HomeTips & TrickCara Mendapatkan Pelanggan Loyal Supaya Mereka Selalu Setia
Cara Mendapatkan Pelanggan Loyal Supaya Mereka Selalu SetiaBy: Elavigne - 7 Sep 2022

Cara mendapatkan pelanggan loyal supaya selali setia - Dalam menjalankan bisnis, pelanggan adalah emas. Para pengusaha sukses selalu mengatakan bahwa pelanggan adalah aset. Tanpa pelanggan, bisnis apapun tidak akan pernah berjalan dan sukses. Mencari pelanggan mungkin bukan sesuatu yang mudah, apa lagi meminta mereka membeli produk kembali. Lalu bagaimana sih cara mendapatkan pelanggan loyal supaya mereka selalu setia dengan produk atau jasa yang diberikan? Disini akan dibahas lebih lanjut ya..

Mendapatkan pelanggan loyal tidak semudah mendapatkan pelanggan pertama, loh. Menjaga pelanggan lama juga hal yang sulit. Disinilah pentingnya menghargai dan menjaga pelanggan, banyak brand yang tidak mampu melakukan hal ini. Sehingga mereka harus kehilangan banyak pelanggan dalam waktu singkat.

Belajar membina hubungan baik dengan pelanggan adalah sebuah keharusan. Tapi untuk melakukan semua itu tidaklah mudah. Kali ini akan diberikan sedikit ilmu untuk teman-teman supaya mampu menjaga dan membina hubungan dengan pelanggan.

Cara Mendapatkan Pelanggan Loyal Supaya Mereka Tidak Pergi

Berikan Produk atau Jasa Terbaik

Salah satu hal pertama yang harus kamu lakukan supaya pelanggan loyal dengan memberikan produk atau layanan terbaik. Tidak perlu menunjukan bahwa produk/layanan Kamu bernilai untuk pelanggan Kamu. Tidak perlu bagus dan sempurna, tetapi produk atau layanan yang Kamu miliki haruslah memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Dari kepuasan inilah akan membuat pelangganmu selalu kembali dan melakukan pembelian. Jika Kamu seorang Accurate Digital Partner, tentu Kamu harus memberikan pelayanan terbaik supaya konsumen Kamu mau terus berlangganan kepada Kamu. Disinilah salah satu bentuk loyalitas Kamu.

Pelayanan Terbaik

“Bagaimana sih melayani pelanggan supaya pelanggan suka?” Memang ini sangat sulit, setiap pelanggan memiliki karakter dan ciri yang berbeda. Kita tidak bisa melakukan tindakan yang sama antara pelanggan satu dengan pelanggan lainnya. Disinilah peran Kamu harus lebih optimal, supaya pelanggan bisa puas dengan layanan yang Kamu berikan dan membuat mereka setia dengan brand Kamu.

Salah satu pelayanan terbaik yang bisa kita lakukan dengan mendengarkan setiap masalah yang pelanggan sampaikan, dan berikan solusi yang tepat kepada pelanggan dari apa yang Kamu tawarkan kepada mereka. Jika mereka memahami dan mengerti apa yang Kamu lakukan, tentu pelanggan juga akan lebih memahami dan mengerti Kamu lebih jauh. Disinilah pentingnya pelayanan terbaik.

Menciptakan Hubungan Mutualisme

Sering sekali, sebagai pebisnis kita hanya mencari keuntungan masing-masing tanpa melihat keuntungan pelanggan. Padahal dalam berbisnis, hubungan mutualisme adalah hal penting. Dengan menciptakan hubungan mutualisme loyalitas akan terbangun dengan sendirinya.

Bagaimana supaya konsumen untung? Konsumen akan untung, jika mereka merasa puas. Konsumen akan merasa untung dengan apa yang kita berikan kepada mereka.

Mengabaikan Pelanggan

Salah satu kesalahan pebisnis atau pengusaha pemula, mereka selalu mengabaikan pelanggan. Maksudnya disini, ketika pelanggan sudah membeli produk dari Kamu. Kamu meninggalkan si pelanggan begitu saja. Padahal ada sesuatu hal yang mungkin ingin ditanyakan pelanggan kepada kita. Namun kita sering mendiamkannya begitu saja, seperti tidak membalas pesan mereka.

Saat sebelum mereka melakukan closing, Kamu selalu mengejar-ngejar mereka. Tetapi setelah mereka membeli kamu hilang begitu saja. Ini menjadi salah satu hal yang membuat pelanggan tidak loyal kepada penjual. Hindari untuk mengabaikan pelanggan.

Transparan

Melakukan hal transparan bukan sekedar soal keuangan saja. Tetapi transparan harus Kamu lakukan kepada pelanggan untuk membangun kesetiaan pelanggan kepada brand atau jasa Kamu. Ketika produk atau jasa sedang bermasalah, maka ungkapkanlah secara terbuka dan transparan.

Saat menawarkan produk atau jasa kepada konsumen, dan ketika konsumen menanyakan mengenai kekurangan dari produk dan jasa, jelaskanlah sebenar-benarnya. Berikanlah informasi secara jujur kepada pelanggan.

Jangan Lupa Menyimpan Kontak

Mungkin saat ini menyimpan kontak merupakan hal kewajaran, hampir semua pebisnis atau sales selalu mencari kontak konsumen. Dari kontak inilah akhirnya kita bisa selalu terhubung dengan konsumen. Kontak disini, tidak selalu harus nomor telepon. Tetapi Kamu bisa menyimpan kontak email konsumen Kamu.

Cara termudah untuk mendapatkan kontak pelanggan adalah dengan meminta mereka menuliskan kontak mereka. Baik itu melalui website, saat mereka memesan produk atau dengan menuliskan secara langsung kontak mereka dalam sebuah kertas.

Disinilah pentingnya menyimpan kontak. Ketika Kamu ingin mengumumkan adanya promo, Kamu bisa menyampaikan langsung kepada pelanggan secara personal melalui kontak yang Kamu miliki. Dan pelanggan akan merasa istimewa bahwa mereka selalu di utamakan ketika mendapatkan promo secara langsung.

Membangun Komunikasi Berkelanjutan

Setelah mendapatkan kontak pelanggan, tentu tidak bisa kita biarkan begitu saja. Mungkin pelanggan juga menunggu kabar darimu. Dengan adanya kontak, Kamu bisa melakukan komunikasi secara berkelanjutan, tetapi tidak perlu untuk melakukannya setiap hari.

Setidaknya, ketika kita mengetahui hari spesial bagi mereka, maka ucapkanlah. Misal, konsumen seorang muslim dan ia akan melaksanakan hari raya idul fitri, berikanlah ucapan kepadanya di hari H. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk kita dalam menjalin komunikasi dengan pelanggan.

Menghubungi Pelanggan Lama yang Tidak Pernah Bertransaksi

Seperti yang diungkapkan di awal artikel ini, mencari pelanggan pertama mungkin sangat mudah. Tetapi mempertahankan pelanggan lama adalah hal sulit. Ketika Kamu sudah mendapatkan cukup banyak pelanggan, Kamu bisa mencoba untuk menghubungi kembali pelanggan lama.

Cara ini menjadi cara yang paling mudah untuk menjaga loyalitas pelanggan. Menghubungi konsumen lama bisa dilakukan dengan mudah, mungkin konsumen tidak menghubungi Kamu karena mereka kehilangan kontakmu. Jika masih menyimpannya, cobalah untuk menghubungi si pelanggan tersebut.

Kamu bisa menghubungi melalui berbagai channel, baik itu melalui instant message maupun melalui email secara langsung. Dengan begitu akan lebih mudah untuk Kamu dalam mendapatkan pelanggan loyal.

Follow Up After Closing

Sering sekali pebisnis melupakan hal ini. Mereka meninggalkan konsumen begitu saja. Padahal layanan after sales cukup penting untuk dilakukan oleh para pebisnis dan pemasar. Saat after sales, Kamu akan mengetahui tanggapan konsumen terhadap produk atau layanan yang sudah mereka terima.

Dengan kekuatan kontak yang dimiliki, Kamu bisa melakukan follow up kepada para konsumen. Konsumen akan merasa lebih diperhatikan dan terasa nyaman denganmu. Karena Kamu bisa menanyakan mengenai pengalaman konsumen.

Minta Testimoni Pelanggan

Setelah pelanggan membeli produk atau jasamu, yang dilakukan selanjutnya yaitu meminta pelanggan untuk me-review mengenai produk yang dimiliki. Review ini sangat berguna untuk meningkatkan kesetiaan yang sudah menggunakan produknya. Serta bisa menumbuhkan loyalitas dari konsumen lain yang akan menggunakan produkmu.

Dengan adanya testimoni pelanggan, ini menjadi salah satu kiat sukses untuk menggaet pelanggan baru. Karena banyak loh calon-calon konsumen yang mau membeli sebuah produk setelah mereka melihat dan membaca testimoni dari orang lain. Disinilah pentingnya sebuah testimoni pelanggan.

Cara Mendapatkan Pelanggan Loyal Dengan Melayani Sepenuh Hati

Nah, demikian cara mendapatkan pelanggan loyal supaya mereka tetap membeli. Jika pelanggan semakin banyak yang menyukai produkmu dan semakin ramai pembelinya, tentu perlu untuk mengatur pemasukan yang didapatkan. Nah disini kamu bisa memanfaatkan KARTS POS yang merupakan aplikasi kasir terpercaya yang membantumu untuk mengelola bisnis mulai dari stok, untung, pengeluaran dan lainnya. Sehingga kamu tidak perlu pusing dan bisa akses aplikasinya dimanapun dan kapan saja. Yuk buruan download sekarang juga.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.