HomeBranding5 Cara Branding Produk di Sosial Media
5 Cara Branding Produk di Sosial MediaBy: Elavigne - 10 Okt 2022

Di era digital seperti sekarang, sosial media merupakan salah satu platform yang memiliki peran besar untuk membangun cara branding produk dan memasarkannya. Banyaknya pengguna aktif sosial media bisa dijadikan sebagai target pasar potensial untuk menjual barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Nah untuk mengoptimalkan strategi marketing menggunakan sosial media, kamu perlu mempelajari beberapa cara branding produk di sosial media seperti yang diuraikan dibawah ini!

  • Menggunakan Konten Visual

Kekuatan sosial media tidak bisa dilepaskan dari konten-konten yang mengisi halaman sosial media, baik itu Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Sebuah konten yang bagus akan memberikan dampak positif untuk menampakkan branding perusahaan. Namun saat ini, konten yang paling memberikan pengaruh besar adalah konten yang berbentuk visual. 

Saat ini orang-orang lebih tertarik dengan konten-konten yang berbentuk visual daripada yang mengandalkan narasi dalam tulisan yang panjang-panjang. Konten berbentuk visual bisa lebih mudah dimengerti oleh audience daripada deskripsi yang panjang lebar. Hal ini bisa dibuktikan dengan lahir dan berkembang pesatnya infografis yang mengandalkan kekuatan visual yang diperkuat dengan sedikit keterangan saja.

  • Memakai Story Telling untuk Meningkatkan NIlai Produk

Untuk meningkatkan branding suatu produk, perusahaan juga harus lebih aktif dan kreatif dalam membuat konten di media sosial, salah satunya adalah dengan memakai metode story telling dalam melakukan branding perusahaan atau produk. Pilihannya banyak, misalnya dengan menempatkan para konsumen sebagai teman atau sahabat, buatlah branding lebih dekat dengan para pelanggan dengan membuat sapaan khusus untuk mereka.

  • Berkolaborasi dengan Influencer

Dalam melakukan strategi marketing, tim pemasaran juga harus bisa membaca peluang dari tren yang sedang berkembang di masyarakat. Saat ini, kekuatan sosial media dibangun oleh pilar-pilar penting, di dalamnya ada banyak influencer yang menjadikan orang-orang betah untuk kembali membuka media sosialnya.

Kamu bisa membangun kerja sama dengan para influencer untuk memasarkan produk, cara ini dianggap bisa meningkatkan engagement para konsumen dan calon konsumen untuk lebih mengenal produk yang ditawarkan. Dengan berbekal jumlah follower yang dimiliki influencer produk kamu bisa dipasarkan dengan cara lebih organik, pastikan untuk memilih influencer yang bergelut di bidang terkait. Misalnya untuk memasarkan produk kosmetik, kamu bisa bekerja sama dengan beauty influencer, karena sebagian follower mereka adalah beauty enthusiast. 

  • Konsisten Memposting Produk

Dalam membangun branding di media sosial, selain menghadirkan konten-konten menarik seputar aktivitas bisnis dan produk yang ditawarkan, ada hal lain yang perlu diperhatikan, satu diantaranya yaitu konsistensi tim sosial media marketing untuk memposting produk di laman media sosial.

Ada beberapa hal yang bisa dipelajari, pertama adalah penjadwalan posting produk, postingan harus teratur dalam kurun waktu tertentu, ini dilakukan agar konten branding yang kamu buat bisa sampai pada halaman utama para pelanggan. Pelajari dan atur waktu penjadwalan, misalnya postingan akan dibuat pada jam-jam istirahat untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih besar, karena pada saat makan siang umumnya orang-orang akan lepas sejenak dari pekerjaannya dan beristirahat sambil membuka media sosial pribadinya.

  • Menautkan Website Online pada Postingan

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk melakukan branding produk di media sosial adalah dengan menautkan website online perusahaan pada postingan-postingan di media sosial. Saat membuat konten visual, kamu bisa menyertakan link pada postingan tersebut menuju website online perusahaan yang menampilkan produk-produk yang dijual.

Kamu bisa membuat toko online yang ditawarkan oleh karts.id, dengan webstore.karts.id kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Etalase online ini juga bisa menjadi bentuk rebranding bagi perusahaan agar lebih dikenal oleh banyak orang dengan menampilkan deskripsi perusahaan yang sudah bisa go online dan menawarkan produknya secara lebih optimal.

Nah itu dia 5 cara branding produk di media sosial yang bisa kamu terapkan di perusahaan yang kamu rintis dan kembangkan. Dari mulai pemilihan konten visual, penggunaan story telling, berkolaborasi dengan influencer, konsistensi postingan, hingga mempelajari cara menautkan website pribadi pada konten media sosial. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.