Branding untuk bisnis baru, seringkali disepelekan oleh para pelaku bisnis karena dinilai bisa menambah anggaran operasional yang tidak sedikit. Nyatanya, banyak cara mudah melakukan branding untuk bisnis baru. Walaupun harus menambah biaya operasional produk, branding bisa meningkatkan kualitas suatu produk sehingga nilai jualnya bisa dinaikkan.
Yuk simak beberapa cara mudah melakukan branding untuk bisnis baru yang sudah dirangkum dalam pembahasan berikut ini.
Pertama, agar barang atau jasa yang kamu produksi bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli. Kamu harus memproduksi produk-produk unik yang memiliki diferensiasi dengan para pesaing.
Ada proses panjang yang harus dilewati sebelum memutuskan untuk memproduksi suatu barang atau jasa. Kamu harus bisa membaca kebutuhan konsumen, sejauh mana daya beli target market, dan keunggulan apa yang ingin ditawarkan.
Umumnya produk-produk yang unik, akan menarik perhatian para konsumen untuk membeli dan mengkonsumsinya dalam jangka waktu yang lama.
Kedua, kamu bisa melakukan branding dengan mengembangkan identitas visual dari desain logo yang menjadi branding suatu produk. Pastikan untuk membuat logo yang berkesan di benak para konsumen.
Kamu bisa memakai palet warna yang kuat untuk menunjukkan identitas brand bisnis kamu, misalnya dengan memakai dominasi warna merah, biru, hitam, atau hijau. Jangan lupa juga untuk memilih jenis font yang sesuai, misalnya untuk produk-produk yang ingin menampilkan identitas modern dan casual kamu bisa memilih jenis sans serif atau comic yang penggunaannya cocok untuk tampilan digital..
Ketiga, bisnis yang mulai merintis usahanya juga perlu menarik perhatian konsumen dengan melakukan branding melalui kemasan produk yang tidak biasa. Cara ini bisa dilakukan oleh usaha-usaha di bidang food and beverage.
Buatlah desain kemasan menarik yang mencerminkan identitas produk yang kamu jual. Misalnya, apabila bisnis kamu memproduksi makanan cepat saji atau minuman cup kekinian, kamu harus memikirkan desain tampilan produk, penempatan logo, slogan, dan banyak unsur produk lainnya. Intinya kemasan yang dibuat harus harus menampilkan keunggulan produk dan membuatnya tampak berbeda dengan produk yang ditawarkan oleh pesaing.
Terakhir, agar bisnis baru yang kamu rintis bisa lebih berkembang dan sukses. Kamu perlu melakukan branding dengan memanfaatkan kemudahan digital seperti pemasaran melalui sosial media. Misalnya mengenalkan produk dan identitas perusahaan baru melalui konten-konten yang di upload di Instagram, Facebook, atau Tiktok.
Yang perlu diperhatikan, saat ini konsumen lebih tertarik dengan konten visual, jadi ketika ingin membuat deskripsi produk, kamu bisa membuat infografis atau konten visual lain yang minim narasi.
Selain memanfaatkan kekuatan sosial media, kamu juga bisa meningkatkan branding dengan membuat website untuk menampilkan produk-produk yang kamu jual. Kabar baiknya, webstore.karts.id menawarkan produk menarik untuk bisnis-bisnis baru yang ingin go online dengan membuat toko online yang mementingkan kemudahan dan kenyamanan untuk produsen dan konsumen. Misalnya dengan menyediakan banyak metode pembayaran dan bisa dikoneksikan dengan aplikasi kasir yang dimiliki oleh perusahaan.
nah, itu dia informasi lengkap tentang bagaimana cara melakukan branding untuk produk baru. Dari mulai menawarkan produk yang unik, membuat logo yang selalu diingat oleh konsumen, membuat kemasan produk yang menarik, hingga go online dengan pemasaran melalui media sosial dan website perusahaan. Semoga informasi yang diberikan bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk pembaca.