Untuk bisa bertahan di industri bisnis makanan, pelaku usaha sudah sepatutnya bukan hanya mengandalkan cipta rasa produknya saja. Tetapi juga harus memikirkan desain kemasan produk yang bisa menarik hati para konsumen.
Desain kemasan produk merupakan hal pertama yang akan menarik perhatian konsumen baik secara visual dan emosional yang nantinya akan menjadi salah satu pertimbangan calon konsumen untuk melakukan keputusan pembelian.
Nah, berikut ini adalah beberapa tips tentang bagaimana cara membuat desain kemasan produk makanan yang menarik.
Pertama, desain kemasan produk makanan lebih baik dibuat dengan desain yang praktis dan simpel. Fokus utamanya adalah bagaimana informasi penting tentang produk bisa tersampaikan dengan mudah kepada para konsumen.
Desain kemasan produk juga harus praktis, kemasan harus dibuat sesuai dengan berat dan besaran isi produk. Kepraktisan ini juga akan memudahkan para konsumen membawa produk kemana-mana.
Kedua, jangan lupa untuk mencantumkan informasi tentang legalitas yang dimiliki produk. Legalitas ini akan menambah tingkat kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Apalagi untuk produk berupa makanan, legalitas dianggap sangat penting dan krusial.
Ada banyak macam legalitas produk yang bisa ditampilkan dalam desain kemasan makanan, misalnya legalitas dari dinas kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), atau sertifikat halal dari MUI.
Setelah menentukan tampilan yang simpel dan sederhana untuk desain kemasan produk makanan, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pastikan untuk menampilkan informasi penting tentang produk dengan font yang tepat.
Font yang tepat akan menjangkau pemahaman konsumen lebih cepat daripada menampilkan jenis huruf yang susah terbaca. Maka dari itu, informasi penting tentang produk harus mudah dibaca dan diletakkan pada bagian kemasan produk yang pas.
Dalam menjalankan sebuah bisnis, bukan hanya bisnis makanan, semuanya butuh manajemen keuangan yang seimbang sesuai dengan anggaran yang dimiliki perusahaan. Maka dari itu, untuk membuat desain kemasan produk makanan yang baik perlu juga mempertimbangkan kapasitas keuangan perusahaan dan lebih bijak dengan memilih jenis kemasan dengan biaya yang terjangkau.
Terakhir, walaupun perusahaan memilih desain produk makanan dengan biaya yang terjangkau sesuai budget yang dianggarkan. Hal itu tidak menutup kemungkinan untuk bisa membuat desain kemasan produk yang menarik dan otentik.
Buatlah desain produk yang unik dan lain dari pada yang lain. kemasan akan bisa membantu branding produk dan perusahaan, karena pada dasarnya konsumen merupakan saluran promosi yang paling kompeten, mereka memiliki kekuatan testimonial yang bisa secara organik menghubungkan produk kepada orang lain yang berada didekatnya.
Nah, itu dia informasi lengkap tentang beberapa tips tentang desain kemasan produk untuk bisnis makanan. Jangan lupa juga untuk melengkapi bisnis makanan yang kamu miliki dengan Karts Webstore yang bisa dijadikan website perusahaan sekaligus etalase online dari produk-produk yang kamu produksi.
Kamu bisa menampilkan produk-produk makanan dan menjangkau lebih banyak lagi pelanggan melalui saluran bisnis digital. Jadi selain memiliki kemasan produk makanan yang unik dan menarik bisnis kamu juga bisa lebih berkembang dengan website perusahaan.