Dalam membangun brand identity bisnis, pelaku usaha harus mempertimbangkan banyak hal mencakup visi, misi, dan tujuan bisnis dalam satu merek dagang yang tepat. Untuk itu, para pebisnis perlu mengetahui elemen brand identity yang beragam.
Berikut ini akan dijelaskan tentang 10 elemen brand identity yang wajib diketahui oleh para pebisnis!
Elemen pertama brand identity adalah logo yang unik. Dengan menampilkan logo yang unik dan membekas di benak konsumen, akan berpengaruh besar pada sebuah merek dagang. Karena kebanyakan orang pada umumnya mengenali sebuah produk atau perusahaan dari logo yang diperkenalkan.
Selain logo, elemen brand identity yang sangat penting selanjutnya adalah bentuk yang menarik. Yang dimaksud bentuk menarik ini tidak terbatas dari penampilan logo saja, tetapi juga pada cara penyajian, desain media sosial, desain website, dan lainnya.
Untuk mendapatkan desain website yang menarik, pebisnis bisa menggunakan layanan pembuatan website perusahaan Karts Webstore, yang menyediakan desain beragam yang sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan perusahaan, dari mulai restoran, kedai kopi, hingga laundry.
Elemen selanjutnya adalah segi bahasa yang digunakan, lebih baik menggunakan bahasa yang relevan yang sesuai dengan identitas bisnis yang digeluti. Bahasa antara bisnis barang-barang mewah jelas berbeda dengan bahasa marketing yang digunakan oleh bisnis yang target marketnya orang-orang menengah cara ekonomi.
Warna juga menempati poin yang menjadi elemen penting bagi brand identity. Gunakan warna yang sesuai dengan bisnis, kekuatan warna itu bisa didapatkan dengan warna yang lembut atau mencolok sesuai bisnis yang dikenalkan.
Elemen itu umumnya bisa dilihat dalam dokumen penting perusahaan, misalnya seperti email atau dokumen surat menyurat. Template yang profesional ini akan menggambarkan perusahaan memiliki brand identity yang baik.
Konsistensi ini berlaku pada setiap hal yang berhubungan dengan bisnis, harus ada hubungan yang selaras antara merek, logo, warna, bahasa, template, dan kualitas perusahaan secara keseluruhan.
Elemen brand identity yang jarang terlupakan namun penting adalah pedoman pada dokumen yang berisi tujuan perusahaan. Keselarasan dan konsistensi dari hal ini seharusnya tetap dipertahankan oleh pemilik bisnis.
Selain konsistensi, fleksibilitas juga sangat penting bagi brand identity, dengan adanya fleksibilitas bisnis bisa berkembang ke arah lebih baik baik dengan menyesuaikan strategi promosi, slogan, hingga modernisasi bisnis sesuai dengan arah perkembangan zaman.
Dalam brand identity ada elemen lain yang sangat penting namun sering dikesampingkan para pebisnis, yaitu emosi perusahaan dan konsumen yang seharusnya bisa terkoneksi.
Brand identity yang kuat akan mampu membangun hubungan emosional kedua pihak yang saling menguntungkan tersebut.
Elemen brand identity terakhir yang wajib diketahui oleh pebisnis untuk mendukung kekuatan merek dagangnya adalah promosi yang gencar.
Saat ini sudah banyak pilihan strategi promosi yang beragam, dari mulai menggunakan media iklan hingga media online yang biayanya terjangkau.
Brand yang gemar dan gencar melakukan promosi setidaknya akan lebih dikenal oleh publik sehingga produk-produk yang dipromosikannya berkesempatan menjangkau calon konsumen yang lebih banyak dibandingkan dengan bisnis yang hanya melakukan promosi tipis-tipis saja. Oleh sebab itu, promosi merupakan elemen brand identity yang sangat penting.
Nah, itu dia ulasan lengkap tentang 10 elemen brand identity yang wajib diketahui oleh para pebisnis. Semoga informasi tersebut bermanfaat!