HomeTips & TrickTips & Trick Memilih Influencer yang Tepat untuk Strategi Marketing
Tips & Trick Memilih Influencer yang Tepat untuk Strategi MarketingBy: Elavigne - 27 Jun 2023

Akhir-akhir ini, pemasaran dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menggandeng influencer untuk memperluas jangkauan target market. Influencer sendiri merupakan orang-orang berpengaruh yang memiliki pengikut dengan jumlah besar di berbagai media sosial, seperti Instagram, Youtube, Tiktok, Twitter, dan lainnya.

Pada umumnya, influencer memiliki banyak pengikut karena memberikan pengaruh atau inspirasi baik bagi para penggemarnya, sehingga segala sesuatu yang dilakukan oleh seorang influencer bisa memberi dampak yang besar. Oleh karena itu, saat ini banyak brand-brand besar menggandeng seorang influencer untuk mempromosikan produknya. 

Namun, dalam memilih influencer juga harus dipikirkan secara matang. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar strategi marketing perusahaan sesuai dengan perencanaan awal, yaitu mendapatkan keuntungan yang  berlipat. 

Untuk itu, pastikan untuk mempelajari tips dan trick memilih influencer yang tepat untuk strategi marketing yang akan dijelaskan secara detail dalam ulasan berikut ini!

Perhatikan Followers-nya

Pertama, untuk mencari influencer yang tepat dan bisa berdampak besar untuk peningkatan penjualan adalah dengan melihat terlebih dahulu jumlah follower yang dimiliki oleh influencer tersebut.

Namun, selain jumlah followersnya, perhatikan juga apakah pengikut tersebut merupakan follower aktif atau follower fiktif. Kualitas followers yang aktif biasanya sering dilihat dari interaksinya dengan influencer, misalnya terdapat banyak like dan komentar.

Persentase Engagement

Kedua, analisis influencer yang akan diajak kerjasama dari persentase engagement-nya. Engagement rate menjadi salah satu tolak ukur yang bisa dilihat sebelum memilih influencer yang tepat.

Pastikan untuk mempelajari hubungan antara influencer dengan para followersnya, dari kolom komentar dari setiap postingannya. Para follower yang baik biasanya meninggalkan jejak komentar yang baik pula, seperti memuji, menanyakan produk yang dipakai, dan sebagainya. 

Namun, banyak juga influencer yang kolom komentarnya ramai dengan hujatan para haters, oleh karena itu hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak salah pilih rekan kerja sama untuk mempromosikan sebuah produk. 

Relevansi Product dengan Persona Influencer

Ketiga, relevansi antara bidang yang digeluti oleh para influencer dengan produk yang ditawarkan juga harus diperhatikan. Misalnya, ketika mempromosikan produk-produk berupa suplemen atau yang berhubungan dengan kesehatan, sudah seharusnya memilih influencer yang fokus di bidang kesehatan juga seperti dokter, ahli gizi, dan sebagainya. Hal itu akan menambah keyakinan para konsumen karena promosi disampaikan oleh seorang yang profesional di bidangnya. 

Perhatikan Reputasi dan Kualitas Konten

Terakhir, dalam memilih influencer yang tepat, tim marketing perusahaan juga harus melakukan riset menyeluruh tentang reputasi influencer yang akan diajak kerjasama dan melihat secara cermat konten-konten yang diunggahnya di media sosial.

Lebih baik untuk memilih influencer yang followersnya lebih sedikit namun memiliki reputasi yang baik di mata publik, dari pada influencer yang followersnya banyak namun memiliki banyak masalah dan skandal. Hal ini akan berpengaruh terhadap branding dari produk, setidaknya para konsumen akan lebih tertarik dengan para influencer yang memiliki citra baik.

Nah, itu dia tips & trick tentang bagaimana cara memilih influencer yang tepat untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Selain memperluas jangkauan pelanggan dengan bekerjasama dengan influencer, perusahaan juga bisa mulai meningkatkan jumlah konsumen dengan menjual produk-produknya secara online di website.

Pastikan untuk memilih Karts Webstore untuk membuat toko online impianmu! Tingkatkan usaha dengan penjualan online di website perusahaan milik sendiri. 

Nah, itu dia informasi lengkap seputar tips & trick memilih influencer yang tepat. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat untuk para pebisnis!

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.