Kasir adalah pekerja yang bertugas untuk melayani transaksi penjualan dan memfasilitasi para pelanggan untuk mendapatkan barang dan jasa yang ingin dibeli. Seorang kasir biasanya sering ditemui di toko kue, kedai kopi, restoran, swalayan, dan banyak jenis usaha lainnya.
Walaupun tampak sederhana, menjadi seorang kasir ternyata tidak mudah. Butuh banyak keahlian dan ketelitian yang harus dimiliki, karena pada usaha-usaha tertentu kasir menjadi salah satu pekerja yang memiliki tugas mengendalikan setiap transaksi sekaligus memantau manajemen ketersediaan barang.
Berikut ini adalah lima cara menjadi kasir yang baik agar bisa memberikan pelayanan maksimal untuk para pelanggan.
Pada beberapa bidang bisnis yang menerapkan front of house yang beberapa pekerjanya bertugas memfasilitasi berbagai pelayanan yang berhubungan langsung dengan para pelanggan. Kualitas layanan tersebut biasanya dilihat dari bagaimana setiap pekerja memperlakukan pelanggan.
Sebagai pekerja yang tugas utamanya melayani transaksi pembelian, seorang kasir memiliki peran penting untuk menunjukkan penampilan terbaik dari wajah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Contohnya di beberapa perusahaan ritel minimarket setiap kasirnya memiliki prosedur operasi standar yang mengharuskan kasirnya mengucapkan “selamat datang” atau “terimakasih telah berbelanja”.
Setiap kali berbelanja atau membeli sebuah produk terkadang banyak konsumen masih kebingungan memilih antara dua produk yang lebih baik, hal ini membuat mereka terkadang menanyakan rekomendasi dari seorang kasir yang melayani pembelian.
Dari hal tersebut, sebagai kasir yang baik maka harus cepat tanggap dengan keinginan konsumen, caranya adalah dengan membekali diri dengan mempelajari keunggulan produk yang dijual sekaligus mencocokkannya sesuai kebutuhan yang diinginkan para konsumen.
Kasir adalah pekerja yang paling banyak berinteraksi dengan para konsumen, maka mereka memiliki kesempatan besar sebagai orang yang bisa menjembatani hubungan baik antara perusahaan dan para pelanggannya.
Selain bersikap baik, berlaku jujur, dan menampilkan kesopanan pada pelanggan, seorang kasir juga bisa membangun obrolan kecil dengan para konsumen, mengingat nama-nama pembeli dan produk favoritnya, atau hal-hal kecil lainnya. Dengan demikian pelanggan akan merasa lebih diperhatikan.
Selanjutnya, kasir adalah petugas yang akan selalu berkutat dengan segala macam transaksi yang berhubungan dengan para pelanggan. Maka dari itu, spesifikasi dasar seorang kasir yang mesti dimiliki adalah ketelitian saat melakukan pencatatan pembelian, pembayaran, dan transaksi lainnya.
Kasir harus selalu bisa memastikan keakuratan transaksi yang dicatatnya sehingga bisa memberikan kenyamanan untuk pelanggan sekaligus laporan yang baik untuk perusahaan.
Satu lagi hal yang mesti dipelajari seorang kasir agar bisa menunjang aktivitas pekerjaannya sehari-hari, yaitu kemampuan memahami sistem pembayaran. Saat ini tersedia bermacam-macam sistem pembayaran baik dengan uang tunai maupun cashless.
Transaksi cashless kemudian dibagi lagi menjadi beberapa pilihan seperti penggunaan kartu, scan barcode dompet digital, dan lainnya. Banyaknya sistem pembayaran yang tersedia saat ini seharusnya bisa diikuti perkembangannya oleh kemampuan seorang kasir dan fasilitas sistem informasi manajemen bisnis yang memadai untuk semua sistem pembayaran.
Karts.id menyediakan produk berupa aplikasi kasir online yang bisa mendukung aktivitas bisnis perusahaan, terutama yang mengandalkan peran penting seorang kasir untuk semua transaksi bisnis dan pengelolaan usaha sederhana.
Pos.karts.id bisa memudahkan pekerjaan seorang kasir sekaligus bisa memberikan laporan akurat untuk bisnis di banyak bidang, seperti restoran, kedai kopi, toko kue, salon, dan lainnya. Aplikasi ini juga mendukung beberapa sistem pembayaran modern yang bisa memudahkan pelanggan melakukan transaksi.
Itu dia informasi lengkap tentang bagaimana cara menjadi kasir yang baik, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.