Kemunculan bisnis kedai kopi yang semakin menjamur, membuat para pemilik kedai harus memutar otak untuk melakukan diferensiasi bisnis agar bisa mempertahankan bisnisnya ditengah gempuran para kompetitor usaha sejenis.
Pada dasarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya dengan terus melakukan inovasi dan mengikuti perkembangan bisnis kekinian. Misalnya bermitra dengan jasa pesan antar makanan, melakukan pemasaran besar-besaran atau membangun kedekatan dengan konsumen melalui event-event organisasi dan komunitas di lokasi tempat usaha.
Nah, berikut ini adalah beberapa contoh dan tips menjalankan bisnis kedai kopi yang baik agar usaha bisa berkembang ditengah para pesaing.
Pertama, yang perlu disiapkan adalah membuat kedai kopi dengan konsep unik. Pastikan untuk menghadirkan konsep kedai kopi yang berbeda dengan para pesaing yang berada pada lokasi berdekatan.
Banyak sekali konsep kedai kopi yang bisa dihadirkan, misalnya dengan membangun tema alam, pedesaan, kedai rumahan ditambah perpustakaan mini, dan lain sebagainya. Konsep unik ini akan menjadi tujuan para pelanggan mengunjungi kedai, mereka bisa menikmati menu makanan sekaligus suasana yang dihadirkan.
Kedua, kedai kopi yang baik adalah yang memiliki menu andalan sebagai signature yang bisa membuat para pelanggan selalu ingin berkunjung dan mencoba kembali menu tersebut. Buat menu andalan dengan nama yang unik dan pastikan untuk selalu mempromosikannya kepada para pelanggan dengan menyampaikan informasi bahwa menu tersebut hanya ada di sini dan tidak bisa ditemukan ditempat lain.
Ketiga, kedai kopi adalah bisnis yang berhubungan langsung dengan para pelanggan. Maka, sudah seharusnya untuk mengutamakan kualitas pelayanan kepada para konsumen.
Buatlah standar pelayanan untuk para pekerja. Misalnya untuk pekerja yang berada di posisi front of house seperti kasir harus dibekali dengan pengetahuan umum tentang kedai, hafal dengan menu-menu yang tersedia, jika perlu bekali juga dengan sapaan khusus untuk para pelanggan, hal ini bisa membuat para konsumen merasa diistimewakan dan memiliki kesan baik sehingga akan membuatnya tertarik untuk berkunjung kembali di lain waktu.
Keempat, tips ini sebenarnya merupakan strategi marketing yang sangat halus namun bisa memberikan dampak nyata untuk keuntungan bisnis dan sosial sekaligus. Buatlah ruang khusus untuk mewadahi komunitas-komunitas yang ada di lokasi bisnis untuk mengadakan acara.
Misalnya seperti acara musik, pelatihan menanam, bedah buku, atau acara stand up comedy, dengan begitu pengunjung kedai akan selalu ramai dan anggota komunitas akan memiliki ikatan personal terhadap kedai sehingga bisa dipastikan ingin berkunjung kembali di lain waktu. Selain membantu menghidupi komunitas dengan menyediakan tempat, cara ini juga bisa meraup keuntungan untuk kedai dari kehadiran banyak orang pada acara tersebut.
Terakhir, untuk mendukung aktivitas bisnis kedai kopi agar selalu berjalan dengan baik, para pelaku usaha bisa menggunakan sistem pengelolaan keuangan usaha yang lebih modern seperti aplikasi kasir online.
Saat ini, untuk meningkatkan bisnis bisa ditempuh dengan meng-upgrade pelayanan pelanggan dengan digitalisasi pencatatan transaksi, baik untuk transaksi penjualan langsung pada konsumen sekaligus pembelian bahan baku yang dilakukan oleh perusahaan.
Semua transaksi tersebut, termasuk manajemen inventory bisa diorganisir dalam satu sistem kasir online. Karts.id hadir memberikan kemudahan tersebut dengan sebuah produk yang dinamakan Karts POS, aplikasi ini bisa membuat pengelolaan bisnis khususnya untuk usaha kedai kopi bisa berjalan lebih mudah, efektif, dan efisien.
Nah itu dia informasi lengkap tentang tips menjalankan bisnis kedai kopi yang baik. Semoga uraian di atas bisa bermanfaat.