HomeBusinessHal-hal yang Perlu Dihindari Saat Memulai Bisnis
Hal-hal yang Perlu Dihindari Saat Memulai BisnisBy: Elavigne - 21 Feb 2023

Saat memulai sebuah usaha, ada banyak hal yang harus disiapkan misalnya modal yang cukup, pengetahuan dasar tentang bisnis, atau hal apa saja yang menjadi trend bisnis saat ini. Disamping itu, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang perlu dihindari saat memulai bisnis.

Semuanya dilakukan agar usaha yang dirintis bisa dijalankan dengan baik, sesuai aturan, dan menghindari kerugian yang besar.

Misalnya, saat memulai bisnis restoran kamu harus siap dengan pengadaan bahan baku yang terjamin dan perlengkapan penunjang seperti aplikasi kasir, Karts POS bisa menjadi alternatif sistem pengelolaan bisnis restoran yang kamu pakai.

Namun, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal yang perlu dihindari saat memulai bisnis. Nah, pembahasan tersebut akan diuraikan secara lengkap dalam penjelasan di bawah ini!

Memilih Bisnis yang Tidak Dikuasai

Banyak yang menyarankan para pengusaha muda untuk membangun sebuah bisnis berdasarkan passion yang mereka miliki. Hal itu dilakukan untuk menjaga value perusahaan agar tetap idealis dan selalu mengeluarkan produk dan layanan jasa yang  berkualitas. 

Hal itu sejalan dengan satu hal yang perlu dihindari saat memilih bisnis, sebagai pelaku usaha yang jeli seharusnya memang tidak boleh memilih bisnis yang tidak dikuasai, selain untuk menghindari kerugian karena kurangnya pengetahuan tentang bisnis tersebut, hal ini juga dilakukan untuk meminimalisir adanya produk-produk yang dijual tanpa mempedulikan kualitasnya. 

Tidak Melakukan Riset Pasar

Jangan memulai bisnis saat kamu tidak yakin bahwa produk dan jasa yang ditawarkan tidak dibutuhkan oleh konsumen. Maka, hal yang perlu dihindari saat memulai bisnis selanjutnya adalah saat kamu terlalu percaya diri mendirikan usaha tanpa melakukan riset pasar.

Riset pasar ini perlu dilakukan untuk mengukur kebutuhan konsumen atas produk yang akan ditawarkan. Karena, tanpa adanya konsumen produk sebagus apapun tidak akan memiliki nilai guna tanpa menemukan orang yang cocok untuk memakainya. 

Salah Memilih Partner Kerjasama

Ketiga, saat kamu akan memulai bisnis dan membutuhkan rekan kerja, maka jangan sekali-kali untuk mencari partner kerja yang tidak memiliki tujuan yang sama. Walaupun partner tersebut tergolong orang terdekat, apabila ide bisnis dan pemikiran pengelolaan usahanya berseberangan, maka bisnis yang akan dijalankan bersama-sama tentu tidak akan berjalan dengan baik.

Pasti ada pertentangan di antara dua atau lebih kepala yang memiliki pemikiran yang berbeda dan perpecahan itu akan menjadi salah satu sebab kehancuran bisnis. Maka, dari sekarang carilah rekan yang tepat, sama-sama menguntungkan, dan bangun hubungan secara profesional. 

Terlalu Lama Membuat Perencanaan

“Rencana bisnis yang baik adalah rencana bisnis yang dijalankan”.

Walaupun tampak sederhana, ungkapan tersebut memiliki makna yang dalam. Saat ini, banyak orang-orang lulusan dari sekolah bisnis yang sibuk membuat business plan yang besar dan menang di banyak perlombaan, namun pada kenyataannya bisnis itu susah untuk diaplikasikan.

Maka, ungkapan sebelumnya bisa menjawab fenomena tersebut. Bahwa membuat rencana bisnis yang matang itu sangat baik. Namun, para calon pebisnis juga harus bisa membawa rencana besar itu ke dalam realitas. 

Tidak apa-apa untuk mencoba membangun bisnis dalam skala kecil atau menengah, bisnis yang dijalankan dengan sungguh-sungguh lambat laun akan menemukan pelanggannya masing-masing. 

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana untuk tidak cepat puas, selalu berinovasi, mengikuti perkembangan zaman, dan juga selalu fokus pada tujuan awal. 

Nah, itu dia uraian lengkap tentang hal-hal yang perlu dihindari saat memulai bisnis, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.