HomeBusinessPanduan Memulai Bisnis Dropshipping yang Minim Resiko
Panduan Memulai Bisnis Dropshipping yang Minim ResikoBy: Elavigne - 20 Apr 2023

Di Kalangan pedagang online, bisnis dropshipping dinilai bisa mendatangkan peluang keuntungan yang besar dengan tanpa modal yang berarti. Bisnis dropshipping dikenal sebagai usaha yang dijalankan oleh seseorang yang menjadi penghubung antara konsumen dan produsen.

Jadi pebisnis dropshipping hanya perlu ketekunan untuk mencari produk-produk yang dibutuhkan oleh konsumen, memposting foto yang sudah disediakan oleh produsen, kemudian mendapatkan keuntungan dari penjualan yang berhasil mereka lakukan.

Walaupun tampak mudah, semua bisnis akan selalu ada resiko, begitu juga dengan bisnis dropshipping, dalam satu waktu pemilik bisnis dropshipping pasti pernah merasa kecewa akan produsen yang menjual produk tidak sesuai dengan klasifikasinya, atau pernah mendapatkan konsumen yang tidak baik. 

Oleh karena itu, sebagai seorang pemula yang ingin menjalankan bisnis dropshipping kamu perlu memperhatikan beberapa panduan memulai bisnis dropshipping yang akan dijelaskan di bawah ini!

Kenali Cara Kerja Bisnis Dropshipping

Untuk memulai usaha dropshipping, hal utama yang perlu kamu pelajari adalah bagaimana sistem bisnis ini berjalan. 

Kelebihan utama dari bisnis dropshipping adalah kamu tidak perlu menyimpan atau menyediakan stok barang dagangan. Bisnis ini berjalan dengan sistem kerjasama dengan para produsen yang menyediakan produk, yang kamu perlukan adalah memasarkan produk tersebut hingga mendatangkan konsumen yang tertarik untuk membeli produk tersebut.

Ketika sudah ada konsumen yang melakukan pesanan, yang kamu lakukan hanya meneruskan informasi pemesanan tersebut kepada pihak produsen yang nantinya akan bergerak mengirimkan produknya kepada konsumen. Jadi tugas seorang dropshipping adalah menjadi perantara sampai produk bisa terjual, keuntungan akan didapatkan dari hasil kesepakatan dengan produsen. 

Pahami Keunggulan Berbisnis dengan Sistem Dropshipping

Banyak sekali keunggulan dari berbisnis dengan cara dropshipping, agar kamu semakin yakin untuk memulai bisnis ini, simak keunggulan dari sistem bisnis dropshipping dalam beberapa poin dibawah ini!

  • Dropshipping merupakan sistem bisnis yang dikenal bisa dimulai dengan modal yang sangat kecil.

  • Bisnis ini sangat mudah dijalankan, bahkan sangat cocok untuk para pelajar dan mahasiswa karena bisa dikendalikan melalui ponsel saja.

  • Bisnis dropshipping dikenal memiliki produk jualan yang bervariasi.

  • Bisnis ini bisa dijalankan tanpa menghabiskan banyak tenaga, waktu, dan pikiran.

  • Fleksibel dalam hal waktu dan lokasi berjualan.

  • Dikenal sebagai bisnis dengan resiko kerugian yang sangat rendah. 

Pastikan Menjalankan Bisnis Dropshipping dengan Resiko yang Kecil

Cara lain untuk memulai bisnis dropshipping yang minim resiko adalah dengan mengenali mitra dropshipping yang baik dan tidak memberikan kamu banyak beban, seperti mengharuskan biaya berlangganan dan semacamnya.

Pilihlah mitra bisnis yang sudah terpercaya dan memiliki kualitas barang dagangan yang baik sesuai dengan spesifikasi produk yang ditawarkan, hal ini akan mengurangi resiko ketidakpuasan pelanggan akan usaha dropshipping yang kamu jalankan. 

Mengelola Keuangan Bisnis Dropshipping dengan Cara yang Baik

Meskipun tampak simpel dan sederhana, saat menjalankan bisnis dropshipping kamu juga perlu mengelola keuangan bisnisnya dengan baik agar bisa mengetahui berapa besar hasil yang bisa didapatkan dengan menjalankan bisnis ini.

Kamu harus melakukan pencatatan kas masuk dan keluar, serta merangkum semua transaksi bisnis secara berkala dan terstruktur. 

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan bisnis dropshipping yang sedang kamu jalankan, pastikan untuk menggunakan aplikasi kasir Karts POS yang bisa membantu kamu dalam menjalankan pengelolaan bisnis secara efektif dan efisien, serta bisa menghasilkan laporan keuangan secara otomatis.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang panduan memulai bisnis dropshipping yang minim resiko, semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.