HomeTips & TrickStrategi Marketing Andalan untuk Bisnis di Bulan Ramadhan
Strategi Marketing Andalan untuk Bisnis di Bulan RamadhanBy: Elavigne - 12 Apr 2023

Di bulan ramadhan yang penuh berkah untuk seluruh umat muslim di dunia, ternyata juga memberikan efek sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi lewat peningkatan permintaan dari segala macam kebutuhan primer dan sekunder konsumen, khususnya di Indonesia yang merupakan negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia. 

Untuk mengoptimalkan kesempatan baik di bulan ramadhan ini, pebisnis perlu mempelajari bagaimana menjalankan strategi marketing yang cocok dipakai untuk bisnis pada bulan ramadhan. 

Berikut adalah ulasan lengkapnya!

Siapkan Persediaan Produk yang Cukup

Mempersiapkan ketersediaan produk merupakan strategi marketing yang biasanya sering luput dari perhatian para pebisnis. Padahal dengan menjaga stok aman di bulan ramadhan permintaan akan produk dan jasa dari konsumen bisa aman terkendali dipenuhi oleh perusahaan. 

Dengan mempersiapkan persediaan yang cukup perusahaan bisa mempertahankan konsumen untuk tidak jatuh ke tangan para pesaing, dengan begitu perusahaan juga akan lebih banyak meraup keuntungan. 

Adakan Promo atau Bundling Khusus Ramadhan

Perusahaan juga bisa memberikan promo khusus di bulan ramadhan, dengan begitu konsumen akan berbondong-bondong membeli produk yang ditawarkan. Promo ini diadakan untuk meningkatkan penjualan dan sebagai perayaan dari bangkitnya perayaan pembelian besar-besaran yang biasa dilakukan oleh konsumen di bulan ramadhan.

Selain promo, bulan ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk mengeluarkan stock produk yang masih menumpuk dengan menggabungkannya menjadi bundling produk yang sedang banyak disukai di bulan ramadhan. Misalnya untuk usaha baju muslim, bisa membuat paket abaya model terbaru dengan kerudung yang sudah lama tidak terjual.

Cara ini dinilai ampuh untuk menjual habis produk-produk yang sudah tidak lagi diminati oleh konsumen, sekaligus bisa menambah keuntungan endapan produk yang sebelumnya tidak terjual. 

Buat Kemasan Khusus Ramadhan

Selama bulan ramadhan hingga menjelang hari raya idul fitri, perusahaan bisa menarik perhatian konsumen dengan paket produk tematik. Menanggapi minat konsumen, perusahaan bisa menghasilkan produk dengan kemasan khusus ramadhan yang unik.

Kemasan produk bisa dibuat dengan ditambahkan dengan ornamen-ornamen islami khas ramadhan. Dengan begitu, perusahaan juga bisa menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dari biasanya, karena bundling yang diciptakan perusahaan akan menimbulkan kesan eksklusif. 

Perkuat Online Presence atau Channel Penjualan Online 

Dari banyaknya strategi marketing yang bisa dilakukan oleh perusahaan menjelang bulan ramadhan dan momen idul fitri. Memperkuat jaringan penjualan online dan meningkatkan kinerja channel penjualan online adalah cara yang paling ampuh untuk menjaring pasar yang lebih besar.

Perusahaan harus memberikan perhatian besar pada pemasaran di berbagai media sosial dan website milik perusahaan. Apabila perusahaan masih belum memiliki website, kini saatnya untuk menikmati layanan yang disediakan oleh Karts.id

Dengan menggunakan Karts Webstore berjualan di bulan ramadhan bisa semakin menguntungkan dengan jangkauan konsumen yang lebih luas. Perusahaan dan merek dagang juga bisa tumbuh dan berkembang di era digital seperti sekarang. 

Produk-produk bisa dijual secara online dengan tampilan yang menarik sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan, belum lagi tampilan websitenya juga responsif sehingga bisa diakses melalui berbagai device, baik komputer maupun smartphone. 

Nah, itu dia informasi lengkap tentang beberapa strategi marketing yang bisa dijalankan untuk menunjang bisnis di bulan ramadhan. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan bisa mendatangkan keuntungan yang besar di bulan yang penuh berkah ini.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.