Dalam hal kesuksesan, strategi kreatif yang dilakukan oleh UMKM bergantung dari seberapa relevan strategi tersebut dengan jenis produk, target market, serta sumber daya bisnis yang tersedia. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penjualan, UMKM perlu melakukan beberapa langkah bisnis di bawah ini yang sesuai dengan jenis usaha yang dijalankan.
Untuk membangkitkan minat konsumen pada produk-produk yang ditawarkan UMKM, strategi promosi dengan membuat penawaran khusus yang terbatas bisa membuat konsumen merasa harus tergesa membeli produk yang dijual. Keterbatasan waktu ini sangat mudah mempengaruhi faktor psikologis konsumen untuk segera melakukan keputusan pembelian.
Jika UMKM memiliki media sosial untuk sarana promosi produk, menyelenggarakan giveaway merupakan strategi pemasaran yang dinilai sangat ampuh untuk menaikkan jumlah engagement dari para pengguna sosial media. Giveaway bisa meningkatkan interaksi antara konsumen potensial yang tertarik dengan produk yang ditawarkan UMKM dengan perusahaan yang memproduksinya.
Salah satu strategi kreatif yang bisa dilakukan oleh UMKM adalah mentransformasi desain kemasan produknya. Jika sebelumnya hanya menggunakan kemasan yang sudah lumrah dipakai oleh bisnis sejenis, mulailah beralih pada desain produk yang lebih menarik dan kreatif untuk menjadikan diferensiasi produk dari para kompetitor.
Baca juga : RINTIS BISNIS RETAIL DENGAN APLIKASI KASIR KARTS POS
Bagi pelaku UMKM, ikut berpartisipasi dalam sebuah acara atau pameran bisa membantu bisnis menjangkau target market secara langsung. UMKM bisa memperkenalkan produknya dengan cara-cara kreatif, misalnya dengan menarik perhatian pengunjung pameran dengan tampilan stand yang unik dan membuat penasaran.
Melakukan kolaborasi dengan usaha-usaha yang memiliki pangsa pasar serupa juga bisa dilakukan oleh UMKM untuk meningkatkan penjualannya. Strategi ini sudah banyak diterapkan oleh pebisnis konvensional sejak lama, misalnya banyak penjual bakso atau mie ayam yang berjualan berdekatan dengan penjual aneka jenis minuman. Cara ini merupakan kolaborasi saling menguntungkan yang dapat diadaptasi oleh pemilik bisnis modern.
Sebagai contoh, jika UMKM menjual produk berupa dessert dan kue artisan yang dijual di sebuah kedai, maka tidak ada salahnya untuk menjalin kemitraan dengan pebisnis lokal yang memproduksi susu segar atau kopi signature suatu daerah. Dengan menggunakan Karts POS, Aplikasi Kasir Gratis yang dirancang untuk UMKM, Anda dapat lebih mudah mengelola transaksi dan mencatat hasil penjualan dari kolaborasi tersebut. Cara kreatif ini bisa membuat penjualan semakin meningkat dan memberikan keuntungan untuk lebih banyak bisnis UMKM.
Baca juga : Cara Mengoptimalkan Aplikasi Kasir Android untuk Bisnis F&B
Strategi kreatif terakhir yang bisa diaplikasikan oleh pelaku bisnis UMKM adalah memanfaatkan kemudahan penjualan online untuk memperluas jangkauan pasar. Saat ini, banyak UMKM yang sangat terbantu dengan sistem berjualan melalui marketplace, media sosial, dan toko virtual berupa website yang mereka ciptakan sendiri. Strategi ini tidak hanya meningkatkan branding produk, tetapi juga nilai usaha mereka. Dengan menggunakan aplikasi kasir UMKM pengelolaan transaksi penjualan online menjadi lebih efisien, memungkinkan pelaku usaha untuk mengawasi inventaris dan laporan keuangan dengan lebih mudah dan akurat.
Dengan KARTS POS, Aplikasi Kasir Online yang dirancang khusus untuk UMKM, pengelolaan transaksi penjualan menjadi lebih efisien, baik di platform online maupun offline. Dari banyaknya platform yang tersedia untuk memasarkan produk secara online, penggunaan website memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh platform lain. Dengan website, UMKM dapat secara bebas memasarkan produk tanpa harus bersaing langsung dengan produsen lain, serta meningkatkan gengsi mereka setara dengan perusahaan besar yang melakukan branding melalui website resmi.
Bagi pelaku bisnis UMKM yang penasaran dengan sistem penjualan yang lebih menguntungkan melalui website, mereka bisa mulai membuat website UMKM dengan layanan dari Karts Webstore. Layanan ini menawarkan tampilan responsif untuk semua perangkat, sehingga dapat membantu UMKM memperluas jangkauan pelanggan di era transformasi digital, sekaligus terintegrasi dengan KARTS POS untuk pengelolaan yang lebih baik.
baca juga: Bagaimana UMKM dapat Memanfaatkan Teknologi dalam Pengembangan Bisnis