HomeEntrepreneurPentingnya Mempelajari Skill Storytelling Bagi Seorang Entrepreneur
Pentingnya Mempelajari Skill Storytelling Bagi Seorang EntrepreneurBy: Elavigne - 17 Jun 2023

Banyak hal yang harus dipelajari untuk bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses, salah satunya adalah skill storytelling. Kemampuan untuk memberikan informasi melalui media cerita ini tidak dimiliki oleh banyak orang, oleh karena itu butuh banyak pengalaman dan pembelajaran agar bisa mendapatkan kemampuan storytelling yang baik dan menarik.

Banyak yang beranggapan bahwa seorang entrepreneur tidak akan bisa menjual produk apapun tanpa memiliki kemampuan storytelling yang baik. Dengan modal kemampuan bercerita, bisnis bisa menjalankan fungsi marketingnya dengan baik.

Tanpa menceritakan tentang kegunaan dan keunggulan produk, entrepreneur tidak bisa menarik hati pelanggan untuk mencoba barang atau jasa yang ditawarkan. Storytelling memiliki tujuan untuk meningkatkan branding serta membangun interaksi personal antara perusahaan dan para pelanggan.

Kekuatan Storytelling untuk Strategi Pemasaran

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, bahwa marketing tidak hanya terbatas pada proses memasarkan produk saja. Butuh sebuah cerita menarik untuk membangun branding produk yang akan selalu diingat oleh konsumen.

Terdapat berbagai teknik yang bisa dilakukan untuk menciptakan storytelling dalam pemasaran produk. Misalnya cerita yang dibangun harus sejalan dengan tujuan awal serta visi misi perusahaan, storytelling seharusnya bisa merepresentasikan karakter perusahaan. 

Hal-hal ini perlu dipelajari oleh seorang entrepreneur agar tidak salah mengambil sisi cerita yang sebaiknya dipilih oleh perusahaan untuk mendekatkan konsumen kepada produk yang mereka tawarkan. 

Ada beberapa poin penting yang perlu disadari oleh seorang entrepreneur bahwa memiliki kemampuan untuk bercerita adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan bisnis. Apa saja? Simak dalam poin-poin di bawah ini!

  • Storytelling bisa mendekatkan produk dengan para konsumen, namun cerita itu harus hidup sehingga bisa menarik perhatian publik secara umum

  • Dengan storytelling, pesan atau informasi yang ingin disampaikan bisa lebih mudah diterima dan dipahami oleh para konsumen dan pembaca secara umum.

  • Dengan menyadari kekuatan storytelling, memasarkan produk akan lebih mudah.

  • Teknik-teknik dasar storytelling untuk marketing sangat beragam dan bisa membuat proses memasarkan produk lebih efektif. 

Kenali Media Marketing Terbaik untuk Storytelling Produk

Dalam memasarkan produk, seorang entrepreneur bisa memanfaatkan banyak media agar cakupan pelanggan lebih luas, sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang lebih optimal.

Dengan menggunakan teknik bercerita atau storytelling, produk juga bisa dipasarkan secara organik di berbagai media, storytelling bisa menjadi alternatif pemasaran tidak langsung yang bisa membuat konsumen tertarik secara alami. 

Beberapa media marketing terbaik untuk storytelling produk diantaranya adalah:

  • Bercerita melalui video testimoni produk di Tiktok.

  • Memberikan thread cerita di twitter mengenai pengalaman pemakaian produk.

  • Membuat video dengan sound yang sedang trend di Tiktok, kemudian masukkan unsur promosi produk dengan cerita organik yang menarik perhatian viewer.

  • Menggunakan media youtube untuk mempromosikan produk dengan bekerjasama dengan para influencer yang memiliki ketertarikan yang relevan dengan produk.

  • Memanfaatkan media instagram untuk bercerita melalui caption dengan kalimat-kalimat hiperbolis dan unik, pakai juga fitur reels untuk mempromosikan produk secara singkat dengan durasi yang tidak terlalu panjang agar viewer tidak bosan.

  • Mulai pelajari cara storytelling dengan menggunakan media informasi online dengan membuat satu tema tertentu kemudian memasukkan unsur produk secara organik sebagai solusi akan permasalahan yang ada. 

Setelah mempelajari berbagai media yang bisa diandalkan untuk membantu pemasaran produk dengan cara storytelling, saat ini penggunaan website perusahaan juga bisa menjadi media yang ampuh untuk menarik perhatian konsumen terhadap brand dan produk yang ditawarkan.

Gunakan website untuk menyampaikan cerita sekaligus sebagai toko penjualan online untuk meningkatkan kuantitas penjualan. Apabila perusahaan belum memiliki website, Karts Webstore bisa menjadi solusi untuk para entrepreneur dan perusahaan yang ingin menjangkau lebih banyak konsumen dengan meningkatkan penjualan online melalui website.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.