HomeTips & TrickCara Mudah Mengetahui Target Pasar UMKM Anda!
Cara Mudah Mengetahui Target Pasar UMKM Anda!By: Elavigne - 5 Sep 2022

Bagaimana cara mengetahui target pasar UMKM? Di era sekarang hampir semua orang dari rentang usia muda hingga tua memiliki bisnis pribadi. Biasanya, bisnis yang baru saja mulai disebut sebagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM. Tentu, bagi Anda yang saat ini memiliki UMKM, menginginkan kesuksesan pada bisnis Anda. Contohnya seperti diminati banyak pembeli, memiliki banyak cabang di dalam negeri bahkan luar negeri. Itulah impian semua para pembisnis UMKM.

Namun, sebelum itu, tahukah bahwa ada satu hal penting yang wajib diperhatikan untuk mencapai kesuksesan dalam sebuah bisnis UMKM? Hal penting tersebut adalah dengan mengetahui target pasar UMKM Anda! Bukanlah hal yang mudah untuk mengetahui target pasar, pasalnya jika Anda salah menetapkan target pasar dengan produk yang dijual, kemungkinan besar akan ada beberapa risiko yang terjadi, salah satunya akan berdampak pada kerugian.

Untuk itu, bagaimana cara mengetahui target pasar UMKM Anda? Karts.id akan memberikan 5 cara mudah mengetahui target pasar UMKM!

1. Menentukan siapa konsumen Anda

Cara pertama untuk menentukan target pasar UMKM adalah Anda harus menentukan siapa konsumen Anda. Tentu nya ini berhubungan dengan produk yang sudah direncanakan. Ada 2 segmen untuk menentukan konsumen sebagai target pasar:

a. Demografi

Segmen pertama untuk menentukan konsumen adalah aspek demografi. Ini adalah aspek yang paling penting meskipun terlihat simple. Anda wajib menentukan apakah produk Anda dikhususkan untuk laki-laki atau perempuan? Lalu berkisar umur berapa?

Contohnya, Anda menjual kosmetik, tentu target konsumen Anda adalah perempuan dengan usia berkisar 18 - 30 tahun. Tentukan hal tersebut sesuai dengan ide produk yang Anda miliki.

b. Geografi

Untuk segmen geografi penentuan konsumen berdasarkan geografinya. Artinya berdasarkan lokasi dan wilayah tempat mereka tinggal. Perlu diketahui bahwa setiap lokasi memiliki kebutuhan yang berbeda. Sebagai contoh dari aspek geografi, Anda memilih konsumen yang tinggal di pedesaan, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencocokkan ide produk yang sudah di buat.

Apakah produk Anda bisa masuk ke wilayah pedesaan? Apakah bisa diterima di lokasi dan wilayah pedesaan? Jika ternyata produk Anda bisa masuk ke berbagai wilayah dan bingung akan mendirikan toko dimana, Anda bisa menggunakan Karts Webstore yang merupakan layanan toko online yang bisa menjangkau pelanggan atau target konsumen Anda lebih luas. Meskipun toko Anda berada di pedesaan, toko Anda tetap akan terjangkau dari berbagai wilayah karena menggunakan Karts Webstore.

2. Menganalisa kebutuhan konsumen atau target pasar

Cara kedua setelah mengetahui konsumen atau target pasar adalah menganalisa kebutuhan konsumen Anda tersebut. Ini adalah hal yang penting untuk kesuksesan bisnis UMKM Anda. Lalu bagaimana cara menganalisanya? Mudah!

Datanglah ke pameran produk dan pasarkan produk disana. Jika ingin lebih akurat, Lakukanlah survey ke target pasar, bisa dilakukan dimana saja sesuai dengan keputusan segmen demografi. Opsinya, bisa menggunakan kuesioner atau mewawancarai target-target konsumen. Hal itu lebih akurat karena Anda akan mendapatkan informasi dari yang berkaitan.

3. Cara mengetahui target pasar UMKM dengan melakukan evaluasi

Hal ketiga yang wajib dilakukan setelah menganalisa kebutuhan konsumen adalah melakukan evaluasi. Hal ini dilakukan untuk lebih meyakinkan lagi mengenai ketertarikan konsumen terhadap produk Anda. Jangan sampai nantinya jika bisnis UMKM Anda sudah berjalan, penentuan target konsumen ternyata salah.

Tentu hal tersebut bisa sangat merugikan bisnis Anda. Pada tahap evaluasi ini mungkin akan memakan waktu yang agak lama jika dibandingkan dengan lainnya. Namun, tidak menjadi masalah, karena ini merupakan tahapan penting sebelum melangkah ke tahap selanjutnya yakni menentukan strategi pemasaran.

4. Menentukan strategi pemasaran

Keempat, cara mengetahui target pasar UMKM adalah dengan menentukan strategi pemasaran. Perlu diketahui bahwa ada banyak strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Entah itu melalui iklan menggunakan brosur, iklan di media sosial, website/online shop, dan sebagainya.

Berdasarkan dari beberapa sumber, di era sekarang wanita sekitar umur 18 - 30 tahun memiliki ketertarikan untuk berbelanja dengan menggunakan online shop. Mengapa? karena belanja menggunakan online shop lebih praktis dan relatif lebih hemat. Hanya perlu membayarnya dari rumah dan menunggu barang datang di rumah. Dilansir dari beberapa sumber, penjualan online shop tahun 2022 ini sangat meningkat jika dibandingkan offline shop.

Itu adalah salah satu contoh strategi pemasaran yang wajib diperhatikan. Yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka online shop menggunakan layanan dari Karts Webstore. Untuk harganya pun terjangkau, Medium, Profesional dan Enterprise. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan bisnis UMKM Anda. 

Tidak berhenti disitu, untuk strategi pemasarannya, Anda bisa mempromosikannya di media sosial seperti Instagram, Tiktok dan Twitter untuk menjangkau lebih banyak lagi pembeli. Tautkan link webstore Anda di media sosial tersebut. Nantinya para calon konsumen akan langsung mengunjungi Webstore Anda melalui tautan link tersebut. 

Jika webstore Anda mengalami masalah, jangan khawatir! Karts Webstore memiliki customer service yang siap melayani 24 jam. 

5. Mengevaluasi respon pasar

Terakhir, cara mengetahui target pasar UMKM adalah dengan mengevaluasi respon pasar. Nah, pada tahap ini Anda harus mengevaluasi apakah strategi yang tadi sudah Anda terapkan menghasilkan evaluasi yang positif untuk bisnis UMKM Anda? Jika ternyata tidak, hal utama yang harus dilakukan adalah dengan mengganti strategi pemasaran. 

Menyambung dari cara keempat terkait strategi pemasaran, selain menggunakan Karts Webstore, Anda bisa juga menggunakan Karts Pos. Apa bedanya? Karts Pos merupakan layanan aplikasi kasir online yang bisa digunakan secara online dan offline. Salah satu kelebihannya adalah semua transaksi, dan laporan tercatat secara terstruktur di aplikasi ini. Tentu hal ini akan memudahkan Anda dalam mengevaluasi respon pasar, bukan?

Dengan menggunakan Karts Pos, semua pencatatan transaksi, laporan real time, dan manajemen inventory bisa dipantau. Jangan khawatir jika aplikasi tidak bisa diakses atau error, Karts memiliki layanan customer service 24 jam yang siap untuk membantu Anda para pembisnis UMKM.

Kesimpulan

Semua para pembisnis UMKM, termasuk Anda, tentu menginginkan bisnisnya sukses seperti memiliki cabang dimana-mana, dan memiliki pembeli yang banyak. Hal itu tergantung pada target pasar bisnis Anda! Ada beberapa cara mengetahui target pasar UMKM, yakni menentukan siapa konsumen Anda, menganalisa kebutuhan konsumen, melakukan evaluasi, menentukan strategi pemasaran, dan mengevaluasi respon pasar.

Nah, jadi tunggu apalagi? Ingin bisnis mu berkembang pesat dan sukses? Gunakan layanan Karts Webstore dan Karts Pos dari Karts.id. Semua kebutuhan bisnis UMKM mu akan terpenuhi di Karts.id. Menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai lokasi dan wilayah dengan menggunakan webstore/website online store dan aplikasi kasir online yang bisa digunakan secara online dan offline.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.