HomeTips & TrickManfaat Analisis Laporan Keuangan Real Time dalam Bisnis
Manfaat Analisis Laporan Keuangan Real Time dalam BisnisBy: Elavigne - 6 Mei 2023

Dalam era industri digital seperti sekarang, laporan keuangan perusahaan atau bisnis dalam skala sekecil apapun harus dikelola secara cepat dan real time. 

Tujuan dari kecepatan itu adalah untuk mengatur kondisi keuangan perusahaan bisa bergerak dinamis sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang ada untuk tujuan profit yang lebih tinggi.

Berikut ini akan dijelaskan tentang apa itu laporan keuangan real time dan manfaatnya untuk bisnis yang dijalankan oleh para pelaku usaha. 

Apa itu Laporan Keuangan Real Time?

Laporan keuangan real time adalah pengelolaan keuangan dengan menggunakan sebuah sistem informasi manajemen untuk melihat, menganalisa, dan menentukan nilai dari sebuah data, khususnya data tentang laporan keuangan sesuai dengan waktu data tersebut terekam dalam sistem. 

Pada dasarnya laporan keuangan real time adalah penyajian data paling update dari rekam data yang diterima dalam sebuah sistem yang memperlihatkan kondisi keuangan pada saat itu juga. 

Manfaat Laporan Keuangan Real Time

Lalu apa yang membuat laporan keuangan real time itu penting? Berikut adalah manfaat laporan keuangan real time bagi sebuah bisnis!

Mempercepat Pengambilan Keputusan Strategis

Dengan adanya laporan keuangan yang bisa dilihat dan dipantau secara real time, membuat perusahaan bisa lebih mudah dan cepat melakukan pengambilan keputusan bisnis strategis. 

Perusahaan bisa menentukan langkah-langkah yang paling tepat diambil dengan menimbang kondisi keuangan perusahaan pada saat itu.  

Menyesuaikan Strategi Pemasaran dan Penjualan

Kedua, perusahaan juga bisa menyesuaikan strategi pemasaran dan penjualan yang akan dipilih setelah melihat laporan keuangan real time.

Perusahaan bisa memposisikan diri dan menekan biaya untuk promosi dan penjualan dengan acuan anggaran yang dimiliki saat ini. 

Memahami Perilaku Pelanggan

Laporan keuangan real time juga secara tidak langsung bisa memperlihatkan perilaku konsumen yang menjadi pelanggan sebuah bisnis.

Misalnya ketika pendapatan terus meningkat, kemungkinan besar konsumen merasa puas dengan produk yang dijual oleh perusahaan, lalu perusahaan bisa memilahnya lagi berdasarkan jenis yang paling banyak terjual. Dengan begitu akan diketahui produk mana yang paling disukai oleh para pelanggan dan bisa ditingkatkan lagi kuantitas produksinya. 

Mempermudah Mengurus Pajak

Manfaat lain dari analisis laporan keuangan real time adalah untuk mempermudah perusahaan mengurus pajak. 

Karena pada dasarnya untuk melakukan pembayaran pajak, perusahaan harus menyiapkan beberapa dokumen penting seperti SPT dan berkas lainnya, selain itu perusahaan juga harus menyiapkan laporan keuangan bisnis real time yang paling update sesuai dengan periode pelaporan pajaknya.

Dari itu, saat perusahaan sudah siap sedia setiap saat mengantongi laporan keuangan real time tidak akan kerepotan lagi dalam pengurusan pajak jika sudah waktunya tiba. 

Acuan Pembuatan Rencana Bisnis Jangka Panjang

Melalui analisis laporan keuangan real time, para pemangku kepentingan juga akan diuntungkan dengan banyaknya pertimbangan yang bisa diambil sesuai dengan kondisi keuangan riil perusahaan.

Kebijakan dan rencana jangka panjang bisnis juga bisa diputuskan secara profesional sesuai dengan kondisi yang ada. Jadi perusahaan memiliki resiko yang lebih kecil karena sudah dipertimbangkan secara matang dan sesuai data pendukung yang ada, yaitu berdasarkan analisis laporan keuangan real time.

Nah, itu dia manfaat analisis laporan keuangan real time dalam bisnis, ternyata sangat penting untuk perusahaan lama dan rintisan. 

Jadi mulai sekarang para pelaku bisnis sebaiknya mulai melakukan transformasi bisnisnya menggunakan sistem pengelolaan keuangan digital seperti Karts POS karena selain bisa berfungsi sebagai mesin kasir untuk pencatatan berbagai macam transaksi, juga bisa menghasilkan laporan keuangan secara real time. Jadi tunggu apa lagi? Yuk mulai berlangganan!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.