HomeTips & Trick4 Tips Bisnis New Normal yang Wajib Diketahui Pebisnis UKM
4 Tips Bisnis New Normal yang Wajib Diketahui Pebisnis UKMBy: Elavigne - 10 Sep 2022

4 Tips bisnis new normal yang harus diketahui pebisnis UKM - Tentu semua pelaku bisnis terutama pada level UKM Indonesia akan mencari tips bisnis new normal. Situasi yang serba berubah saat ini memaksa semua pelaku bisnis merubah kebiasaan mereka. Hal ini disebabkan karena terjadinya pula perubahan yang dialami oleh konsumen Indonesia. Dengan terjadinya pandemi Covid – 19 Corona yang terjadi, membuat masyarakat secara umum memiliki pergeseran kebutuhan dan juga kebiasaan.

Jika saat normal, masyarakat dengan santai mengeluarkan uang untuk kebutuhan sekunder, tentunya berbeda dengan saat ini. Sekarang, masyarakat sangat tidak memikirkan kebutuhan sekunder. Beberapa hal yang masuk dalam sektor sekunder tentunya adalah berlibur dengan lokasi yang jauh. Hal lain yang masuk dalam kebutuhan sekunder lainnya adalah dunia fesyen. Barang – barang fesyen yang saat ini menjadi tren, saat kondisi normal dengan mudah membuat konsumen melakukan transaksi untuk membelinya. Namun saat kondisi pandemi seperti ini, pengeluaran uang yang dilakukan oleh masyarakat tentunya akan difokuskan pada hal – hal yang masuk kategori kebutuhan primer. Kebutuhan – kebutuhan yang tergolong primer tersebut juga saat ini meluas. Produk – produk yang bisa menangkal virus Covid – 19 Corona yang jumlahnya tidak sedikit tersebut masuk dalam kategori kebutuhan utama.

4 Tips Bisnis New Normal Yang Perlu Diketahui Pebisnis UKM

Dengan semua pergeseran kebutuhan yang terjadi tersebut, tentunya membuat perilaku new normal perlu dipelajari. Tentunya sebagai pelaku UKM Indonesia tidak ingin bisnisnya gulung tikar karena tidak mampu beradaptasi dengan perubahan pola konsumsi yang ada. Untuk itu, berikut tim Solusi UKM rangkumkan apa saja yang masuk dalam kategori tips bisnis new normal:

Jangkau konsumen lewat jalur paling personal 

Poin nomor satu untuk tips bisnis new normal untuk kalian para pelaku UKM Indonesia adalah untuk menjangkau konsumen – konsumen dengan sangat dekat. Cara menjangkau konsumen sebagai tips bisnis new normal adalah dengan melakukan riset. Cek apa media komunikasi yang sering digunakan oleh konsumen kalian. Contoh, jika konsumen kalian sering menggunakan media WhatsApp, Telegram, Instagram, dan juga Facebook, maka tentunya kalian wajib menggunakan media – media tersebut sebagai jembatan untuk berjualan. Karena dengan melakukan pendekatan tersebut, bisnis new normal milik kalian sudah selangkah  lebih maju dan dilihat lebih dekat oleh konsumen kalian.

Lewat komunikasi personal, buat program pemesanan produk dengan cara paling mudah

Setelah menemukan media yang mereka gunakan secara personal, tips bisnis new normal yang kedua adalah dengan membuat program yang akan memudahkan konsumen. Progam tersebut perlu memudahkan konsumen untuk lebih membuat mudah pemesanan konsumen terhadap produk kalian. Pada masa pandemi Covid – 19 Corona ini, pergerakan di luar rumah tentunya menjadi lebih tidak nyaman untuk dilakukan. Selain dengan kerumitan menggunakan masker, menjaga tangan agar selalu bersih, berkegiatan di luar rumah, ketakutan akan tertular virus Covid – 19 Corona ini membuat masyarakat tidak leluasa dalam melakukan aktivitas.

Dalam menjalankan bisnis new normal, tentu kalian harus berusaha lebih. Usaha lebih tersebut agar bisnis kalian bisa memudahkan konsumen untuk membeli barang produk milik kalian. Jika dalam kondisi new normal ini bisnis kalian tidak memudahkan konsumen, pastinya konsumen akan malas dan memilih untuk mencari merek atau usaha yang lainnya. Kehilangan konsumen pada saat new normal tentu sangat merugikan bisnis UKM milik kalian, bukan?

Permudah pemesanan produk pada bisnis kalian saat new normal dengan membuat program free delivery atau biaya ongkos kirim yang gratis. Atau, mudahkan juga sistem pembayaran dengan menggunakan berbagai fasilitas dompet digital seperti GoPay atau OVO, dan lain – lain. Dengan semua program yang memudahkan konsumen tersebut, pada akhirnya membuat bisnis kalian di masa new normal lebih unggul dibanding kompetitor – kompetitor lainnya yang masih sulit dijangkau oleh konsumen, karena belum melakukan penyesuaian terhadap konsep new normal. Apalagi saat ini sudah semakin canggih yang tentunya banyak masyarakat yang menjangkau ke online, sehingga banyak yang memanfaatkan android atau seluler mereka. Melalui cara ini juga dirasa lebih efektif dibandingkan dengan offline. Yang tentunya akan mempermudah pembelian serta penjualan tanpa perlu repot lagi.

Cek kemajuan dan perkembangan bisnis dalam periode waktu lebih singkat

Nomor tiga dalam hal tips bisnis new normal, adalah selalu cek kemajuan dari bisnis kalian. Kemajuan bisnis dalam situasi new normal ini tentunya perlu dilakukan meskipun pada saat normal sebelum Covid – 19 Corona. Bedanya, cek perkembangan bisnis saat situasi new normal seperti saat ini tentu perlu dilakukan dalam periode yang lebih singkat, seperti mingguan atau bahkan harian.

Melakukan review dengan periode lebih cepat dibanding situasi normal dilakukan agar kalian bisa membuat perubahan dan adaptasi secara cepat untuk bisnis kalian. Bisnis – bisnis lainnya saat new normal sangat banyak sekali yang memang tidak mampu bertahan hingga akhirnya harus gulung tikar.

Menekan ego untuk mendapatkan laba yang merugikan konsumen

Yang ini tentu sedikit lebih sulit untuk dikerjakan. Poin selanjutnya agar tips bisnis new normal untuk bisnis UKM kalian adalah untuk menekan ego berbisnis kalian. Dengan situasi new normal yang sangat sulit seperti saat ini, haram hukumnya untuk melakukan kenaikan harga produk saat pandemi Covid – 19 Corona. Fokus pada berjalannya bisnis yang lancar agar karyawan – karyawan dan laba kalian masuk pada level cukup. Jangan mematok harga berlebih sebagai strategi menaikkan omzet bisnis.

Pilih KART POS Untuk Solusi Pintar Usaha Anda

Dengan menggunakan prinsip biar kecil asal laris memang dinilai lebih baik daripada tidak laku sama sekali. Namun perlu untuk mempertimbangkan segala sesuatunya agar bisnis yang dijalankan tidak merugi. Untuk mengantisipasi adanya pengeluaran tidak sebanding dengan pendapatan diperlukan aplikasi yang terpercaya agar lebih mudah untuk mengelolanya secara bijak.

Kini sudah hadir aplikasi terpercaya KART POS dari kart.id yang membantu untuk memperrmudah bagi para pelaku usaha menengah atau UMKM mengelola pendapatan serta pengeluaran. Aplikasi ini tidak hanya membantu untuk mengatur keuangan saja, namun juga terdapat beberapa fitur menarik lainnya yang bertujuan agar usaha bisa terkelola dengan baik. Dengan begitu sistem transaksi transparan tanpa terlewat. Adapun fitur yang dihadirkan seperti pencatatan transaksi, laporan diberikan secara nyata, manajemen inventori yang tertata, serta terdapat fitur menarik lainnya. Tentu dengan kehadiran aplikasi kasir ini akan membantu mempemudah mencatat semua pekerjaan yang dilakukan. Jadi tidak perlu membuang waktu dengan melakukan penulisan di buku dan menghitung kembali stok-stok barang. Selain itu juga tersedia pula jasa untuk pembuatan toko online yang dapat diakses dengan mudah, sehingga usaha kalian dapat dijangkau dimana saja dan kapan saja. Jika Kalian tertarik bisa download aplikasinya sekarang juga melalui seluler kalian sekarang juga.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.