HomeBrandingPentingnya Tagline untuk Kesuksesan Bisnis
Pentingnya Tagline untuk Kesuksesan BisnisBy: Elavigne - 31 Okt 2022

Bagi sebuah bisnis, banyak hal yang bisa ditempuh untuk mencapai kesuksesan. Salah satunya adalah dengan menampilkan tagline untuk menarik perhatian konsumen. Tanpa disadari, pentingnya tagline bagi sebuah bisnis sangat berpengaruh besar meningkatkan penjualan produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Nah di bawah ini akan dijelaskan apa sih sebenarnya yang dinamakan tagline dalam bisnis, dan apa manfaat dan pentingnya tagline untuk kesuksesan bisnis. Berikut adalah ulasan lengkapnya!

Apa itu Tagline?

Tagline merupakan salah satu komponen marketing dan branding bagi sebuah perusahaan maupun produk. Tagline dikenal sebagai suatu alat agar brand perusahaan mendapat kesan mendalam dan menumbuhkan kredibilitas bisnis yang sedang dibangun.

Pada umumnya, tagline berisi tentang deskripsi singkat yang menggambarkan branding sebuah produk atau perusahaan agar lebih mudah diingat oleh publik. Deskripsi ini biasanya berupa ide-ide dan kata singkat yang mampu membangkitkan emosi dan perasaan konsumen agar bisa merasa lebih dekat dengan sebuah brand. 

Ada  beberapa contoh tagline yang sangat nempel di benak para konsumen, misalnya “Indomie, seleraku”, “Bersih bersinar, Sunlight”, dan “KFC, Jagonya Ayam”.

Pentingnya Tagline untuk Bisnis

Setelah mengenal lebih jauh pengertian dari tagline, lalu apa sih sebenarnya manfaat dan pentingnya tagline untuk sebuah bisnis? Simak informasi selengkapnya dalam pembahasan berikut ini!

Meningkatkan Brand Awareness

Banyak produk yang melakukan marketing produknya dengan menampilkan iklan, mereka akan membangun brand awareness produknya dengan mempertontonkan atau memperdengarkan tagline dari produk yang ditawarkan secara berulang-ulang. 

Dengan cara ini, secara tidak sadar membangun pemikiran publik untuk mengenal sebuah produk dengan cara mengingat, kemudian menghafal, lalu berakhir menjadi terikat. Keadaan ini sedikit banyak akan membuat para konsumen berminat terhadap produk yang ditawarkan oleh produsen. 

Memperkuat Identitas Bisnis

Dalam dunia bisnis, tagline juga dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperkuat identitas bisnis yang mereka kenalkan pada publik. Dengan tagline berupa kata-kata menarik yang memiliki hubungan dengan bisnis, maka produk yang ditawarkan akan memiliki identitas dan lebih gampang diingat oleh masyarakat secara luas.

Merepresentasikan Visi Misi Perusahaan

Melalui tagline, perusahaan bisa mengenalkan sekaligus membangun identitas dan visi misi perusahaan hanya dengan deskripsi singkat. Tagline bisa merepresentasikan visi, misi, dan tujuan perusahaan dengan mudah di benak publik.

Misalnya sebagai perusahaan Apple, sebagai technology company terkenal di dunia selalu menyematkan tagline “Think different” Sebagai slogan yang selalu membayangi produk yang dipasarkannya. Hal itu tidak hanya sekedar kata tempelan saja, melainkan slogan yang secara eksplisit merepresentasikan perusahaan Apple sebagai IT Industry yang selalu membuat gebrakan baru dengan produk-produk berkualitas yang tampil berbeda dengan para kompetitornya. 

Menguatkan Brand Positioning

Brand positioning adalah salah satu strategi pemasaran yang banyak dilakukan oleh perusahaan yang bertujuan membuat sebuah merek dagang lebih dikenal dan mendapat perhatian besar kepada para target marketnya.

Tagline juga bisa menjadi komponen marketing yang bisa memperkuat posisi brand di tengah banyaknya produk sejenis yang diproduksi oleh para pesaing. Dengan mengandalkan tagline yang memikat dan seolah mendorong konsumen untuk tidak mencoba produk lain seperti “Apapun makanannya minumnya Teh Botol Sosro” akan memberi dampak yang mempengaruhi psikologis konsumen, seolah-olah minuman tersebut adalah pilihan satu-satunya yang tidak bisa tergantikan oleh produk lain.

Selain mengandalkan tagline untuk membangun kesuksesan bisnis, kamu juga butuh pemasaran online untuk meningkatkatkan penjualan perusahaan. Salah satu caranya adalah dengan webstore.karts.id melalui website perusahaan kamu bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas dan membuat brand yang kamu bangun bisa tumbuh di era transformasi digital.

Itu dia penjelasan lengkap tentang pentingnya tagline untuk kesuksesan bisnis dan perlunya menjangkau pasar digital dengan website penjualan online perusahaan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat. 

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.