HomeBusinessStrategi Bisnis F&B untuk Menghadapi Banyaknya Pesaing
Strategi Bisnis F&B untuk Menghadapi Banyaknya PesaingBy: Elavigne - 9 Feb 2023

Bisnis Food and Beverage atau F&B memang tidak ada matinya. Usaha ini memiliki banyak konsumen potensial yang selalu akan berkembang dan bertambah. Walaupun begitu, kompetisi bisnisnya juga tidak sedikit. Maka dari itu, pelaku bisnis di bidang ini butuh mempelajari strategi bisnis F&B untuk menghadapi banyaknya pesaing.

Lalu apa saja yang harus menjadi fokus utama para pebisnis F&B untuk menghadapi persaingan dengan para kompetitor? Simak ulasan lengkapnya dalam penjelasan di bawah ini!

Buat Promo Menarik di Hari Spesial

Pertama, agar para pelanggan terus menerus ingin kembali berkunjung, bisnis F&B yang dijalankan harus sering-sering menawarkan promo dan diskon. Salah satu cara yang sering dilakukan para marketer F&B adalah dengan membuat editorial plan untuk mengisi hari-hari besar dengan promo besar-besaran.

Pastikan informasi tentang promo hari besar seperti, promo kemerdekaan, promo hari raya, hari valentine, dan lainnya diposting di semua sosial media yang dimiliki oleh perusahaan, agar para pelanggan bisa berbondong-bondong menikmatinya.

Bekerjasama dengan Food Vlogger

Kedua, untuk menarik atensi publik yang berada di luar jangkauan perusahaan, bisnis di bidang ini juga butuh strategi lain seperti bekerja sama dengan food vlogger. 

Apabila usahanya masih relatif kecil dan target marketnya baru skala daerah, tidak ada salahnya untuk melakukan kerja sama dengan influencer lokal yang memiliki cukup banyak followers. Cara ini banyak dilakukan bisnis F&B besar dan terbukti sukses menggaet pelanggan baru dalam tempo waktu yang singkat.

Menyediakan Layanan Delivery dan Take Away

Ketiga, untuk memberikan pelayanan maksimal bagi para pelanggan. Sediakan layanan delivery order dan pilihan untuk take away. Walaupun terlihat sederhana, strategi ini terbukti bisa meningkatkan penjualan. 

Selain delivery dan take away, bisnis F&B juga bisa didaftarkan di beberapa penyedia layanan antar pesan makanan. Selain tidak mengeluarkan biaya untuk kurir, cara ini dinilai lebih efisien dan menguntungkan.

Terlibat dengan Trend Kekinian

Keempat, bisnis F&B juga harus mengikuti perkembangan zaman sekarang. Apabila saat ini sedang marak-maraknya pembuatan konten di Instagram atau Tiktok, maka tidak ada salahnya untuk mendukung strategi bisnis F&B untuk terlibat dengan trend kekinian.

Buatlah konten yang unik, kreatif, dan orisinil sehingga bisa menarik perhatian banyak orang, jangan lupa untuk menyisipkan promosi produk yang dijual perusahaan.   

Digitalisasi Bisnis dengan membuat Website Perusahaan 

Terakhir, agar bisnis F&B semakin sukses dan berkembang, jangan lupa untuk melakukan digitalisasi bisnis dengan membuat website perusahaan. Selain sosial media, perusahaan F&B butuh website agar terkesan lebih profesional dan eksklusif. 

Karts.id menyediakan layanan pembuatan Karts Webstore untuk mendukung bisnis F&B agar bisa lebih sukses dan berkembang di era yang semuanya serba digital.

Bisnis F&B yang dijalankan bisa dikenal lebih luas dengan adanya website. Selain itu jangkauan pelanggannya tidak terbatas, dan menyediakan template jenis usaha yang beragam.

Nah itu dia informasi lengkap tentang strategi bisnis F&B untuk menghadapi banyaknya pesaing, dari mulai membuat promo di hari-hari spesial, bekerja sama dengan food vlogger, menyediakan layanan delivery dan take away, mengikuti trend kekinian, hingga melakukan digitalisasi bisnis. 

Semoga informasi tersebut bisa membantu para pebisnis untuk menyiapkan strategi-strategi terbaik menghadapi para kompetitor. 

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.