HomeTips & Trick9 Strategi Jitu Mengembangkan UMKM di Masa Kini Agar Bisnis Makin Maju
9 Strategi Jitu Mengembangkan UMKM di Masa Kini Agar Bisnis Makin MajuBy: Elavigne - 11 Sep 2022
Mengembangkan umkm di masa kini

9 Strategi Jitu Mengembangkan UMKM di Masa Kini dengan Aplikasi Kasir Pintar Agar Bisnis Makin Maju

Strategi Jitu Mengembangkan UMKM - Semua pebisnis termasuk pelaku UMKM tentunya menginginkan agar usahanya terus maju dan bekembang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini semua bisnis dituntut untuk beradaptasi dengan cara-cara baru yang mungkin saja tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Hal ini menjadikan strategi yang harus disusun pun semakin kompleks dan berbeda dari biasanya.

Meskipun demikian, kamu tidak perlu khawatir. Sebab bagaimanapun kondisinya, strategi-strategi yang akan dijelaskan di bawah ini terbukti akan membuat bisnismu maju dan berkembang jika diterapkan dengan baik dan konsisten, terutama dengan memanfaatkan keunggulan aplikasi kasir online terbaik. Penasaran strateginya apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Inovasi dan Riset Untuk Menghasilkan Produk yang Terbaik

Sekali sebuah bisnis berhenti berinovasi, itu artinya bisnis tersebut sedang menuju pada fase kemunduran. Maka dari itu, tak perlu heran jika pada bisnis-bisnis besar yang sudah menggurita, inovasi menjadi sebuah keharusan. Mereka sangat sadar bahwa inovasi adalah jantung dari sebuah bisnis. Dalam konteks ini, aplikasi kasir yang siap membantu dapat menjadi salah satu alat penting untuk mendukung inovasi. Dengan fitur-fitur canggihnya, aplikasi kasir tidak hanya memudahkan pengelolaan transaksi, tetapi juga memberikan data yang diperlukan untuk pengambilan keputusan strategis, mendorong pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis.

Untuk melakukan inovasi pun tentunya dibutuhkan riset yang baik. Sebab inovasi tanpa riset hanya akan menghasilkan produk yang gagal dan tidak diterima masyarakat. Nah, mindset ini harus ditanamkan bagi para pelaku UMKM. Salah satu cara untuk mendukung proses ini adalah dengan menggunakan aplikasi kasir untuk pebisnis pemula. Aplikasi ini tidak hanya membantu dalam pengelolaan transaksi, tetapi juga menyediakan data yang berharga untuk analisis pasar. Dengan informasi yang tepat, pelaku UMKM dapat melakukan riset yang lebih efektif dan menciptakan inovasi yang relevan dan diterima oleh masyarakat.

Saat ingin mengembangkan bisnis yang telah dimulai, lakukanlah riset tentang produk seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Jika kamu berhasil memenuhi itu, maka tak usah heran jika nantinya produk mu akan dicari banyak orang. Sebab itu merupakan strategi jitu mengembangkan UMKM yang sudah terbukti berhasil.

Analisis Strategi Kompetitor

Strategi kedua yang bisa kamu terapkan jika ingin mengembangkan UMKM yang dimiliki adalah dengan menganalisis strategi yang dilakukan kompetitor. Bagaimanapun juga, strategi-strategi yang diterapkan oleh kompetitor terkadang bisa memberimu inspirasi untuk melakukan hal serupa atau justru sebaliknya. Jika bisnismu terbilang masih baru, maka cobalah menjadikan brand-brand besar yang usahanya mirip dengan kamu sebagai acuan. Selain itu, aplikasi kasir untuk pebisnis pemula dapat membantu kamu dalam memantau kinerja keuangan dan menilai dampak dari strategi kompetitor, sehingga kamu bisa membuat keputusan yang lebih tepat untuk perkembangan bisnismu.

Namun meskipun demikian bukan berarti kamu harus meniru semua apa yang dilakukan oleh kompetitor. Sebab jika seperti itu bisnismu akan kehilangan jati diri dan tidak ada unique selling point atau sesuatu yang membuat bisnis mu berbeda dari kompetitor. Analisis kompetitor penting, tapi hal itu cukup dijadikan sebagai inspirasi agar kamu bisa menawarkan sesuatu yang tidak diberikan oleh kompetitor mu sehingga bisa terus bersaing di pasaran.

Meningkatkan Mutu Pelayanan

Meningkatkan mutu pelayanan merupakan strategi jitu mengembangkan UMKM selanjutnya yang mesti kamu perhatikan. Di era digital seperti sekarang ini apabila sebuah bisnis tidak mampu memberikan pelayanan yang prima, maka siap-siap saja kalau para pelanggan akan pindah ke toko sebelah. Alih-alih bisa memberikan rekomendasi kepada temannya yang lain, justru pelanggan yang dikecewakan tersebut pasti enggan untuk bertransaksi kembali.

Namun jika kamu mampu meningkatkan mutu pelayanan dalam bisnis mu, itu akan sangat membantu untuk mendapatkan para pelanggan yang setia. Bahkan secara tidak langsung pun mereka akan merekomendasikan produk mu kepada teman-teman yang lainnya.

Untuk mengetahui sudah sejauh mana mutu pelayanan yang kamu berikan. Sering-seringlah melakukan survei kepuasan secara berkala. Jangan sungkan untuk menerima saran dan kritik. Sebab hal itu akan jadi modal bagi bisnismu untuk terus memperbaiki kualitas pelayanan.

Siapkan Strategi Pemasaran yang Menguntungkan

Pemasaran merupakan ujung tombak dari sebuah bisnis. Jika strategi pemasaran yang dipilih tidak tepat, maka hal ini akan sangat mempengaruhi penjualan. Oleh karena itu penting sekali bagi para pelaku UMKM untuk memilih strategi pemasaran yang efektif serta menguntungkan. Beruntungnya di era digital seperti sekarang ini media pemasaran bisa dilakukan dimana saja sesuai dengan budget yang tersedia.

Selain itu kamu juga harus menerapkan beberapa strategi untuk menarik perhatian calon konsumen. Beberapa strategi yang bisa kamu terapkan adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan discount atau potongan harga
  2. Memberikan cashback dan gratis ongkir
  3. Terapkan promo Buy X Get X+1 (Misal Beli 2, Mendapatkan 3, dan seterusnya)
  4. Memberikan garansi sebagai bentuk keamanan dan juga tanggung jawab dari penjual.
  5. Membagikan kupon dan promo dengan waktu yang terbatas.

Bangun Saluran Penjualan yang Efektif

Strategi jitu mengembangkan UMKM yang kelima yaitu membangun saluran yang efektif. Strategi ini sangat penting dilakukan karena akan mampu mendorong pertumbuhan dari bisnis yang sedang kamu lakukan. Dalam dunia bisnis, saluran penjualan juga disebut sebagai sales funnel. 

Sederhananya saluran penjualan ini merupakan jalur yang akan dilalui oleh calon konsumen dari mulai pertama kali mereka mengenal produk mu sampai dengan terjadi transaksi tau penjualan. Nah kamu harus paham betul dimana biasanya calon konsumen akan berkumpul. Dengan begitu kamu akan mudah menentukan saluran awal yang tepat. 

Misalnya saja jika target pasar atau calon konsumen mu adalah anak milenial. Maka saluran awal yang efektif untuk melakukan promosi adalah berbagai media sosial seperti instagram, facebook, bahkan tiktok. Inilah pentingnya sejak awal kamu mengetahui siapa target market dari bisnismu.

Jangan Sungkan Untuk Berkolaborasi Dengan Brand Lain

Zaman sekarang ini adalah eranya kolaborasi. Jika ada bisnis yang masih jalan secara sendiri-sendiri, sudah bisa dipastikan perkembangannya tidak akan secepat mereka yang rajin melakukan kolaborasi. Dan penting untuk kamu ketahui, kolaborasi dengan brand lain ini memiliki banyak keuntungan.

Salah satunya yaitu bisa menjangkau pasar yang lebih luas dari jaringan pelanggan yang berbeda. Oleh karena itu, jangan pernah sungkan untuk mengajak kolaborasi brand-brand lain. Strategi seperti ini juga bisa jadi jalan untuk membuka peluang-peluang lainnya yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Ikut Komunitas UMKM

Mengikuti berbagai komunitas merupakan strategi jitu mengembangkan UMKM selanjutnya yang patut untuk kamu coba. Saat kamu memutuskan untuk bergabung dengan komunitas UMKM yang sejenis dengan bisnismu, maka di samping akan menambah relasi hal tersebut juga bisa membuka pintu kerjasama

Dari komunitas ini biasanya berbagai informasi akan kamu dapatkan secara lebih cepat dan lebih akurat mengenai bidang bisnis yang kamu jalankan. Misalnya informasi terkait acara terdekat, vendor yang baik dan terpercaya, kesempatan berbagai pendanaan, dan informasi penting lainnya yang akan mampu mengembangkan UMKM yang kamu miliki. 

Buat Landing Page Atau Website Khusus Untuk Bisnis

Strategi jitu selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk mengembangkan UMKM yaitu dengan membuat landing page ataupun website. Cara ini akan membuat bisnis yang kamu jalankan lebih terpercaya di mata calon konsumen. Selain itu landing page juga merupakan media pemasaran yang efektif di era digital seperti sekarang ini.

Denga adanya landing page atau website, maka usaha mu pun akan menjangkau lebih banyak orang. Jika sudah dikenal oleh banyak orang tentu saja potensi untuk meningkatkan penjualan pun terbuka sangat lebar.

Lakukan Pembukuaan Keuangan Secara Digital

Melakukan pembukuan keuangan secara digital merupakan strategi terakhir yang bisa kamu pilih untuk mengembangkan UMKM. Pasalnya pembukan ini harus dilakukan secara hati-hati dan tidak boleh sembarangan begitu saja.  Dengan bantuan aplikasi online seperti karts.id yang bisa membantu pembukan digital tentu saja akan membantu pencatatan keuanganmu menjadi semakin rapi.

Itulah 9 strategi jitu mengembangkan UMKM di masa kini agar bisnis yang kamu jalankan makin maju dan berkembang. Jika perkembangan yang ingin didapatkan bisnismu gila-gilaan, tentu saja action-nya pun harus sebanding dengan hasil yang diinginkan. Dan satu hal lahi, pastikan kesembilan strategi yang sudah disebutkan diatas semuanya bisa dipraktekkan. 

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.