HomeTips & Trick8 Solusi Mudah Mengatasi Kendala pada UMKM Anda
8 Solusi Mudah Mengatasi Kendala pada UMKM AndaBy: Elavigne - 12 Sep 2022

Tahukah Anda bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia ini diprediksi akan terus meningkat di tahun 2019. Peningkatan UMKM akan berdampak pada kestabilan ekonomi Indonesia dan masalah tenaga kerja menjadi teratasi. 

Nah, meski diperkirakan meningkat ada banyak sekali permasalahan yang umum terjadi dalam bisnis UMKM. Tak perlu bingung, Karts.id memiliki beberapa cara mengatasi kendala pada UMKM!

1. Mengatasi kendala pada UMKM yang sulit dapat modal? Manfaatkan lembaga pendanaan

Masalah utama yang sudah mengakar dalam kehidupan para pelaku bisnis UMKM adalah kesulitan dalam mencari dana untuk mengembangkan bisnis mereka. Kebanyakan pelaku usaha ini meminjam melalui perbankan sebagai sarana awal lembaga peminjaman dalam jumlah kecil namun seringkali mengalami penolakan.

Pihak perbankan tidak memberikan pinjaman kepada para pelaku bisnis UMKM yang masih berkembang meski dalam jumlah pinjaman kecil, resiko yang akan diberikan jauh lebih besar dibandingkan para pelaku bisnis UMKM menengah dan kelas atas dengan modal yang besar.

Cara lain untuk mengatasi kendala pada UMKM, bila Anda tidak kunjung mendapatkan pinjaman dari bank adalah dengan mencari modal pembiayaan dari berbagai lembaga pendanaan yang menawarkan banyaknya modal pembiayaan berbasis sistem equity crowdfunding.  

Fasilitas ini membantu Anda dalam mendapatkan modal usaha dari orang-orang yang berminat untuk membiayai usaha Anda termasuk usaha skala kecil menengah (UMKM). Beberapa lembaga yang sering memberikan pendanaan untuk usaha UMKM seperti Gandengtangan.com, Indiegogo.com, Kolase.com, Akseleran.com, Koinworks.com, dan lainnya.

Beberapa lembaga pinjam modal usaha ini juga mengajukan beberapa persyaratan agar para pelaku bisnis UMKM mendapatkan pinjaman modal usaha dari lembaga ini. Anda dapat melengkapi beberapa persyaratannya lewat persyaratan yang tertera pada website resmi masing-masing lembaga.

2. Tidak pandai mengembangkan bisnis? Up to date dengan perkembangan bisnis

Para pelaku bisnis UMKM  juga masih seringkali masih memiliki pengetahuan yang sedikit tentang bisnis UMKM dan bisnis yang sedang mereka jalankan. Akibatnya, bisnis tidak dapat berkembang dan mengurangi daya saing bisnis.

Untuk mengatasi kendala pada UMKM di hal ini, usahalah agar selalu up to date dengan perkembangan bisnis  terbaru yang muncul. Semua informasi tentang strategi mengembangkan bisnis UMKM bisa Anda jalankan dengan banyak membaca dan belajar melalui berbagai sumber informasi.

Carilah banyak buku dari banyak pebisnis dunia maupun lokal yang membahas tentang bisnis UMKM. Atau, bila perlu ikuti pula seminar yang terkait dengan bisnis UMKM bila Anda memang tertarik untuk terjun kedalam dunia bisnis UMKM.

3. Mengatasi kendala pada UMKM yang inovasi produknya kurang? Asah kreativitas dan inovasi

Daya saing produk UMKM di Indonesia ini memang masih terbilang rendah. Bahkan, beberapa kualitas produknya juga belum bisa mengejar kualitas produk bertaraf internasional.

Hal ini sudah menjadi masalah yang umum terjadi pada para pelaku bisnis UMKM. Untuk mengatasi kendala pada UMKM ini, mulailah untuk mengasah kreatifitas dan inovasi dari produk-produk yang Anda kembangkan agar bisa bersaing dengan produk lokal.

Agar produk Anda dilirik oleh para konsumen, Anda harus menawarkan suatu produk yang inovatif dan berbeda dari produk sejenis lainnya. Kunci sukses dalam melakukan inovasi produk ini adalah jangan pernah takut menyerah dan asah terus kreatifitas Anda setiap hari agar menghasilkan produk dengan daya saing tinggi.

Jangan ragu untuk bergabung dengan beberapa pelatihan-pelatihan yang biasa diadakan oleh Kementrian Koperasi dan UKM serta beberapa perusahaan lain yang memang menaruh minat lebih dalam dunia UMKM.

Jangan lupa untuk selalu aktif dalam menganalisa produk kompetitor untuk menganalisa harga, tren, bisnis, dan ide inovatif yang mungkin dapat Anda terapkan pada produk Anda.

4. Tidak pandai  mendistribusikan barang? Pameran bisa menjadi solusi Anda

Minimnya pengetahuan dalam pendistribusian barang memang dapat mengganggu perkembangan bisnis UMKM yang dijalankan. Kebanyakan mereka hanya fokus pada kolega dan pengepul yang dikenal saja.

Untuk mengatasi kendala pada UMKM ini, cobalah untuk mengikuti pameran produk yang diadakan oleh berbagai lembaga pemerintah, swasta, atau komunitas untuk memperluas jangkauan pasar. Cobalah untuk melakukan kerjasama dengan berbagai outlet yang dapat memasarkan produk Anda di toko mereka. Pendistribusian produk menjadi lebih luas dan pasar jangkauan pun lebih luas.

5. Kurangnya pemasaran barang online? Atasi dengan membuat Webstore!

Pemasaran online sepertinya sudah seringkali dijangkau hampir setiap bisnis UMKM namun masih banyak pula pelaku bisnis UMKM yang belum memanfaatkan pemasaran secara online dengan baik sehingga tidak dapat meningkatkan daya saing produk.

Untuk mengatasi kendala pada UMKM ini, sebaiknya pilihlah pemasaran online yang tepat dan fokus memasarkan produk di saluran tersebut dan terus optimasi. Misalnya saja seorang pengusaha kerajinan tangan memang baik memasarkan produknya melalui instagram namun tetap tidak ada salahnya memasarkan produknya ke Facebook atau situs marketplace.

Selain Facebook atau Instagram, Anda bisa membuat webstore dari Karts Webstore. Dengan menggunakan webstore/toko online, produk Anda bisa memiliki jangkauan yang lebih luas. Harga yang ditawarkan Karts Webstore pun sangat terjangkau bagi Anda para pemula bisnis UMKM. Ada paket Starter (Free), paket Medium, paket Profesional, dan paket Enterprise.

6. Mengatasi kendala pada UMKM yang kurang branding? Atasi dengan SWOT

Masih banyak saja para pelaku bisnis UMKM yang belum memahami pentingnya branding untuk produk dan usaha mereka. Kebanyakan dari mereka hanya fokus menjual, menjual, dan menjual tanpa memikirkan kualitas produknya.

Cara mengatasi kendala UMKM ini adalah dengan melakukan analisa SWOT (Strengths, Weakness Opportunities, Threats) untuk produk Anda. Analisalah hal-hal yang berkaitan dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman terhadap produk Anda.

Temukanlah hal yang paling menonjol dan yang paling membedakan produk Anda dengan beberapa produk lain. Konsistenlah dalam menonjolkan ciri khas produk Anda untuk promosi dan konsistenlah dalam mempertahankan ciri khas produk Anda untuk menentukan kualitas produk yang Anda buat.

7. Ciptakan ide tertentu untuk memberikan program loyalitas kepada pelanggan

Program loyalitas untuk pelanggan memberikan keuntungan untuk pelanggan dan peningkatan bisnis UMKM Anda. Untuk itu, menjaga loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting.

Cara mengatasi masalah para pelaku bisnis UMKM yang masih kurang melaksanakan program loyalitas adalah dengan meluangkan waktu untuk memikirkan ide besarnya. Mulailah dengan mengadakan promo, diskon, cashback, dan giveaway untuk menarik minat pelanggan.

Bila perlu, rencanakan pendaftaran member untuk pelanggan setia Anda seperti memberlakukan diskon khusus untuk member yang aktif.

8. Lakukan pembukuan otomatis dengan bantuan aplikasi

Pembukuan manual dengan buku masih banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis UMKM yang belum bisa menjalankan pembukuan lewat bantuan aplikasi. Cara ini tentunya memakan banyak waktu dan menghambat peningkatan bisnis Anda.

Atasilah hal ini dengan beralih ke pembukuan lewat bantuan software karena pembukuan lewat bantuan software memberikan banyak keuntungan mulai dari waktu yang lebih efektif dan data tersimpan yang lebih aman.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu Anda dalam pembukuan otomatis adalah Karts Pos. Apa itu Karts Pos? Ini adalah aplikasi kasir yang menyediakan beberapa fitur yang menguntungkan pengguna. Salah satunya adalah pencatatan transaksi dan laporan real time. Tentu kedua fitur tersebut sangat memudahkan Anda untuk melakukan pembukuan tanpa harus menghitungnya satu per satu.

Kesimpulan

Itulah 8 solusi mudah mengatasi kendala pada UMKM Anda. Ketika Anda menemukan hal tersebut terjadi, langsung terapkan solusi dari Karts.id di atas. Beberapa solusinya adalah memanfaatkan lembaga pendanaan, up-to-date dengan perkembangan bisnis, asah kreatifitas dan inovasi, membuat webstore/toko online di Karts Webstore, membuat aplikasi kasir untuk memudahkan pembukuan otomatis di Karts Pos, dan masih banyak lainnya.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.