Bagi para entrepreneur kunci utama untuk sukses adalah dengan melakukan langkah bisnis yang tepat, salah satunya adalah dengan menjalankan strategi pemasaran kreatif. Entrepreneur harus bisa berpikir out of the box dan berani mengadopsi strategi pemasaran kreatif dan inovatif agar barang atau jasa yang mereka produksi bisa terdengar di telinga konsumen potensial.
Berikut ini merupakan 5 strategi kreatif yang membawa perubahan bagi entrepreneur agar bisa mendorong bisnis menjadi lebih sukses!
Salah satu cara pemasaran kreatif yang bisa membawa perubahan bagi entrepreneur adalah dengan menciptakan strategi pemasaran interaktif. Artinya, entrepreneur bisa membuat kampanye marketing yang melibatkan para pelanggan secara aktif untuk ikut serta dalam program promosi yang dilakukan.
Misalnya dengan membuat kuis, polling, atau giveaway yang bisa meningkatkan keterlibatan publik secara umum, hal ini bisa berpeluang besar meningkatkan pengetahuan publik baik pada merek dagang maupun produk yang dijual oleh perusahaan. Cara ini dinilai sangat efektif untuk mengenalkan produk-produk baru ke pasaran.
Cara selanjutnya adalah dengan membangun kolaborasi dan kemitraan dengan pihak lain. Bisnis yang dijalankan sendirian tanpa keterlibatan pihak luar seringnya susah untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama, oleh karena itu strategi kreatif pemasaran yang bisa dilakukan oleh entrepreneur adalah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.
Dengan menjalin kolaborasi dan kemitraan dengan pihak yang memiliki visi, misi, dan nilai-nilai bisnis yang sejalan akan membantu entrepreneur memperluas cakrawala bisnis dan inspirasi strategi pemasaran kreatif lainnya.
Gagasan dan kecintaan suatu komunitas terhadap suatu objek, bisa dimanfaatkan oleh seorang entrepreneur untuk menciptakan strategi marketing baru untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh seorang entrepreneur, salah satunya adalah dengan memasuki lingkup komunitas atau membangun suatu forum untuk menghubungkan orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama.
Kesadaran masyarakat akan pentingnya keterlibatan industri bisnis pada isu sosial dan lingkungan yang tidak ada habisnya, bisa dimanfaatkan oleh seorang entrepreneur untuk membangun branding bisnisnya memiliki kepedulian pada masalah-masalah tersebut.
Strategi kreatif pemasaran ini bisa dilakukan dengan menghadirkan cerita tentang bagaimana barang atau jasa yang diproduksi oleh perusahaan memiliki kontribusi berkelanjutan dan berdampak baik bagi sosial dan lingkungan sekitar.
Langkah ini dijamin akan memberikan ikatan personal pada para pelanggan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi publik yang memiliki kepedulian besar terhadap isu sosial dan lingkungan.
Strategi pemasaran kreatif yang terakhir adalah dengan mengembangkan digitalisasi bisnis. Pada era transformasi digital seperti sekarang, entrepreneur sudah harus menyadari pentingnya memanfaatkan kemajuan teknologi dalam menjalankan bisnis.
Misalnya dengan membuat website bisnis untuk menjual produk-produknya secara online di pasar yang lebih luas dan menggunakan kasir online untuk pengelolaan keuangan usaha.
Sesuai dengan kebutuhan para entrepreneur, Kart.id menyediakan layanan pembuatan website yaitu Karts Webstore yang bisa membantu entrepreneur memiliki toko online dengan harga terjangkau dan bisa diintegrasikan dengan kasir online POS Karts agar keuangan bisnis bisa semakin terstruktur.
Nah, itu dia informasi lengkap tentang 5 strategi kreatif yang membawa perubahan bagi entrepreneur agar bisa mendorong bisnis menjadi lebih sukses. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!