HomeBusiness10 Istilah dalam Jual Beli Online yang Wajib Diketahui
10 Istilah dalam Jual Beli Online yang Wajib DiketahuiBy: Elavigne - 1 Mar 2023

Saat ingin menjalankan bisnis jual beli online, kamu harus mengerti istilah-istilah dalam jual beli online yang mungkin masih asing di telinga. Pengetahuan dasar ini harus dipahami karena menyangkut kelancaran berbisnis dan bagaimana membangun hubungan harmonis dengan para konsumen.

Istilah-istilah dalam jual beli online memang tidak semuanya memakai kosa kata baru, sebagian juga merupakan kata serapan atau singkatan dari istilah panjang yang disederhanakan.

Nah, untuk mempermudah mengenali istilah dalam jual beli online. Berikut akan dirangkum beberapa istilah yang bisa kamu gunakan dalam proses jual beli dengan para konsumen. 

Daftar Istilah dalam Jual Beli Online

Pelajari istilah dalam jual beli online di bawah ini untuk menunjang komunikasi dengan konsumen!

1. Dropship

Dropship merupakan salah satu model bisnis, biasanya dropship identik dengan pihak ketiga yang menjual produk dari perusahaan yang memproduksinya. Jadi dropship adalah perantara yang menghubungkan penjual dengan pembeli, mereka bisa mendapatkan keuntungan tanpa perlu menyetok produk yang akan dijual. 

2. Reseller

Istilah ini pasti sudah sering didengar. Reseller merupakan alih bahasa dari Bahasa Inggris yang berarti pengecer. Jadi pada dasarnya reseller adalah pihak yang membeli produk dengan jumlah banyak kemudian dijual lagi kepada para konsumen dengan mengambil sejumlah keuntungan. 

3. Cash on Delivery (COD)

Cash on Delivery merupakan kepanjangan dari COD, istilah ini mengarah pada sistem pembayaran yang akan dilakukan secara tunai pada saat barang yang dibeli konsumen sudah diantarkan dan diterima. 

4. Rekber

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama. Biasanya istilah ini mengarah pada pemakaian rekening bersama-sama dengan pihak ketiga untuk menyimpan uang hingga pembeli menerima barang dari penjual. Hal ini dilakukan untuk menjaga keamanan agar uang tidak hilang jika barang yang dibeli belum juga datang. 

5. Sold Out

Sold out adalah istilah dalam jual beli online yang sudah sangat familiar, istilah ini dipakai saat seorang penjual memberikan keterangan kepada pembeli bahwa barang yang ditawarkannya sudah habis terjual. 

6. BNIB atau BNOB

BNIB adalah akronim dari Brand New in Box yang berarti barang yang akan dijual dalam kondisi masih baru di dalam box. Sedangkan BNOB merupakan singkatan dari Brand New Open Box yang artinya kondisi barang masih baru namun dijual tanpa box. 

7. Mint Condition atau Like New

Mint Condition atau Like New adalah istilah dalam jual beli online yang merupakan serapan dari istilah asing yang artinya barang yang akan dijual masih dalam kondisi yang sangat baik. 

8. Ongkir

Dalam sistem jual beli online, istilah ongkir mungkin sudah tidak asing lagi, ongkir adalah kepanjangan dari ongkos kirim yang mengacu pada biaya tambahan yang harus dibayar untuk membayar jasa pengiriman. 

9. DM atau PM

DM adalah kepanjangan dari Direct Message sedangkan PM adalah Personal Message. Keduanya memiliki artian yang mengarah pada jalur komunikasi privat yang bisa diakses oleh konsumen dengan mengirim pesan secara personal kepada penjual. 

10. Out of Stock 

Out of Stock adalah istilah kebalikan dari ready stock yang menjelaskan bahwa ketersediaan barang yang ada di tangan penjual sedang kosong, jadi pembeli harus menunggu hingga barang tersedia apabila ingin mendapatkan barang tersebut. 

Nah, itu dia 10 istilah dalam jual beli online yang wajib kamu ketahui. Jika sudah memahaminya berarti kamu sudah bisa membuka bisnis jual beli online. Kamu tidak perlu khawatir jika belum memiliki website perusahaan. 

Karena saat ini sangat mudah untuk membuat website perusahaan, kamu hanya perlu mencoba layanan Karts Webstore untuk mendapatkan website perusahaan yang sesuai dengan bisnis online yang dijalankan.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.