HomeEntrepreneurUrgensi Transformasi Digital bagi UMKM untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis
Urgensi Transformasi Digital bagi UMKM untuk Meningkatkan Pertumbuhan BisnisBy: Elavigne - 10 Okt 2024
transformasi digital umkm

Urgensi Transformasi Digital bagi UMKM untuk Meningkatkan Pertumbuhan Bisnis

Transformasi digital UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) adalah upaya untuk mengubah cara pemasaran dan penjualan produk atau jasa dengan memanfaatkan teknologi digital. Dalam konteks ini, pentingnya aplikasi kasir murah untuk UMKM semakin terasa sebagai salah satu solusi untuk membantu bisnis bangkit dari dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Mengutip dari Katadata pada Mei 2020, sekitar 94,69% UMKM mengalami penurunan drastis dalam omset penjualannya, terutama di sektor food and beverage serta pengolahan. Kondisi ini berdampak signifikan pada perekonomian Indonesia, yang ditandai oleh meningkatnya jumlah pengangguran, terutama di kalangan generasi Z. Untuk menghadapi tantangan ini, UMKM dapat memanfaatkan aplikasi kasir yang terjangkau. Dalam hal ini, penting untuk mengikuti tips memilih aplikasi kasir online gratis yang sesuai, sehingga mereka dapat mengelola transaksi dengan lebih efisien, memonitor penjualan secara real-time, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Dengan langkah-langkah ini, UMKM akan lebih mudah beradaptasi dan berkembang di era digital.

Perlu diketahui bahwa jumlah UMKM yang terdata di Indonesia menurut laman Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini adalah 27 juta (yang telah mengadopsi teknologi digital) dan ditargetkan mencapai 30 juta UMKM pada tahun 2024.

Selain itu, sebelum pandemi, UMKM menyumbang 8.573,9 triliun pada PDB. Jumlah penyerapan tenaga kerja melalui UMKM pun baru mencapai 117 juta pekerja, atau 97% dari total tenaga kerja yang ada. Dalam konteks ini, pentingnya UMKM mengadopsi platform digital semakin jelas, karena platform tersebut tidak hanya membantu meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga memperluas jangkauan pasar dan memperkuat daya saing di era digital yang terus berkembang.

 

Dengan kondisi penurunan penjualan, pemilik bisnis UMKM harus memiliki strategi agar usahanya tetap bisa bertahan, salah satunya dengan melakukan transformasi digital untuk memasarkan produk atau jasanya. Terlebih lagi, kebiasaan belanja yang sebelumnya dilakukan secara offline kini beralih ke online, dipengaruhi oleh terus meningkatnya jumlah pengguna internet dari tahun ke tahun. Dalam hal ini, Karts ID dapat menjadi solusi yang efektif, menyediakan platform yang memungkinkan UMKM untuk mengelola transaksi dan memasarkan produk secara digital dengan lebih mudah dan efisien.

Ditambah lagi data penelitian dari Statista pada 2023 yang menunjukkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan pengguna internet terbanyak keempat di dunia, yaitu berkisar 212,9 juta. Jumlah ini terbanyak setelah China, India, dan Amerika Serikat. Di tahun 2024 diprediksi akan lebih banyak lagi jumlah pengguna internet di Indonesia. 

Melihat berbagai keuntungan dan peluang pada UMKM di Indonesia meskipun sebagian pihak merintisnya karena tidak memiliki opsi lain, akan tetapi justru keberadaan UMKM dapat dimaksimalkan melalui transformasi digital. Mengapa? Baca penjelasannya berikut ini!

Manfaat Transformasi Digital UMKM

Ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh bisnis bila menerapkan transformasi digital UMKM: 

  • Mempermudah pelaku UMKM untuk memperluas konsumen bukan hanya dari Indonesia, tapi juga luar negeri. 
  • Dengan jangkauan konsumen yang lebih besar bisa meningkatkan pendapatan bisnis.
  • Mengikuti tren yang berlaku agar bisa bersaing dengan kompetitor.
  • Bisnis bisa lebih efisien dari sisi waktu dan biaya seperti biaya administrasi, logistik, pemasaran, dan pengiriman, memudahkan monitoring aktivitas usaha.
  • Akses layanan pembayaran yang lebih beragam. Terutama QRIS
  • Memudahkan pencatatan transaksi penjualan.
  • Transformasi digital UMKM membantu mengurangi risiko human error dan kecurangan yang dilakukan internal. Hal ini karena semua sistem sudah dilakukan secara komputerisasi dan terintegrasi. 

Seperti yang disebutkan pada bagian manfaat di atas, transformasi digital memberikan berbagai akses layanan pembayaran yang lebih beragam, sehingga memudahkan konsumen untuk melakukan pembayaran. Dengan menggunakanKarts ID, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke ATM untuk membayar tagihan pembelian. Cukup andalkan aplikasi mobile banking atau e-wallet, dan segala produk atau jasa yang kamu pesan akan segera diperoleh dengan cepat dan mudah. Aplikasi kasir yang berkualitas juga memastikan transaksi berlangsung aman dan efisien.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.