Loyalitas pelanggan bisa dibangun oleh perusahaan dengan menjaga kepercayaan pelanggan , meningkatkan kualitas layanan yang diberikan, serta mengoptimalkan pengalaman pelanggan atau customer experience saat mengkonsumsi sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Dan berikut ini merupakan tips sukses untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan baik yang melakukan transaksi pembelian melalui toko fisik maupun toko online.
Pelayanan yang maksimal merupakan salah satu modal utama yang harus diciptakan oleh toko fisik untuk menarik para pelanggan agar sedang senang hati kembali lagi untuk melakukan pembelian ulang (repurchasing). Berikut ini adalah tiga tips mengoptimalkan pengalaman pelanggan di toko fisik!
Pertama, pelanggan akan lebih betah mengunjungi toko fisik apabila mereka disambut oleh pekerja frontliner yang ramah, cepat tanggap, dan sigap membantu para pelanggan untuk mendapatkan kebutuhan yang mereka inginkan. Oleh karena itu, perusahaan perlu meningkatkan kemampuan SDM, khususnya di area frontliner dengan pelatihan seperti keterampilan komunikasi dan peningkatan kemampuan teknologi terkini.
Kedua, untuk mengikat pelanggan dengan perasaan yang nyaman saat berkunjung, bisa diwujudkan dengan menciptakan toko fisik yang bersih, desain dan tata letak yang baik, dan teratur. Untuk usaha yang bergerak di bidang restoran, toko fisik yang baik bisa dioptimalkan dengan menciptakan suasana yang nyaman dengan pengaturan suhu atau udara, pencahayaan, dan latar musik yang menenangkan.
Ketiga, perusahaan juga bisa menciptakan kedekatan emosional dengan para pelanggannya dengan menyediakan pengalaman interaktif, misalnya dengan memberikan mereka tester produk gratis, atau promo eksklusif untuk pelanggan yang sedang berulang tahun dan sebagainya.
Selain meningkatkan penjualan di toko fisik, perusahaan juga perlu melebarkan jangkauan pasarnya melalui toko online yang juga berpeluang besar menyumbang grafik kenaikan penjualan. Lalu bagaimana caranya untuk mengoptimalkan pengalaman pelanggan di toko online? Berikut adalah penjelasannya!
Saat menjual produk secara online, proses pengemasan dan pengiriman produk menjadi salah satu faktor yang menyumbang penilaian konsumen terhadap kualitas produk yang dijual oleh perusahaan, untuk itu sangat penting untuk memperhatikan pengemasan agar terlihat rapi dan pastikan juga untuk menginformasikan dan tetap responsif terhadap masalah pengiriman produk kepada pelanggan.
Pelanggan bisa menilai kualitas toko online dari mudahnya proses pembelian sebuah produk, oleh karena itu sangat penting untuk menyederhanakan proses pembelian produk di toko online dengan mengurangi langkah-langkah kurang penting seperti proses checkout yang rumit dan sebagainya.
Dalam membangun toko online, khususnya website. Perusahaan bisa lebih fleksibel dalam menentukan layanan pembayaran yang memudahkan para pelanggan. Banyak calon konsumen yang mengurungkan niat berbelanja karena terkendala layanan pembayaran yang terbatas.
Dari hal tersebut, bisa diketahui bahwa penjualan online melalui website memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan menjual produk-produk melalui marketplace atau media sosial, karena dengan website perusahaan bisa dengan leluasa mengatur operasional lapak dagang onlinenya.
Bagi perusahaan yang tertarik menggunakan website untuk meningkatkan penjualan online, Karts Webstore bisa menjadi pilihan yang tepat, karena selain bisa terintegrasi dengan berbagai macam layanan jasa pengiriman, sistem pembayarannya juga bisa dihubungkan dengan layanan pembayaran yang dikehendaki pemilik bisnis.
Nah, itu dia informasi lengkap tentang 5 tips untuk sukses dengan mengoptimalkan pengalaman pelanggan baik di toko fisik maupun toko online. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!