Menurut maestro pemasaran dunia, Philip Kotler branding adalah salah satu cara meningkatkan penjualan produk melalui identifikasi barang atau jasa yang dipasarkan oleh perusahaan yang dapat membedakannya dari pesaing.
Kotler juga menyebutkan bahwa ada banyak cara dan tips mengembangkan bisnis dengan branding, dari mulai memberikan nama pada produk, mengenalkan istilah, simbol, logo, rancangan, slogan, atau kombinasi dari semua unsur marketing lainnya.
Agar strategi branding bisa sukses meningkatkan daya beli konsumen dan menaikkan penjualan produk, semua pelaku bisnis perlu mempelajari beberapa tips mengembangkan bisnis melalui branding seperti yang akan diuraikan dibawah ini.
Banyak produk berkualitas yang tidak bisa sampai ke tangan konsumen potensialnya karena masalah publikasi dan cara pemasaran yang salah. Perusahaan terlalu fokus untuk membangun kualitas produk tanpa mempedulikan cara pengenalan produknya kepada publik, kesalahan ini bisa terjadi ketika perusahaan tidak memahami cara memakai strategi marketing yang sedang hype dan digandrungi oleh konsumen.
Semua produk berkualitas membutuhkan cara pemasaran yang bagus pula, hal ini bisa dimulai dengan menentukan rencana pemasaran yang sesuai dengan produk, misalnya untuk memasarkan sebuah produk yang limited, perlu strategi marketing yang lebih elegan, terkesan misterius, dan menarik rasa penasaran para konsumennya dengan cara yang unik.
Sebagai bentuk perhatian pada konsumen, saat sebuah produk berhasil meledak di pasaran. Perusahaan memiliki tanggung jawab dan kewajiban untuk mempertahankan kualitas dari produk yang ditawarkan. Maka, selain melancarkan semua kegiatan pemasaran perusahaan juga harus fokus menjaga kepercayaan pelanggan dengan melayani kebutuhan konsumen.
Bisnis juga bisa dikembangkan dengan melakukan strategi branding sesuai dengan trend yang sedang berkembang saat ini. Misalnya melakukan promosi produk dengan cara kerja sama dengan para influencer. Saat ini, arus keinginan dan kebutuhan konsumen sebagian besar digiring dari opini orang-orang berpengaruh di berbagai bidang.
Misalnya, produk-produk kecantikan bisa naik pamornya apabila dipakai oleh beauty influencer. Mereka pada umumnya melakukan testimoni penggunaan produk, bercerita tentang pengalaman memakai produk, kemudian berakhir merekomendasikan produk tersebut kepada para pengikutnya.
Strategi seperti ini sudah banyak digunakan di berbagai industri, seperti elektronik, perabotan rumah tangga, layanan salon kecantikan, bahkan di industri yang menjual produk-produk berupa makanan. Cara ini dianggap paling ampuh untuk mempengaruhi para konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dan meningkatkan penjualan produk yang ditawarkan perusahaan.
Pada pembahasan sebelumnya, cara-cara mengembangkan bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti memakai strategi marketing yang tepat, fokus melayani kebutuhan target market, dan berkolaborasi dengan para influencer untuk meningkatkan penjualan.
Perusahaan juga bisa mengenalkan dan menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dengan membuat toko online untuk mendisplay produk-produk yang dijualnya dalam sebuah website milik perusahaan.
Karts.id memberikan peluang untuk para pelaku bisnis baru untuk mengembangkan usahanya dengan menawarkan produk toko online yang dinamakan webstore.karts.id. Dengan membuat website, perusahaan bisa menjual produk-produknya secara online. Para konsumen bisa dengan mudah melihat produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan dengan tampilan yang responsif dan gampang diakses baik melalui komputer maupun smartphone.
Pada akhirnya, untuk meningkatkan penjualan suatu produk perusahaan tidak bisa hanya fokus pada peningkatan kualitas produk saja, tetapi harus diimbangi dengan menaikkan branding agar bisa lebih dikenal dekat oleh para konsumennya.
Semoga informasi tentang tips mengembangkan bisnis dengan branding yang telah dijelaskan diatas bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk para pelaku usaha.