HomeBusinessPentingnya HR Analytics untuk Keperluan Perusahaan
Pentingnya HR Analytics untuk Keperluan PerusahaanBy: Elavigne - 16 Mei 2023

Data merupakan elemen penting dalam sistem kelola perusahaan atau bisnis, berlaku juga bagi analisis mengenai sumber daya manusia, maka dari itu lahirlah HR Analytics yang bisa menampilkan tren historis, kelompok informasi, dan data numerik lainnya yang nantinya bisa dipakai untuk mengembangkan pengelolaan sumber daya agar lebih baik. 

Berikut ini akan dijelaskan apa pentingnya HR Analytics untuk keperluan memajukan bisnis perusahaan!

Apa itu HR Analytics?

HR Analytics merupakan ilmu yang mempelajari mengenai sumber daya manusia atau para pekerja dan hubungannya terhadap kinerja bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Bisnis yang baik, biasanya menggunakan HR Analytics untuk menimbang segala hal yang berhubungan dengan opsi pengambilan keputusan yang tepat bagi perusahaan. 

HR Analytics bisa berguna untuk pembuatan keputusan personalia, restrukturisasi kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh pemangku kepentingan dalam bisnis, dan pilihan keputusan berbasis data historis yang memiliki keunggulan bisa menghasilkan keputusan yang terukur dan tepat sasaran.

Jenis-Jenis HR Analytics

Ada empat jenis HR Analytics yang perlu diketahui oleh para pengusaha yang nantinya bisa digunakan untuk bahan pertimbangan proses pengelolaan sumber daya manusia yang lebih baik dan optimal.

  • Pelaporan Operasional

Pelaporan operasional meliputi peristiwa-peristiwa historis yang dijadikan acuan sehingga mempengaruhi kebijakan bisnis saat ini. Data ini bisa berupa informasi tentang personalia, produksi, budaya perusahaan, hingga aspek-aspek sumber daya manusia lainnya yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk perkembangan bisnis. 

  • Pelaporan Lanjutan

Pelaporan lanjutan berisi mengenai hubungan antara variabel tertentu yang berguna untuk penentuan pertimbangan tindakan yang akan diambil oleh perusahaan. Pelaporan lanjutan akan bermanfaat untuk identifikasi trend baru yang sedang berkembang dan mengatasi tantangan trend terdahulu dengan sekumpulan data-data baru. 

  • Analisis Strategis

Analisis strategis merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk menganalisa sumber daya manusia strategis yang bisa membantu perusahaan atau bisnis mengembangkan langkah usaha yang lebih baik dengan banyaknya tantangan baru. 

  • Analisis Prediktif

Analisis prediktif merupakan tingkat paling maju dari HR Analytics, karena selain bisa memberikan hasil yang sangat bermanfaat juga bisa mengurangi biaya dan alokasi waktu untuk tantangan sumber daya manusia yang umum.

Analisis ini menggunakan trend historis untuk membuat sekumpulan prediksi di masa depan kemudian menciptakan beragam strategi bisnis yang paling sesuai. 

Pentingnya HR Analytics untuk Perusahaan 

HR analytics memiliki banyak manfaat dan fungsi untuk perusahaan. Apa saja? Berikut adalah beberapa diantaranya!

  • HR analytics bisa mengurangi tingkat turnover karyawan. 

  • Bisa membantu bagian personalia untuk mendapatkan kandidat karyawan yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan, berkualitas, dan bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan perusahaan. 

  • Bisa meningkatkan produktivitas kinerja para pekerja di semua departemen bisnis.

  • Bisa membantu dan turut andil dalam pembuatan langkah atau strategi bisnis yang akan dijalankan oleh perusahaan. 

Setelah mengetahui pentingnya HR analytics untuk keperluan memajukan bisnis perusahaan, pelaku usaha juga harus menyadari bahwa dalam pengelolaan bisnis semua data harus dikelola dengan baik dan terstruktur, bukan hanya data tentang tenaga kerja tetapi juga meliputi data tentang transaksi bisnis secara keseluruhan.

Saat ini, sudah ada aplikasi pengelolaan bisnis yang mudah digunakan, cepat, dan memiliki banyak keunggulan, yaitu Karts POS yang tidak hanya bisa membantu pengelolaan bisnis perusahaan, tetapi juga mampu meningkatkan bisnis agar lebih terstruktur dan transparan baik itu transaksi keuangan, laporan, hingga laporan karyawan.  

Nah, itu dia informasi penting tentang pentingnya HR analytics untuk perusahaan, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.