah tetapi dalam periode yang singkat saja.

Berikut ini adalah tips yang bisa kamu lakukan agar arus kas operasional selalu positif dan mendatangkan profit yang berulang untuk perusahaan!

Menerapkan Strategi Produk Bundling

Untuk mendapatkan peningkatan keuntungan, perusahaan bisa menerapkan strategi bisnis dengan menggabungkan produk menjadi satu paket, dengan membeli satu produk yang dibutuhkan konsumen secara otomatis akan membeli produk lainnya juga.

Perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak karena jenis dan kuantitas produk yang dijual semakin banyak pula. Hal ini akan berdampak pada arus kas operasional perusahaan menjadi semakin positif karena nilai kas akan semakin bertambah. 

Menunda Penambahan Inventaris

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga arus kas operasional tetap positif adalah dengan menunda penambahan inventaris. Walaupun inventaris memang penting untuk bisnis, namun jika kebutuhannya belum terlalu urgent maka ada baiknya untuk menunda pembelian.

Uang kas yang dipakai untuk kebutuhan inventaris pada umumnya berjumlah besar sehingga penambahan inventaris baiknya bisa ditangguhkan sampai arus kas operasional berada dalam kondisi surplus besar. 

Lakukan Prioritas Pada Setiap Pengeluaran

Memilah prioritas dari kebutuhan bisnis juga sangat perlu dilakukan, pada umumnya sebuah perusahaan akan memiliki banyak kebutuhan untuk kegiatan operasional bisnis yang berjalan setiap hari. 

Namun, pengeluaran tersebut akan berpengaruh besar pada arus kas operasional sehingga untuk meminimalisir bengkaknya pengeluaran, keputusan usaha harus dibuat dengan sangat bijak misalnya seperti melakukan skala prioritas untuk kebutuhan yang mendasar saja, sedangkan kebutuhan yang sifatnya opsional bisa dibeli pada saat kondisi kas sedang dalam keadaan yang sangat baik saja. 

Konsisten Melakukan Evaluasi Bisnis

Laporan keuangan perusahaan, khususnya laporan arus kas operasional jika dilihat sekilas akan nampak baik-baik saja selagi ada profit yang dihasilkan oleh perusahaan saat menjalankan bisnisnya. 

Namun, segala sesuatu yang baik dari luarnya saja bisa jadi memiliki masalah di dalamnya. Kamu bisa melakukan evaluasi bisnis secara berkala pada laporan arus kas untuk mendeteksi permasalahan yang terjadi pada keuangan perusahaan. Cara ini dinilai ampuh untuk menjaga arus kas operasional bisnis tetap positif. 

Gunakan Aplikasi Pengelolaan Keuangan untuk Mengatur Arus Kas Operasional

Menjaga arus kas perusahaan saat ini bisa dikelola dengan lebih mudah jika perusahaan yang kamu jalankan sudah menggunakan aplikasi pengelolaan keuangan seperti mesin kasir online Karts POS

Arus kas bisa dikendalikan dengan sangat mudah karena sistemnya otomatis akan terintegrasi dengan transaksi dan laporan keuangan perusahaan, jadi pemilik bisnis tidak perlu repot lagi, ada cara cepat yang sangat efektif dan hemat waktu untuk menjaga arus kas operasional tetap sehat. 

Selain bisa menjaga arus kas operasional tetap positif, aplikasi ini juga memiliki banyak fitur unggulan yang sangat bermanfaat untuk perusahaan, misalnya seperti pencatatan transaksi, laporan keuangan yang real time, manajemen inventori, dan juga pengelolaan promo dan diskon. 

Nah, itu dia informasi lengkap tentang tips menjaga arus kas operasional tetap positif, semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.