HomeBusinessCara Menghemat Biaya Operasional Perusahaan
Cara Menghemat Biaya Operasional PerusahaanBy: Elavigne - 8 Apr 2023

Untuk memaksimalkan laba, setiap perusahaan memiliki caranya masing-masing sesuai dengan langkah bisnis yang sudah direncanakan sebelumnya, misalnya seperti menaikkan jumlah produk yang dijual, menyuntikkan modal tambahan, atau menghemat biaya operasional perusahaan.

Menekan biaya operasional perusahaan bisa dilakukan dengan beberapa cara, berikut ini adalah contoh mudah yang bisa dilakukan perusahaan untuk menghemat biaya operasional!

Efisiensi Sumber Daya Manusia

Biaya operasional bisa ditekan dengan cara melakukan efisiensi sumber daya manusia. Pekerja yang dimiliki oleh perusahaan sebenarnya bisa dioptimalkan pekerjaannya dan dibatasi jumlahnya sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.

Perusahaan bisa merekrut dan memilih calon pekerja yang memiliki kualitas, dan tempatkan di posisi yang tepat. 

Kerjasama dengan Vendor yang Tepat

Cara menghemat biaya operasional juga bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan vendor atau penjual bahan baku yang tepat. Artinya, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa lebih hemat saat vendor yang menyuplai bahan baku berada dekat dengan lokasi bisnis, selain bisa memangkas biaya transportasi, jika bisnis yang didirikan di bidang makanan maka bahan baku bisa lebih segar jika dibandingkan memilih vendor yang jaraknya jauh.

Vendor yang tepat dan bisa dipercaya juga tidak akan mengecewakan pihak yang menjalin kerjasama dengan mereka, mereka akan berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang maksimal.

Buat Kebijakan tentang Cuti dan Lembur

Agar biaya operasional bisa lebih kecil, perusahaan juga bisa mengatur para pekerja dengan memberlakukan kebijakan mengenai cuti dan lembur.

Buatlah rencana tentang pengaturan giliran cuti para karyawan yang tepat dan tidak berpengaruh pada proses berjalannya bisnis. Misalnya karyawan yang akan melakukan cuti setidaknya harus melaporkan beberapa hari sebelumnya untuk menghindari penumpukkan pekerja. 

Kebijakan tentang lembur juga tidak boleh disepelekan, karena aktivitas lembur ini akan berpengaruh pada penambahan biaya operasional, maka perusahaan harus menganalisis dengan teliti apakah kebijakan ini bisa menguntungkan atau malah membuat perusahaan semakin merugi. 

Digitalisasi Pemasaran

Di era yang semuanya bisa dijalankan secara online dengan memanfaatkan kecanggihan digital. Perusahaan juga seharusnya sudah mulai gencar melakukan pemasaran dengan menggunakan saluran-saluran digital. Misalnya seperti media sosial, e-commerce, dan website perusahaan.

Apabila belum memiliki website, kini tidak perlu khawatir Karts Webstore bisa dijadikan sebagai sarana promosi digital sekaligus toko online yang bisa menjual produk secara langsung, perusahaan bisa dipastikan bisa mendapatkan jangkauan konsumen yang lebih luas dibandingkan hanya menjual produk secara fisik saja. 

Dengan menggunakan pemasaran secara online, perusahaan bisa menghemat biaya operasional yang biasanya dialokasikan untuk ajang promosi konvensional yang memakan banyak anggaran. 

Efisiensi Proses Kerja

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya operasional perusahaan adalah dengan melakukan efisiensi proses kerja. 

Kini banyak perusahaan yang mulai beralih menggunakan aplikasi pengelola keuangan seperti Karts POS sebagai sistem pengelola bisnis yang didalamnya memiliki banyak fitur yang menguntungkan pengguna. Misalnya seperti pencatatan transaksi, manajemen inventaris, hingga laporan keuangan yang bisa didapatkan secara otomatis.

Dengan menggunakan aplikasi pengelola keuangan, perusahaan kini tidak perlu lagi membuat laporan transaksi manual yang ribet, sulit, dan membutuhkan waktu lama.  

Nah, itu dia informasi lengkap tentang cara menghemat biaya operasional perusahaan, misalnya dengan efisiensi sumber daya manusia, bekerjasama dengan vendor yang tepat, membuat kebijakan tentang cuti dan lembur, digitalisasi pemasaran, hingga melakukan efisiensi proses kerja.

Semoga informasi yang telah diuraikan di atas bisa bermanfaat untuk para pebisnis yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal dengan menekan biaya operasional!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.