HomeBusinessPanduan Praktis: 5 Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk UMKM
Panduan Praktis: 5 Strategi Pemasaran Online yang Efektif untuk UMKMBy: Elavigne - 25 Jul 2023

Bagi sebagian besar UMKM, alokasi anggaran untuk pemasaran memang masih terbatas. Namun, dengan berkembangnya teknologi dan akses internet di masa kini, langkah untuk mempromosikan produk secara besar-besaran tidak terkendala lagi dalam hal biaya, karena dengan menerapkan strategi pemasaran online, selain menghemat biaya, cara ini juga dinilai sangat efektif meningkatkan penjualan produk UMKM.

Mari simak 5 strategi pemasaran online yang efektif untuk UMKM dalam ulasan di bawah ini!

Buat Komunitas atau Circle Konsumen Potensial

Dari banyaknya bidang bisnis yang dijalankan oleh pelaku UMKM, industri baju muslim adalah salah satu yang terbesar di Indonesia. Pebisnis baju muslim dikenal memiliki ambisi kuat untuk mendapatkan kesuksesan dengan banyak cara, salah satunya adalah menjaring konsumen baru dari para pelanggan lama yang ingin mendapatkan keuntungan dengan menjadi seorang dropshipper. 

Strategi ini merupakan solusi saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik penjual ataupun pembeli yang menjual barang dagangan sebagai pihak kedua. Dengan bertambahnya komunitas penjual baru atau circle bisnis yang terus bertambah maka permintaan akan produk akan semakin meningkat. 

Memanfaatkan Media Sosial

Bermain media sosial adalah hobi baru semua lapisan masyarakat, budaya pop tersebut membuka lahan basah untuk menjaring konsumen dengan segala kebutuhannya. Sebagai UMKM modern yang harus beradaptasi dengan perkembangan zaman, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan peluang yang tersedia dari penggunaan media sosial untuk memasarkan produknya. 

Semua media sosial yang sedang digemari oleh masyarakat seperti Instagram, Tiktok, Facebook, dan lainnya bahkan sudah menyediakan fitur khusus untuk para pebisnis untuk memasarkan produknya secara online. 

Optimalkan Pemasaran Menggunakan Situs Penyedia Iklan

Strategi pemasaran online selanjutnya yang bisa digunakan oleh UMKM untuk mengenalkan produk jualannya kepada publik adalah dengan mengoptimalkan penggunaan situs penyedia iklan. Para pemilik bisnis, tidak terkecuali UMKM umumnya bisa memasang iklan melalui  Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads dan lainnya. 

 

Ikat Pelanggan dengan Direct Marketing

Di era serba digital seperti sekarang, pemasaran menggunakan direct marketing dinilai sangat ampuh untuk menjaring konsumen baru dan mengikat pelanggan lama untuk terus membeli produk yang ditawarkan. Direct marketing ini bisa berupa pesan singkat tentang promosi produk yang dikirimkan melalui pesan singkat, email marketing, dan direct message lainnya. 

Kembangkan Toko Virtual

Strategi pemasaran online terakhir yang bisa dilakukan oleh UMKM adalah dengan mengembangkan toko virtual dan secara gencar bisa memasarkan serta menjual produk-produknya melalui website bisnis. 

Jika masih bingung bagaimana membuat toko virtual untuk UMKM, kini sudah tersedia layanan pembuatan website bisnis yang siap membantu UMKM tumbuh dan bersaing di era transformasi digital. Dengan Karts Webstore UMKM bisa meningkatkan bisnisnya dengan melakukan penjualan online sekaligus mengenalkan branding perusahaan dalam jangkauan pasar yang lebih luas dari sebelumnya.

Ada banyak benefit yang didapatkan, dari mulai template website yang bervariasi sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan UMKM, tampilannya yang responsif dan bisa diakses di berbagai macam device, hingga bisa terintegrasi dengan layanan jasa pengiriman serta metode pembayaran. 

Jadi, tunggu apa lagi? Mulai berjualan online dengan toko virtual serta aplikasikan 5 panduan praktis strategi pemasaran online yang efektif untuk UMKM dalam penjelasan di atas. Semoga informasi yang telah diuraikan dalam rangkuman tentang strategi pemasaran online bisa bermanfaat bagi para pelaku bisnis.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.