HomeBrandingMenghadapi Tantangan: Rebranding UMKM untuk Mengikuti Perubahan Pasar
Menghadapi Tantangan: Rebranding UMKM untuk Mengikuti Perubahan PasarBy: Elavigne - 19 Jul 2023

Bagi semua pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah atau UMKM, kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen dan perubahan pasar sangat penting untuk dikuasai. Kemampuan tersebut merupakan respon positif agar usaha yang dijalankan bisa bertahan ditengah gempuran persaingan para kompetitor. 

Meskipun skala usaha yang dijalankan masih relatif kecil, kesempatan untuk lebih unggul dari perusahaan-perusahaan besar bukanlah hal yang mustahil. Banyak UMKM yang berkembang dan mampu bersaing dengan banyak usaha lain karena memiliki kualitas dan mampu memposisikan bisnisnya dengan melakukan rebranding yang tepat.

Pasar online yang terdiri dari konsumen yang heterogen, baik dari latar belakang umur, budaya, tingkat ekonomi, dan faktor lainnya. Semua konsumen tersebut harus bisa diprioritaskan dengan menawarkan produk-produk berkualitas yang bisa dijangkau dengan mudah.

Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan oleh UMKM untuk menghadapi tantangan bisnis dengan menerapkan strategi rebranding!

Menyadari Pentingnya Logo dan Merek Dagang

Dahulu, UMKM lekat dengan jenis usaha rumahan yang tujuannya hanya keuntungan kecil yang hanya bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan usaha di esok hari. Namun, usaha pemerintah dan semua elemen masyarakat untuk mengedukasi pelaku bisnis UMKM kini sudah memiliki dampak besar. 

Jika dilihat dari data penopang perekonomian negara, UMKM memiliki peran yang sangat penting. Dari hal tersebut, pelaku UMKM mulai percaya diri bahwa produk-produk yang mereka pasarkan memiliki dampak besar untuk pemerataan ekonomi. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan rebranding produk-produk UMKM dengan menaikkan gengsinya melalui pemberian label, logo, dan memberi merek dagang agar produknya bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Jangan Pernah Remehkan Penampilan Produk dan Desain Kemasan

Rebranding merupakan strategi marketing yang fokus pada peningkatan nilai bisnis atau produk yang dijual oleh UMKM. Peningkatan nilai ini bisa diwujudkan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan memperhatikan penampilan serta desain kemasan produk yang dijual. Karena walaupun hal ini tampak sepele, nyatanya konsumen akan lebih tertarik dengan produk-produk yang memiliki penampilan dan kemasan yang rapi, unik, dan menarik. Hal tersebut ternyata bisa  mempengaruhi faktor psikologis konsumen dalam menentukan keputusan pembelian. 

Terus Berinovasi Tanpa Henti

Agar bisa bertahan di industri bisnis yang persaingannya semakin ketat dan bisa mengikuti perubahan pasar secara dinamis, UMKM juga harus terus mengembangkan diri dengan melakukan inovasi tanpa henti. Inovasi ini bisa diaplikasikan dengan mengoptimalisasikan sistem operasional bisnis dengan teknologi baru yang lebih modern atau dengan melakukan inovasi produk-produk baru yang bisa menjawab kebutuhan para konsumen. 

Kuasai Semua Platform Penjualan Online

Jika saat ini UMKM hanya memanfaatkan e-commerce dan sosial media saja untuk perluasan pasar melalui penjualan online. Sudah saatnya untuk mulai menggunakan website untuk meningkatkan penjualan secara masif. Dengan menjual produk melalui website, UMKM tidak hanya diuntungkan dengan naiknya angka penjualan, tetapi juga bisa meningkatkan branding UMKM menjadi tampak lebih profesional di mata publik. 

Bagi kamu pelaku bisnis UMKM yang ingin memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan branding dengan website, Karts Webstore hadir untuk menjawab kebutuhan tersebut. Kamu bisa memiliki website bisnis dengan tampilan menarik sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan, dari mulai UMKM yang bergerak di bidang pakaian, makanan, layanan, dan lainnya. 

Pastikan untuk terus melakukan rebranding UMKM untuk bisa mengikuti perubahan pasar dan banyaknya tantangan bisnis dari para pesaing!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.