HomeBusinessManfaat yang Nyata: Bagaimana Website Membantu Meningkatkan Keberhasilan UMKM
Manfaat yang Nyata: Bagaimana Website Membantu Meningkatkan Keberhasilan UMKMBy: Elavigne - 13 Jul 2023

Di Indonesia, pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) terus berkembang dan tidak pernah surut pertumbuhannya. Bisa dibilang bahwa UMKM merupakan sektor bisnis yang cukup stabil. Salah satu faktor keberhasilan UMKM ditopang oleh kesadaran para pelaku bisnisnya untuk terus mengoptimalkan usaha dengan memanfaatkan platform digital, khususnya penggunaan website. 

Website memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan keberhasilan UMKM, bukan hanya dalam hal menunjukkan eksistensi usaha dalam cakupan online, website juga memiliki manfaat nyata bisa memasarkan produk-produk UMKM dalam skala yang lebih luas. 

Lalu, apa saja manfaat nyata dari penggunaan website untuk UMKM? Berikut adalah ulasan lengkapnya!

Manfaat Website untuk UMKM

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa website memiliki peran penting untuk meningkatkan keberhasilan UMKM, dan berikut ini adalah beberapa manfaat nyata dari penggunaan website. 

Meningkatkan Reputasi Bisnis dan Brand Awareness

Website bisa dijadikan media untuk memperkenalkan bisnis UMKM kepada publik secara luas, dengan bantuan internet jangkauannya bahkan bisa menembus pasar global. Hal ini bisa direpresentasikan dengan menampilkan informasi mengenai brand UMKM, produk yang dijual, testimoni pelanggan, hingga promo dan diskon apa saja yang ditawarkan sehingga bisa meningkatkan reputasi UMKM. 

Melalui website, pelaku UMKM juga bisa menempatkan positioning bisnis di mata pelanggan. Kesan apa yang ingin ditujukkan kepada publik bisa ditampilkan dalam website, misalnya reputasi bisnis yang dekat dengan budaya, produk-produk yang modern, atau bisnis dengan tujuan sosial. 

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Website juga sangat berperan penting bagi para pelaku UMKM untuk menjaring konsumen potensial yang persebarannya di luar batas teritorial toko fisik yang dimiliki oleh UMKM. Dengan menjual produk-produknya secara online, bisa dipastikan bahwa jangkauan pasar akan semakin meluas. 

Meningkatkan Penjualan

Manfaat yang paling nyata dari penggunaan website oleh UMKM adalah naiknya angka penjualan. Jika dibandingkan dengan menjual secara offline saja, penjualan online melalui website akan semakin meningkat. Bahkan, sebagian besar UMKM memiliki nilai penjualan online yang lebih tinggi karena jumlah target marketnya memiliki jangkauan yang lebih luas.

Fenomena tingginya angka penjualan online ini berhubungan erat dengan kebiasaan baru masyarakat yang lebih menyukai aktivitas berbelanja dari rumah melalui website. Mereka sangat diuntungkan karena kegiatan berbelanja semakin mudah, banjir promo, dan hemat tenaga. 

Hemat Biaya Pemasaran

Dengan memanfaatkan penjualan melalui website, toko online UMKM akan terus berjalan setiap hari selama 24 jam. Aktivitas jual-beli di website akan terus aktif secara otomatis tanpa mengeluarkan gaji untuk seorang penjaga toko. Sistem ini secara tidak langsung akan mengurangi beban biaya operasional bisnis. 

Selain meminimalisir pengeluaran untuk gaji karyawan, website juga terbukti sebagai media pemasaran yang sangat efektif dengan biaya yang rendah. Biaya pembuatan website dan biaya pengembangannya cenderung lebih murah dibandingkan membuka toko fisik, itulah sebabnya banyak UMKM memilih memulai bisnisnya secara online.

Bagi pelaku UMKM yang ingin mulai membangun website, Karts Webstore bisa menjadi pilihan paling tepat jika tidak ingin repot membuat website sendiri dari awal. Semua fitur dan kebutuhan UMKM sudah disediakan, dari mulai tampilan website yang responsif, pengelolaan transaksi dalam satu panel, serta jaminan kenyamanan dan kemudahan penggunaan. 

Nah, itu dia informasi lengkap tentang manfaat website untuk keberhasilan UMKM. Jadi tunggu apa lagi? Mulai tingkatkan keberhasilan UMKM dengan memanfaatkan penggunaan website!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.