HomeTips & TrickTipe-tipe Promosi yang Paling Disukai Pembeli
Tipe-tipe Promosi yang Paling Disukai PembeliBy: Elavigne - 4 Mei 2023

Sebagai pengusaha, kamu perlu mengetahui karakteristik konsumen agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan menguntungkan, salah satu hal yang mempengaruhi peningkatan penjualan adalah kuantitas pembelian produk yang dilakukan oleh para pelanggan.

Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa tipe-tipe promosi yang paling disukai oleh pembeli agar keuntungan mengalir terus-menerus. 

Dalam pendekatan faktor psikologis konsumen, mereka sangat menyukai tag promosi produk walaupun hanya mengurangi harga beberapa persen dari harga normal saja, jadi terus lancarkan strategi promosi dengan melakukan tipe-tipe promosi di bawah ini!

Diskon

Diskon atau juga dikenal sebagai potongan harga adalah tipe promosi yang paling disukai oleh pembeli. Konsumen di Indonesia memiliki karakteristik mudah tertarik dengan coretan harga dalam deskripsi produk atau price tag. 

Konsumen secara tidak sadar akan tersugesti untuk membeli produk yang dijual karena potongan harga yang tidak selalu ada setiap saat. Namun, saat ini pelaku bisnis bisa menjadikan diskon sebagai strategi marketing dengan menaikkan harga pokok penjualan kemudian membuatnya seolah-olah seperti ada diskon di harga yang normal. 

Buy 1 Get 1

Perusahaan juga bisa memberikan promo berupa tawaran Buy 1 Get 1 untuk menarik perhatian konsumen sekaligus meningkatkan kuantitas penjualan produk-produk yang ditawarkan. Tipe promosi jenis ini terbukti ampuh mendatangkan keuntungan yang berlipat untuk bisnis kecil maupun besar.

Promo Get 1 Buy 1 ini selain bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar juga bisa mengeluarkan stok barang yang sudah lama mengendap di gudang, promo ini biasanya berupa produk seri serupa yang bisa didapatkan pembeli secara khusus.

Paket Bundling

Promosi menggunakan strategi maket bundling sebenarnya mirip dengan Buy 1 Get 1, bedanya dalam paket bundling konsumen bisa mendapatkan beberapa produk yang tidak serupa namun biasanya masih dalam satu produksi. 

Perusahaan biasanya memakai promosi ini untuk mendorong penjualan produk-produk yang kurang populer di pasaran dengan membuatnya sepaket dengan produk yang digemari oleh pelanggan, misalnya paket bundling berupa perlengkapan mandi dengan isian sabun, sampo, dan pasta gigi. 

Flash Sale

Tipe promosi selanjutnya yang paling disukai oleh para pembeli adalah flash sale, strategi marketing jenis ini mulai populer dalam beberapa tahun belakangan karena konsumen bisa mendapatkan harga yang sangat murah untuk produk-produk yang mereka inginkan.

Cara kerja promosi dengan menggunakan metode flash sale adalah ketepatan waktu berbelanja dan experience mendapatkan satu barang secara berebut dengan konsumen lain yang juga mengincar harga miring.

Flash sale dinilai bisa meningkatkan jumlah penjualan perusahaan karena dengan modal mengorbankan beberapa produk untuk dijual dengan harga murah, produsen bisa mendapatkan exposure untuk produk dan perusahaannya karena konsumen akan berbondong-bondong mencari promo flash sale tersebut. 

Kode Promo Melalui Website

Bagi para penjual online, baru-baru ini populer tipe promosi berupa kode promo melalui website yang bisa didapatkan oleh para konsumen saat berbelanja di website resmi milik perusahaan. Selain mendatangkan keuntungan karena produk bisa terjual, metode promosi seperti ini juga sangat berpengaruh terhadap naiknya jumlah pengunjung di website.

Dengan begitu, konsumen memiliki kesempatan untuk melihat-lihat produk lain dan tertarik untuk membelinya juga.

Apabila perusahaan yang kamu dirikan belum memiliki website, kini tidak perlu khawatir! Ada Karts Webstore yang bisa membantu brand yang kamu rintis tumbuh di era transformasi digital dengan penjualan online melalui website. 

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan, dari mulai dukungan untuk berbagai jenis bisnis yang beragam, hingga tampilan yang responsif agar pelanggan betah berlama-lama mengunjungi etalase online bisnismu!

Nah, itu dia informasi lengkap tentang tipe-tipe promosi yang paling disukai pembeli. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.