HomeTips & Trick5 Jenis Metode Pembayaran Online yang Paling Diminati
5 Jenis Metode Pembayaran Online yang Paling DiminatiBy: Elavigne - 14 Mei 2023

Pada tahun 2021, menurut catatan Kementerian Keuangan transaksi online yang terjadi di Indonesia mencapai USD 70 Miliar. Peningkatan ini berkaitan erat dengan tersedianya jenis-jenis metode pembayaran online yang semakin beragam.

Banyaknya metode pembayaran online memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang cash.

Berikut ini adalah lima jenis metode pembayaran online yang paling diminati dan menjadi favorit banyak orang!

1. Virtual Account

Virtual account merupakan rekening buatan yang tidak benar-benar ada, pembayaran dengan sistem ini biasanya dengan menggunakan virtual number atau nomor ID pelanggan, biasanya virtual account berisi nomor unik.

Virtual account banyak disukai oleh para konsumen karena dinilai praktis tanpa perlu mendaftarkan nomor rekening tujuan pengirim. 

Bagi produsen, virtual account juga dinilai sangat membantu semua transaksi pembayaran online dari konsumen karena datanya sudah terinput otomatis tanpa perlu repot lagi untuk memvalidasi data konsumen. 

2. QRIS

Pada awal tahun 2020, Bank Indonesia (BI) mewajibkan semua penyedia layanan non tunai memakai QRIS atau “Quick Response QR Code Indonesian Standard”.

QRIS adalah penghubung para pemilik bisnis yang memiliki beberapa metode pembayaran online menjadi satu QR Code yang sama sehingga lebih praktis digunakan.

QRIS bisa digunakan dengan cara melakukan scan pada QR Code secara langsung atau mengunggahnya pada sistem. Cara ini dianggap sebagai transformasi pembayaran online yang sangar progresif. 

Saat ini banyak pemilik bisnis yang menggunakan metode pembayaran online karena cepat dan praktis, semua bisnis bisa menggunakan QRIS dan menghubungkannya langsung dengan sistem pengelolaan usaha atau kasir online yang tersedia.

Apabila perusahaan belum memiliki kasir online, Karts POS bisa menjadi rekomendasi terbaik, karena selain dilengkapi banyak fitur pendukung dan mudah digunakan, aplikasi kasir ini juga bisa terhubung langsung dengan metode pembayaran online seperti QRIS dan lainnya.  

3. E-Wallet

Dompet digital atau lebih dikenal dengan E-Wallet merupakan tempat menyimpan uang dalam bentuk digital yang bisa digunakan untuk transaksi pembayaran tanpa uang tunai (Cashless). 

E-Wallet sangat cocok digunakan saat ini karena sangat mendukung kemudahan untuk transaksi online, seperti memesan makanan, ojek online, menonton bioskop, atau berbelanja. 

Konsumen diuntungkan dengan kepraktisan dan kemudahan transaksinya. Saat ini sudah banyak E-Wallet yang sangat populer di Indonesia, seperti Dana, OVO, LinkAja, Gopay, atau ShopeePay. 

4. Kartu Kredit

Walaupun termasuk metode pembayaran yang sudah cukup lama ada, namun kepopuleran kartu kredit masih banyak digemari oleh konsumen yang ingin melakukan transaksi pembayaran tanpa mengeluarkan uang tunai. 

Konsumen bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan melakukan transaksi pembayaran melalui kartu kredit, seperti bisa dibayar dalam tempo waktu tertentu, mencicil, atau tenor kredit sesuai keinginan, belum lagi banyak promo menarik untuk pengguna kartu kredit. 

5. Pembayaran Lewat Gerai Ritel

Metode pembayaran selanjutnya yang juga digemari oleh para konsumen adalah pembayaran melalui gerai ritel. Istilah ini mengacu pada pembayaran para konsumen yang dilakukan memakai uang tunai di toko-toko ritel seperti minimarket atau swalayan.

Kelebihan dari pembayaran lewat gerai ritel adalah selain transaksinya lebih praktis dan cepat, saat belanja online juga tidak perlu melakukan transfer melalui internet banking atau dompet digital lainnya, hal ini sangat membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan dalam penggunaan sistem pembayaran online melalui smartphone.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang lima jenis metode pembayaran online yang paling diminati, semoga informasi yang sudah dijelaskan di atas bisa bermanfaat!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.