Laporan bisnis, khususnya laporan keuangan perusahaan memiliki peran besar untuk mengembangkan usaha yang sedang dijalankan. Laporan bisnis bisa dijadikan dasar untuk mengukur kemampuan perusahaan melakukan langkah-langkah bisnis seperti pembelian bahan baku, pengaturan operasional, serta ketersediaan dana untuk berbagai aktivitas bisnis lainnya.
Ada banyak alternatif untuk membuat laporan bisnis, misalnya dengan cara manual yang mengandalkan pembukuan konvensional atau penggunaan sistem informasi berbasis digital untuk mempermudah pembuatan dan pembagian informasi pada pihak-pihak yang membutuhkan.
Berikut ini adalah rahasia tidak ribet membuat laporan bisnis yang bisa diterapkan pada semua jenis usaha.
Baik dengan cara manual atau digital, transaksi dalam sebuah bisnis harus diatur dalam satu buku khusus yang menginformasikan bahwa setiap transaksi bisa dikelompokkan secara terorganisir. Pastikan untuk membedakan transaksi sesuai dengan jenisnya, misalnya transaksi pembelian, transaksi penjualan, piutang, pengeluaran kas, dan sebagainya.
Pengelompokkan ini akan bermanfaat saat pembuatan laporan keuangan harian maupun bulanan. Cara ini akan mempermudah mengetahui seberapa sering arus transaksi terjadi dalam satu periode waktu.
Kedua, laporan bisnis harus dicatat tanpa ada satupun yang tertinggal. Walaupun hal ini memakan banyak waktu, namun pada kenyataannya aktivitas ini malah akan membantu proses pembuatan laporan yang realistis sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Transaksi yang terlewat pencatatannya bisa menjadi sebab laporan bisnis tidak balance sehingga butuh waktu lama lagi untuk mencari transaksi yang terlewat.
Laporan keuangan adalah komponen bisnis yang apabila terlambat dibuat sudah tidak memiliki nilai lagi untuk dijadikan pedoman usaha. Oleh sebab itu, laporan harus dibuat sesuai dengan periode waktu yang tepat agar tidak mempersulit jalannya bisnis ke depan.
Buatlah laporan yang sederhana saja namun konsisten dan mematuhi periode waktu saat berlangsungnya aktivitas bisnis. Misalnya laporan harian, laporan bulanan, tri semester, atau laporan tahunan.
Kesesuaian tenggang waktu ini akan bermanfaat untuk menghindari kesalahan dan mempermudah perusahaan mencapai target yang sudah direncanakan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
Dengan beragam cara yang dijelaskan di atas untuk mempermudah proses pembuatan laporan bisnis. Saat ini, ada alternatif terbaik untuk mempermudah pembuatan laporan bisnis, yaitu dengan menggunakan aplikasi kasir online.
Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan sistem Point of Sale (POS) sangat digemari untuk bisnis startup yang tidak ingin kerepotan dengan pengelolaan operasional dan keuangan bisnis, serta menghemat biaya dan waktu untuk sekedar mendapat laporan bisnis yang akurat.
Aplikasi kasir online sangat bisa diandalkan untuk pencatatan berbagai transaksi bisnis seperti transaksi pembelian, penjualan, pengaturan ketersediaan barang, dan lainnya.
Dengan banyaknya kebutuhan fitur-fitur kelengkapan kasir online yang diinginkan oleh pemilik usaha, seperti manajemen inventori hingga laporan keuangan real time. Karts POS menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan fitur lengkap dan pilihan yang beragam untuk semua jenis bisnis yang dijalankan oleh pelaku usaha.
Nah, itu dia informasi lengkap tentang rahasia tidak ribet membuat laporan bisnis dengan mengandalkan sistem kasir online yang banyak digemari oleh para pebisnis saat ini. Semoga rangkuman di atas bisa menjadi rekomendasi cara menjalankan bisnis yang mudah dan simpel serta menambah wawasan tentang digitalisasi sistem bisnis.