HomeBrandingBrand Experience yang Memukau: Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang tak Terlupakan
Brand Experience yang Memukau: Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang tak TerlupakanBy: Elavigne - 15 Jul 2023

Selain pertimbangan kualitas produk dan harga, faktor apa yang membuat para pelanggan tetap loyal menggunakan satu produk secara terus-menerus? Jawabannya adalah brand experience. 

Pengalaman unik yang dialami oleh pelanggan saat mengkonsumsi sebuah produk, bisa menjadi salah satu faktor yang membuat mereka terikat dan tidak mudah berpaling kepada produk lain. Berdasarkan hal tersebut, para pelaku bisnis harus menyadari bahwa sangat penting untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan agar penjualan tetap stabil dan selalu unggul di pasaran.

Apa itu Brand Experience?

Sebelum lebih jauh mempelajari tentang bagaimana menciptakan pelanggan loyal melalui brand experience, tidak ada salahnya untuk mengetahui definisi brand experience itu sendiri. 

Brand experience merupakan pengalaman-pengalaman unik dan menarik yang dirasakan oleh pelanggan ketika mengkonsumsi sebuah produk, baik barang ataupun jasa. Pengalaman tersebut kemudian menciptakan ingatan yang tidak terlupakan dan tanpa sadar membuat kesan tersendiri tentang brand dan produk di pikiran dan hati pelanggan. 

Contoh Brand Experience yang Sukses Mengikat Pelanggan

Brand experience tersebut biasanya diciptakan dengan mengikat perasaan emosional pelanggan dengan produk yang dipasarkan oleh perusahaan. Ada beberapa contoh keberhasilan brand experience dalam mengikat para pelanggan setianya, seperti strategi pemasaran Sirup Marjan dan delivery order dari Pizza Hut yang terus digemari para pelanggannya hingga kini. 

Contoh paling nyata dari bagaimana brand experience bisa mengikat emosional pelanggan melalui produk adalah pada iklan Sirup Marjan, ketika iklan tersebut sudah banyak diputar di televisi artinya suasana ramadhan semakin dekat. Secara tidak sadar, masyarakat Indonesia akan terikat dengan pengalaman sentimentil tersebut dan segera membeli produk Sirup Marjan untuk menyambut Bulan Ramadhan. 

Contoh lain adalah layanan pesan antar Pizza Hut Delivery (PHD) yang masih terus digemari pelanggan hingga saat ini. PHD merupakan salah satu brand pelopor layanan delivery order melalui website. Saat ingin membeli Pizza, pelanggan akan langsung teringat dan membuka website PHD dan langsung memesannya langsung.

Dari hal tersebut, dapat diketahui bahwa website juga bisa menjadi faktor terciptanya brand experience untuk para pelanggan. Mereka menganggap dengan website bisa memudahkan mereka menikmati produk melalui layanan yang lebih simpel.

Bagi perusahaan yang belum memiliki website, kini saatnya memanfaatkan Karts Webstore untuk meningkatkan brand experience. Perusahaan bisa membuat dan mendapatkan website impiannya dengan tampilan yang menarik dan harga yang terjangkau. Selain meningkatkan kemudahan pelayanan pembelian, website juga bisa membuat brand terlihat lebih profesional.   

Bagaimana Brand Experience Mampu Menciptakan Pelanggan yang Loyal 

Dalam proses berjalannya bisnis, brand experience bisa dijadikan sebagai salah satu strategi marketing untuk mengikat pelanggan agar terus menerus mengkonsumsi produk yang ditawarkan perusahaan. 

Pengalaman tersebut dibangun dari perasaan-perasaan para pelanggan yang merasa bersuka cita mengkonsumsi sebuah produk tanpa tendensi harga murah ataupun promo dan diskon. Jadi, perasaan tersebut murni karena pelanggan merasa puas akan produk yang ditawarkan perusahaan dan tidak ingin berpaling ke produk dari brand lain walaupun harganya lebih murah.

Jadi pelanggan akan tetap melakukan pembelian ulang atau repurchase meskipun banyak perusahaan lain menawarkan produk serupa dengan harga lebih rendah. Dari hal itulah kekuatan brand experience terlihat sangat kuat untuk menciptakan pelanggan yang loyal.

Nah, itu dia informasi lengkap tentang pentingnya menciptakan brand experience yang memukau untuk mengikat pelanggan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.