Mengapa UMKM perlu mengaplikasikan strategi pemasaran kreatif? Jawabannya adalah agar usaha skala kecil yang dijalankan bisa menghadapi persaingan bisnis dengan para kompetitor. Jadi, walaupun masuk dalam kategori usaha kecil, UMKM bisa memasarkan produknya di pasar global dengan mengandalkan strategi-strategi bisnis terkini.
Berikut ini adalah 6 strategi pemasaran kreatif untuk UMKM yang bisa dilakukan oleh para pelaku UMKM agar usahanya semakin sukses!
Saat ini, banyak orang menghabiskan waktu untuk menonton video-video di youtube dibandingkan dengan menonton tayangan di televisi. Pergeseran kebiasaan masyarakat ini membuka peluang bisnis yang saling menguntungkan antara perusahaan yang menawarkan produk yang dijualnya dan konten creator yang memproduksi video-video yang digemari viewer.
Kerjasama ini biasanya berupa penempatan product placement, misalnya dalam konten-konten berupa podcast atau vlog, UMKM bisa mengenalkan produk yang dijualnya secara organik dalam video-video yang dibuat oleh konten creator.
Strategi pemasaran kreatif lainnya yang bisa dipakai oleh UMKM adalah dengan mengikuti segala sesuatu yang sedang trending di internet. Sebagai contoh, ketika di Twitter atau Tiktok sedang trending mengenai issue konser artis luar negeri yang akan mengadakan konser di Indonesia, maka ikuti euforia tersebut melalui postingan relevan di media sosial untuk terus mengikat interest konsumen.
Sejauh ini, opini publik masih sangat berpengaruh untuk meningkatkan penjualan sebuah produk. UMKM bisa memanfaatkan strategi ini untuk menaikkan angka penjualannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan misalnya meminta respon pembeli dengan memberikan benefit kupon belanja pada setiap testimoni yang diberikan.
Kreativitas UMKM juga bisa diukur dari pertumbuhan bisnis yang dijalani, Usaha yang terus berkembang dan bisa mempertahankan konsumennya biasanya terus melakukan inovasi bisnis yang tidak henti-hentinya, baik itu dalam hal perbaikan operasional bisnis atau variasi produk sesuai dengan trend yang berkembang di masyarakat.
Konsumen sangat menyukai promo, diskon, dan hadiah-hadiah gratis yang diberikan ketika membeli produk yang dijual. Cara ini dinilai ampuh mengikat konsumen karena terbukti membuat para konsumen senang. Sebagai contoh, pada setiap penjualan produk-produk UMKM, bisa diselipkan gift berupa testimonial product atau hadiah kecil.
Terakhir, strategi pemasaran kreatif lain yang bisa dilakukan oleh UMKM adalah dengan terus memperluas pemasaran produk melalui platform-platform digital. Misalnya, di marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, atau media sosial seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan lainnya.
Selain itu, kembangkan juga penjualan online melalui website UMKM. Karts Webstore bisa menjadi alternatif terbaik untuk memulai menjual produk melalui website. Dengan tampilan menarik sesuai jenis usaha yang dijalani, tersedia banyak template yang bisa dipilih dari mulai untuk UMKM di bidang kedai kopi, toko pakaian, usaha retail, dan masih banyak yang lainnya.
Nah, itu dia 6 strategi pemasaran kreatif untuk UMKM yang bisa diaplikasikan oleh para pelaku UMKM agar usahanya semakin sukses. Jangan lupa untuk terus melakukan inovasi sesuai dengan trend yang sedang berkembang di pasaran saat ini. Pastikan juga untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk mendobrak peningkatan penjualan. Semoga informasi yang sudah diuraikan di atas bisa bermanfaat!