Untuk meningkatkan bisnis di era digital seperti ini, pelaku usaha perlu mengetahui tips dan trik yang sudah banyak diketahui oleh para kompetitor. Salah satunya adalah dengan membuat katalog online yang bisa menarik perhatian para konsumen.
Walaupun tampak sepele dan bisa dikerjakan secara sederhana, nyatanya butuh usaha maksimal untuk membuat katalog online yang bisa memikat banyak pengunjung di dunia maya. Katalog online harus dibuat semenarik mungkin agar bisa menambah minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang cara membuat katalog online yang bisa membantu penjualan produk semakin meningkat.
Pertama, gunakan konsep yang unik. Dengan menampilkan katalog online yang memiliki tema unik, konsumen akan merasa bahwa produk yang ditawarkan sangat terkonsep dengan baik. Nama brand akan meningkat karena perusahaan dianggap bisa sangat detail memikirkan bagaimana cara menjual produknya dengan menarik.
Kedua, pembuatan katalog produk harus dimulai dengan kehati-hatian. Apabila salah memilih tema dan konsep yang jauh dari ketertarikan target market, katalog tersebut bisa saja tidak akan banyak dikunjungi oleh para calon konsumen.
Apabila target market perusahaan adalah anak-anak, maka katalog produk harus disesuaikan dengan gaya yang juga menarik hati anak-anak. Misalnya dengan warna-warna yang terang, gambar yang ceria, dan pernak-pernik yang lebih gemerlap.
Ketiga, perlu juga untuk memilih gambar produk yang paling baik. Itulah dasar adanya fotografer khusus yang memotret produk-produk yang dipajang dalam katalog online. Ada begitu banyak cara yang harus dilakukan agar tampilan gambar terlihat ideal, tampak proporsional, dan memiliki daya tarik untuk membuat para konsumen ingin membeli dengan sekali lihat saja.
Keempat, jangan pernah menganggap remeh kekuatan copywriting. Konsep membuat deskripsi unik saat melakukan promosi produk juga sangat dibutuhkan dalam pembuatan katalog online. Tanpa adanya deskripsi yang menarik, foto produk hanya seperti pajangan saja.
Foto produk butuh penjelasan yang bisa menuntaskan keingintahuan konsumen tentang saja manfaat yang bisa didapatkan saat membeli produknya. Pastikan juga untuk menampilkan harga produk untuk mempermudah para konsumen untuk memutuskan pembelian.
Terakhir, agar para konsumen bisa dengan mudah mengakses katalog produk maka jangan lupa untuk mencantumkan link katalog produk di semua platform bisnis yang dipakai oleh perusahaan. Misalnya seperti Instagram, Tiktok, Facebook, atau e-commerce.
Namun, agar mempermudah para konsumen untuk mengenal brand dan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan. Pastikan juga untuk menampilkan katalog online pada website perusahaan.
Apabila perusahaan belum mempunyai toko online, Karts.id menawarkan kemudahan untuk para pelaku usaha untuk menunjang bisnis nya dengan Karts Webstore, dengan toko online ini perusahaan tidak hanya bisa meningkatkan bisnisnya tetapi bisa sekaligus memiliki katalog online yang menampilkan produk-produk yang mereka jual.
Ada banyak pilihan katalog online yang bisa dipakai sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan, misalnya bisnis restoran, butik, cafe, kedai kopi, toko bunga, hingga retail. Semuanya ditawarkan untuk menjangkau lebih banyak target market yang dituju oleh perusahaan.
Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang bagaimana cara membuat katalog online untuk bisnis, ada lima hal yang perlu diperhatikan, dari mulai memakai konsep yang unik, menyesuaikan minat konsumen, memilih gambar terbaik, memakai deskripsi, dan juga menakutkannya dalam semua platform bisnis perusahaan.