HomeBusinessPentingnya Manajemen Meja untuk Bisnis Restoran
Pentingnya Manajemen Meja untuk Bisnis RestoranBy: Elavigne - 25 Feb 2023

Di hari libur atau di jam-jam yang sibuk, terkadang sebuah restoran mengalami masalah baru, yaitu membludaknya pengunjung yang nantinya bisa mempengaruhi kualitas pelayanan restoran. Dari hal tersebut, setiap restoran harus mengetahui pentingnya manajemen meja untuk bisnis restoran.

Manajemen meja atau table manajemen merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh pengelola restoran agar pelanggan lebih nyaman saat menunggu antrian untuk makan. Manajemen meja biasanya bisa diintegrasikan dengan mesin kasir, seperti Karts POS untuk membantu pekerja mengatur waiting list, serta menyajikan menu secara akurat yang dipesan oleh pelanggan. 

Lalu, apa pentingnya manajemen meja untuk bisnis restoran? berikut adalah penjelasannya!

Mempermudah Reservasi

Dengan adanya manajemen meja yang terintegrasi dengan mesin kasir, pelayan yang bertanggung jawab bisa mencatat berapa orang yang akan makan di restoran, jadi pihak restoran bisa menyiapkan meja yang sesuai dengan jumlah orang yang akan datang.

Mereka akan diarahkan untuk menunggu sampai kapasitas tempat duduk mencukupi, jadi selain membuat lebih tertib, manajemen meja juga bisa mempermudah pelanggan untuk melakukan reservasi, bahkan jika reservasi tersebut dilakukan secara online. 

Meningkatkan Efisiensi Pelayanan

Kedua, manajemen meja juga bisa membuat restoran bisa meningkatkan efisiensi pelayanannya. Pekerja bisa lebih mudah memeriksa meja mana yang sedang kosong dan harus dibersihkan terlebih dahulu, kapan mengganti sendok dan garpu, dan juga kapan harus memberikan tagihan kepada pelanggan yang sudah akan selesai makan.

Restoran akan bekerja secara optimal, dan tidak akan ada pelayan yang menganggur karena harus menunggu pelanggan atau bingung harus mengantarkan menu makanan ke meja mana. 

Mengurangi Antrian Pelanggan

Manajemen meja juga sangat menguntungkan restoran untuk mengurangi antrian pelanggan. Dibandingkan dengan cara lama, penggunaan manajemen meja bisa mempercepat proses pengaturan tempat duduk dan meja yang ada di restoran yang sesuai dengan jumlah pelanggan yang ingin makan.

Jadi pelanggan tidak akan terlalu lama menunggu antrian, pelanggan yang datang lebih awal akan mendapatkan tempat untuk makan lebih dulu daripada yang datang belakangan. Mereka juga akan lebih cepat mendapatkan pelayanan dari para pekerja. 

Meningkatkan Profit Restoran

Dengan adanya manajemen meja, maka restoran bisa melayani lebih banyak pelanggan. Dengan pengaturan meja yang tepat mayoritas pelanggan bisa dilayani dengan baik. Jika ditarik kesimpulan, semakin efisien pengelolaan sebuah restoran dalam mengatur tamu dan pesanan, maka peluang untuk meningkatkan pendapatan akan semakin besar.

Sebagai contoh, pelanggan yang sudah selesai makan di restoran akan segera pergi meninggalkan meja. Aktivitas itu akan terekam oleh para pekerja, dan mereka bisa siap-siap untuk membersihkan meja secepat mungkin, kemudian bisa digunakan oleh pelanggan berikutnya.

Efektivitas itu akan berdampak besar pada jumlah pesanan yang dilayani oleh restoran, dan secara otomatis bisa meningkatkan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang pentingnya manajemen meja untuk bisnis restoran sehingga konsumen tidak akan terlalu lama menunggu antrian.

Dari mulai mempermudah reservasi, bisa meningkatkan efisiensi pelayanan restoran, mengurangi antrian pelanggan, hingga meningkatkan profit restoran. 

Beberapa tips di atas bisa diaplikasikan di semua jenis restoran, baik yang masih berskala kecil hingga restoran skala besar. Semoga informasi tersebut bisa membantu para pebisnis restoran lebih mengembangkan usahanya, serta bisa bermanfaat untuk banyak orang.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.