Dalam upaya menghadapi persaingan online yang semakin ketat, pelaku UMKM perlu menyadari bahwa mengembangkan strategi SEO atau Search Engine Optimization merupakan langkah yang paling tepat untuk meningkatkan online presence bisnis di internet.
Berikut ini merupakan 7 langkah yang bisa diadaptasi oleh UMKM untuk membantu merumuskan strategi SEO yang sukses!
Pertama, lakukan penelitian atau riset untuk mengidentifikasi keyword yang relevan. Pastikan juga keyword yang dipilih memiliki probabilitas yang tinggi dalam pencarian organik yang dilakukan oleh pengguna internet dalam lingkup industri atau produk yang ditawarkan UMKM.
Manfaatkan tools seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, dan tools semacamnya untuk mendapatkan ide keyword yang tepat.
Kedua, ciptakan e-commerce berbentuk website yang memiliki tampilan responsif. Strategi ini akan sangat membantu para konsumen bisa lebih mudah melakukan window shopping di dunia maya, serta meningkatkan peluang penjualan produk.
Ketiga, lakukan optimasi on-page untuk setiap halaman website UMKM. Hal ini bisa diupayakan dengan menggunakan tag HTML yang cocok, misalnya pemberian judul, tag, serta meta deskripsi yang relevan. Pastikan juga untuk memperhatikan URL yang ramah SEO, penggunaan gambar dengan atribut alt, serta tautan yang sesuai.
Keempat, sangat penting untuk memperhatikan penggunaan layanan hosting yang tepat untuk website UMKM. kecepatan respon situs web sangat berpengaruh pada pengalaman para pengguna, mereka pasti akan kembali mengunjungi website yang mudah dijangkau.
Kelima, dalam menghadapi persaingan online UMKM juga perlu memanfaatkan kehadiran media sosial. Konsistensi memposting produk-produk melalui media sosial bisa bermanfaat untuk meningkatkan visibilitas dan kemungkinan publik secara umum menjangkau produk yang diproduksi oleh UMKM.
Keenam, UMKM bisa melakukan strategi optimasi jangkauan lokal dengan mendaftarkan bisnis pada layanan peta online di internet, seperti Google My Business atau Google Maps. Cara ini bisa membantu para konsumen untuk menemukan lokasi fisik dari bisnis UMKM yang dirintis.
Terakhir, untuk menghadapi persaingan online dengan menerapkan strategi SEO untuk UMKM juga perlu melakukan analisis dan pemantauan perkembangan bisnis secara berkala dan berkesinambungan.
Saat ini, pelaku UMKM dimudahkan dengan berbagai tools yang canggih untuk menganalisis perkembangan bisnis. Misalnya dengan menggunakan Google Analytic atau Google Search Console. Cara ini bisa dilakukan untuk memantau dan menganalisis kinerja website yang dimiliki. Pastikan untuk selalu mengidentifikasi tren, keyword, ragam pengunjung, serta perbaikan apa yang perlu dilakukan.
Itu dia informasi lengkap seputar 7 strategi SEO yang bisa diterapkan untuk menghadapi persaingan UMKM yang semakin kompetitif. Setelah membaca ulasan di atas, pelaku UMKM tentu akan menyadari tanpa memiliki website, UMKM tidak bisa menerapkan strategi tersebut secara maksimal.
Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki website dengan kriteria yang mencakup kebutuhan optimasi SEO seperti di atas. Saat ini, untuk membuat website pelaku UMKM tidak perlu repot untuk memikirkan layanan hosting, desain template dan hal merepotkan lainnya.
Karts Webstore hadir menyediakan layanan pembuatan website UMKM yang terbaik untuk saat ini. Selain tampilan website yang responsif, pemilik UMKM juga akan mendapatkan website yang bisa sekaligus difungsikan sebagai toko online UMKM.