HomeBusinessPentingnya Mengelola Faktur Penjualan dalam Bisnis
Pentingnya Mengelola Faktur Penjualan dalam BisnisBy: Elavigne - 25 Mar 2023

Dalam sebuah bisnis akan ada transaksi yang selalu berputar berulang-ulang setiap harinya, yaitu transaksi pembelian dan penjualan. Untuk mencatat transaksi penjualan perusahaan perlu mengeluarkan nota yang diberikan kepada konsumen yang saat ini lebih akrab disebut sebagai faktur penjualan. 

Berikut akan dijelaskan apa itu faktur penjualan dan pentingnya mengelola faktur penjualan dalam bisnis. 

Apa itu Faktur Penjualan?

Faktur penjualan merupakan dokumen komersial yang legal sebagai bukti pencatatan transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual. Dalam bahasa inggris faktur penjualan sering dikenal sebagai sales invoice.

Pentingnya Mengelola Faktur Penjualan

Setiap bisnis akan berjalan lebih maksimal jika segala sistem usahanya dikelola dengan optimal, hal tersebut yang mendasari bahwa faktur penjualan sangat penting untuk dikelola. Lalu bagaimana cara? 

Cari tahu dalam uraian di bawah ini!

Sebagai Bukti Transaksi

Manfaat utama dari faktur penjualan adalah sebagai bukti transaksi bisnis yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Maka, dengan dikeluarkannya faktur penjualan oleh produsen semua pihak yang melakukan transaksi bisa memiliki catatan transaksi yang telah dilakukan. 

Bukti transaksi ini sangat berguna untuk penjual sebagai rekam pemasukan kas, dan sebaliknya sebagai catatan pengeluaran yang dimiliki oleh konsumen. 

Bahan Pembukuan yang Akurat

Faktur penjualan yang dikeluarkan oleh penjual akan terekam sebagai pemasukan, dengan adanya pencatatan transaksi penjualan maka perusahaan memiliki bahan pembukuan yang akurat sesuai dengan transaksi yang terjadi setiap hari dalam proses berjalannya bisnis. Faktur penjualan ini nanti bisa diolah sebagai bahan pembuatan laporan keuangan. 

Sebagai Alat Manajemen Persediaan

Apabila bisnis yang dijalankan oleh perusahaan menjual produk-produk fisik kepada para konsumen, maka faktur penjualan bisa digunakan sebagai alat untuk mengelola manajemen persediaan. Dengan adanya faktur penjualan akan diketahui ada atau tidaknya persediaan untuk memenuhi pesanan dari pelanggan. 

Berdasarkan data sebelumnya yang tercatat dalam faktur penjualan, perusahaan bisa mengetahui jumlah produk yang dibutuhkan oleh konsumen. Jadi faktur penjualan bisa dipakai juga sebagai alat untuk merencanakan kuantitas produksi yang bisa memenuhi kebutuhan para pelanggan. 

Bukti Saat Pelaporan Pajak

Faktur penjualan merupakan bukti sah transaksi yang dilakukan oleh penjual dan pembeli, yang didalamnya mencakup tanggal, jenis barang, jumlah yang harus dibayarkan, serta cap resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Artinya, faktur penjualan sifatnya legal di mata hukum.

Faktur penjualan ini juga bisa digunakan sebagai dokumentasi resmi yang bisa dipakai untuk memverifikasi klaim saat ingin membuat laporan pajak.

Maka dari itu Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) sangat merekomendasikan setiap perusahaan untuk mengeluarkan faktur penjualan untuk mempermudah proses penyelesaian pajak perusahaan.  

Nah, bagi perusahaan yang ingin lebih praktis dalam mengelola faktur penjualan, POS Karts menawarkan cara mudah untuk mengelola keuangan perusahaan dengan hanya menggunakan satu aplikasi kasir yang bisa menghubungkan semua transaksi bisnis dengan laporan keuangan yang bisa dihasilkan secara otomatis.

Di zaman yang semuanya serba digital ini sudah saatnya untuk mengupgrade tata kelola bisnis yang lebih mudah, praktis, dan modern, salah satunya dengan menggunakan aplikasi kasir online yang bisa menghasilkan faktur penjualan secara otomatis.

Nah, itu dia uraian lengkap tentang apa itu faktur penjualan dan pentingnya mengelola faktur penjualan dalam bisnis, yaitu sebagai bukti transaksi, bahan pembukuan yang akurat, alat manajemen persediaan, dan juga bukti saat pelaporan pajak.  

Sebagai pelaku usaha tentunya harus paham tentang masalah menyangkut pentingnya pengelolaan faktur penjualan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.