Front of house merupakan wilayah kerja yang berhubungan dengan penanganan berbagai fasilitas yang berkaitan langsung dengan para konsumen. Secara singkat, front of house bisa diartikan sebagai petugas hospitality dalam sebuah perusahaan.
Dalam bisnis restoran, front of house dipegang oleh beberapa jenis pekerja, misalnya seorang kasir, petugas dining room, pelayan yang mengantarkan buku menu dan makanan, hingga pekerja yang bertugas menyusun tempat duduk. Peran penting kasir, dalam front of house sangat krusial, dan aplikasi Karts POS restoran dapat membantu dalam mengelola transaksi dengan efisien.
Dalam menjalankan fungsinya sebagai front of house, biasanya para pekerja dibekali dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dari perusahaan. Di bisnis yang berhubungan langsung dengan para pelanggan seperti restoran, front of house memiliki peran penting untuk memberikan kesan pertama kepada pelanggan tentang bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan. Dengan dukungan Karts POS, pelayanan dapat dilakukan lebih cepat dan akurat, meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
Berhubung front of house adalah jenis pekerjaan yang wilayahnya terdiri dari beberapa tugas dan tanggung jawab berbeda. Uraian dibawah ini akan menjelaskan bagaimana cara menjadi front of house yang baik sesuai dengan jenis pekerjaannya masing-masing.
Pertama, peran penting seorang front of house di bagian apapun dalam bisnis restoran adalah memastikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan. Misalnya sebagai seorang pekerja yang membawakan menu pada pelanggan, mereka harus bisa memastikan bahwa sudah paham betul tentang varian makanan atau minuman yang cocok untuk pelanggan, hal ini akan sangat membantu para pelanggan saat mereka kesulitan memilih menu yang sesuai dengan seleranya.
Kemudian, untuk pegawai yang menangani kebersihan meja di restoran, mereka harus paham situasi dan kondisi saat akan membersihkan perlengkapan makanan, setidaknya mereka harus meminta izin kepada konsumen apabila ingin menambah atau mengambil piring yang tampak kosong agar tidak mengganggu aktivitas makan mereka.
Kedua, bagi para front of house menyediakan informasi lengkap kepada konsumen adalah hal dasar yang perlu dikuasai. Bangun kedekatan dengan para pelanggan dengan menyediakan kebutuhan informasi yang mereka inginkan.
Untuk pekerja yang bertugas menyediakan tempat duduk untuk para konsumen, maka salah satu tugas utamanya adalah menguasai tata letak restoran dan ketersediaan tempat duduk untuk pada pelanggan. Jangan buat mereka menunggu terlalu lama atau mendapatkan tempat duduk yang tidak sesuai dengan yang mereka inginkan.
Tugas dan tanggung jawab front of house tidak hanya terbatas pada kualitas pelayanan para pekerja, tetapi juga melibatkan tools pendukung yang membuat konsumen lebih mudah dan sederhana saat melakukan transaksi pembelian di restoran.
Tidak heran jika saat ini, front of house restoran yang memegang tanggung jawab sebagai kasir dibekali dengan aplikasi Karts POS, yang dapat membuat transaksi pembayaran lebih efisien dan mendukung penggunaan dompet digital sebagai alat pembayaran yang mempermudah pelanggan.
Sebagai perusahaan teknologi yang mengembangkan aplikasi untuk memudahkan pengelolaan usaha, Karts.id menyediakan Karts POS, aplikasi kasir restoran online yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi bisnis restoran. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak fitur yang terintegrasi dengan laporan keuangan perusahaan, menjadikannya solusi ideal untuk restoran.
Itu dia informasi lengkap tentang front of house sebagai kunci sukses bisnis restoran. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!