HomeBusiness5 Ide Bisnis di Bulan Ramadhan
5 Ide Bisnis di Bulan RamadhanBy: Elavigne - 29 Mar 2023

Memasuki bulan suci ramadhan biasanya muncul bisnis musiman yang omsetnya naik drastis, bagi sebagian besar orang, khususnya di Indonesia kebutuhan di bulan puasa akan bertambah banyak seiring dengan kebudayaan dan kebiasaan keluarga masing-masing.

Untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan di Bulan Ramadhan, banyak pebisnis yang bisa membaca peluang untuk meraup keuntungan sebagai bagian dari berkah bulan puasa. 

Dan berikut ini adalah contoh dari 5 ide bisnis di Bulan Ramadhan yang patut dicoba karena bisa dipastikan akan mendatangkan keuntungan yang berlipat-lipat? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

1. Hidangan Berbuka Puasa

Pertama, kamu bisa mencoba bisnis menjual hidangan untuk berbuka puasa. Ide ini bisa diterapkan dalam skala kecil ala penjual takjil di pinggir jalan atau menjual makanan berat untuk memenuhi melonjaknya kebutuhan tempat makan untuk kegiatan berbuka bersama.

Bisnis ini bisa dipastikan bisa mendatangkan keuntungan yang sangat besar, belum lagi jika dilihat dari segi waktu, pebisnis hanya perlu meluangkan waktu untuk menjual hidangan berbuka puasa dalam jangka waktu yang relatif singkat, yaitu waktu berbuka puasa. 

2. Perlengkapan Ibadah

Kedua, saat bulan puasa tiba kamu juga bisa berbisnis dengan menjual perlengkapan ibadah. Misalnya seperti mukenah, sarung, sajadah, dan lainnya. Ide bisnis ini akan sangat menguntungkan dan berpeluang besar peminatnya melonjak drastis.

Karena pada dasarnya, Bulan Ramadhan bukan hanya diisi dengan ibadah puasa, umat muslim juga melaksanakan shalat sunnah tarawih berjamaah di mushola atau masjid setiap malam selama satu bulan penuh. Sebagian menyukai perlengkapan ibadah yang baru dan tampil lebih kekinian dalam setiap kesempatan ramadhan setiap tahunnya. 

3. Frozen Food

Ketiga, ide bisnis yang juga sangat cocok dijalankan saat bulan puasa adalah berjualan frozen food. Selain kebutuhan makanan berbuka yang didominasi dengan makanan manis, sirup yang segar, dan makanan berat yang mengenyangkan. Sebagian orang juga membutuhkan frozen food yang sering dimakan pada saat sahur.

Banyak orang memilih frozen food untuk hidangan sahur karena bisa diolah secara sederhana dan lebih praktis, karena biasanya saat sahur orang cenderung lebih menyukai makanan yang ringan-ringan saja.

4. Busana Muslim

Keempat, sebagai pebisnis yang pintar membaca peluang usaha kamu pasti sudah bisa meramalkan bahwa di Bulan Ramadhan, kebutuhan akan busana muslim bisa melonjak sangat tinggi. Pada umumnya, konsumen akan membeli busana muslim untuk persiapan lebaran nanti.

Jadi tidak ada salahnya juga untuk membuka usaha menjual baju-baju muslim, lengkapi variannya untuk semua anggota keluarga, dari mulai ayah, ibu, hingga anak-anak. Karena setiap lebaran umat muslim pasti akan mempersiapkan diri dengan mempersiapkan baju lebaran. 

5. Hampers Lebaran 

Terakhir, kamu juga bisa mencoba peluang usaha yang paling menjanjikan di Bulan Ramadhan yaitu bisnis hampers lebaran. Saat mendekati hari raya akan banyak permintaan pembuatan hampers lengkap dengan isinya.

Kamu yang memiliki keterampilan menghias dan mempunyai jiwa seni bisa mencoba bisnis ini. Keuntungan dari menjual hampers bisa berlipat-lipat selama masa bulan puasa, karena selain melonjaknya permintaan kamu juga bisa mendapatkan untung dari jasa membuat hampers sekaligus melakukan mark up harga dari produk-produk yang menjadi isian hampers tersebut.

Nah, untuk menjual hampers lebaran, yang kamu butuhkan adalah foto produk yang unik agar konsumen bisa tertarik dengan produk yang kamu tawarkan.

Agar lebih tampak profesional, kamu bisa membuat etalase online dan menawarkan varian hampers yang disertai detail harga dan isiannya masing-masing. Kamu bisa menampilkan produk ini dalam website agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, misalnya dengan Karts Webstore yang bisa mendukung segala jenis usaha, salah satunya toko untuk menjual hampers lebaran.

Nah, itu dia informasi tentang 5 ide bisnis di Bulan Ramadhan. Semoga ulasan tersebut bisa menjadi inspirasi untuk pebisnis yang akan menjalankan usaha di bulan penuh berkah ini.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.