HomeTips & TrickKamu Pelaku UMKM? Inilah 7 Program Mengembangkan UMKM yang Patut untuk Dicoba
Kamu Pelaku UMKM? Inilah 7 Program Mengembangkan UMKM yang Patut untuk DicobaBy: Elavigne - 6 Sep 2022

Program Mengembangkan UMKM - Setiap orang yang memiliki usaha tentu saja menginginkan agar usahanya terus berkembang dan mengalami kemajuan. Namun apa jadinya jika bisnis atau usaha yang telah dibuka justru mandek atau stuck di tengah jalan tak ada perubahan? Tentu saja hal ini tidak boleh biarkan begitu saja. Sebab perkembangan dalam sebuah bisnis itu adalah sebuah kewajiban jika ingin tetap bertahan di era yang sangat serba cepat ini.

Bagi kamu para pelaku UMKM, khususnya yang saat ini terkendala dengan sulitnya mengembangkan usaha yang sudah dimulai. Maka sebentar lagi kegalauan mu itu akan segera terobati. Pasalnya akan disajikan 7 tips yang diharapkan bisa membantu UMKM milikmu untuk terus berkembang dan mengalami kemajuan. Lalu apa sajakah tipsnya?

Miliki Rencana Bisnis (Business Plan) yang Rinci

Kamu tentunya sudah tahu bedanya antara pedagang dan pebisnis, bukan? Jika pedagang hanya memikirkan penjualan di hari itu saja, maka pebisnis itu justru berpikir lebih panjang ke depan karena pasti memiliki rencana jangka pendek dan juga jangka panjang. Oleh karena penting sekali bagi para pelaku UMKM untuk memiliki business plan yang terperinci.

Dengan adanya hal ini, tentunya akan memudahkan para pelaku UMKM untuk bisa fokus menjalankan langkah-langkah spesifik supaya ide bisnis bisa terealisasikan dengan berhasil. Beberapa hal yang wajib dicantumkan dalam sebuah business plan adalah analisis produk dan jasa, analisis pemasaran, analisis SDM, analisis keuangan, rencana eksekusi, dan lain sebagainya. Ya, memiliki bisnis plan yang terinci menjadi salah satu program mengembangkan UMKM yang wajib untuk dicoba.

Tentukan Target Market yang Tepat

Tips kedua yang harus diperhatikan agar UMKM yang kamu miliki bisa terus berkembang adalah dengan menentukan target market yang tepat. Sekali saja kamu salah dalam menentukan siapa market yang menjadi sasaran dari produk yang dimiliki, maka semakin sulit juga UMKM mu memperoleh pemasukan.

Namun semakin detail kamu bisa menentukan target market dari bisnis yang sedang dijalankan, maka akan semakin memudahkan kamu untuk memperoleh cuan yang berlimpah. Coba bandingkan antara dua target market berikut ini. Pertama adalah semua ibu-ibu rumah tangga. Dan yang kedua yaitu ibu-ibu rumah tangga berusia 30-40 tahun yang suka arisan dan juga pekerja kantoran.

Kira-kira target market mana yang akan lebih memudahkan dalam melakukan promosi? Tentu saja yaitu target market yang kedua. Oleh karena itu penting sekali menentukan target market yang tepat agar strategi promosi yang nantinya akan dibuat pun bisa lebih tepat sasaran dan tidak terlalu meluas.

Jangan Bosan Untuk Analisis Kompetitor

Dibidang apapun UMKM yang sedang dijalankan, sudah pasti akan memiliki kompetitor. Oleh karena itu, jika suatu UMKM ingin terus berkembang jangan pernah bosan untuk melakukan analisis kompetitor setiap saatnya. Hal ini penting dilakukan untuk memetakan dimanakah saat ini posisi bisnis mu berada. Dan perlu diketahui, cara seperti ini juga merupakan program mengembangkan UMKM yang terbukti cukup berhasil.

Lihatlah bagaimana kompetitor mu melakukan promosi atau cara mereka berinovasi. Kemudian perhatikan juga harga yang ditawarkan oleh kompetitor kepada para konsumen. Carilah kelemahan apa yang dimiliki oleh kompetitor. Dengan cara seperti ini kamu pun bisa menetapkan strategi supaya produk yang dimiliki bisa disambut hangat oleh para pelanggan.

Terus Riset dan Lakukan Berbagai Inovasi

Riset merupakan sebuah keharusan jika suatu UMKM ingin terus berkembang. Hal ini dikarenakan produk yang saat ini laku dipasaran bisa jadi dalam sebulan atau dua bulan ke depan sudah tak diminati lagi. Oleh karena itu setiap pelaku UMKM tidak boleh meremehkan riset produk.Hal ini pun harus didukung oleh keinginan dan kemampuan untuk berinovasi setiap saatnya. Sebab bisnis tanpa inovasi itu hanya akan jalan di tempat. Sudah banyak contoh dimana ketika sebuah bisnis mampu melakukan inovasi yang tepat maka hasilnya pun sangat luar biasa. Ya, program mengembangkan UMKM ini tak boleh untuk dilewatkan oleh para pelaku bisnis.

Ciptakan Customer Experience yang Berkesan

Selain harus memiliki produk yang bagus, salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk membuat program pengembangan UMKM oleh pelaku UMKM adalah terkait customer experience. Di era bisnis saat ini, pelayanan yang prima adalah sebuah kewajiban jika ingin terus dipercaya oleh para pelanggan.

Sudah banyak kasus bisnis yang ketika layanannya buruk bisa berakibat sangat fatal. Ya, di era digital seperti sekarang ini pelanggan bisa dengan mudah memberikan review jelek di media sosialnya jika merasa pengalamannya selama bertransaksi atau berbelanja mengecewakan. Jika hal ini terjadi, tentunya akan memberi citra buruk pada usaha yang kamu jalankan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan customer experience yang berkesan. Misalnya saja salah satu contohnya yaitu dengan memberikan diskon tambahan bagi para pelanggan yang sedang berulang tahun. Dengan cara seperti ini pelanggan akan bahagia sehingga akan menceritakan ke teman-temannya. Dan tentunya hal ini akan mendatangkan banyak lagi pengunjung yang berbelanja di toko kamu.

Siapkan Strategi Pemasaran yang Kekinian

Tak bisa dipungkiri bahwa marketing adalah ujung tombak dari sebuah bisnis. Sebagus apapun produk yang dimiliki, jika marketing atau strategi pemasarannya tidak bagus maka tak akan menghasilkan cuan. Bukannya memperoleh keuntungan, bisa jadi jika marketing yang dilakukan masih menggunakan cara yang konvensional justru akan membuat usahamu semakin cepat gulung tikar.

Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha kamu harus menyusun sebuah program mengembangkan UMKM berupa strategi marketing yang kekinian. Mengapa harus demikian? Soalnya jika marketing yang digunakan masih pakai cara konvensional, maka akan sulit terjadi konversi. Hal ini dikarenakan era saat ini sudah masuk pada babak baru dunia bisnis yang hampir semuanya berbeda dari beberapa tahun belakangan.

Salah satu strategi marketing yang wajib dilakukan oleh para pelaku UMKM yaitu dengan memanfaatkan dunia digital. Hal ini dikarenakan pelanggan yang bisa dijangkau dengan cara ini jauh lebih banyak dibandingkan cara konvensional. Ada beberapa cara yang bisa tempuh, mulai dari yang organik hingga berbayar. Namun salah satu yang bisa kamu coba yaitu dengan membuat landing page ataupun toko online. Jika kamu masih pemula dan membutuhkan bantuan dalam membuatnya, maka silahkan bisa kunjungi karts.id.

Mampu Beradaptasi Dalam Penggunaan Teknologi

Masih ingat dengan cerita ponsel nokia? Ya, pada zaman kejayaannya nokia merupakan salah satu ponsel yang sangat laris di dunia. Hanya hal itu berubah seketika ketika nokia tidak mau mengikuti teknologi terbaru yaitu android. Nokia tetap keukeuh dengan sistem symbian miliknya dan tidak mau mengikuti perkembangan zaman dengan beralih ke android. Akhirnya Nokia pun berakhir tragis karena jatuh bangkrut.

Dari cerita tersebut seharusnya pelaku UMKM bisa belajar. Bahwa usahanya akan tetap bisa bertahan selama mampu beradaptasi terutama dalam penggunaan teknologi. Itulah pentingnya membuat program mengembangkan UMKM yang satu ini. Lalu bagaimana caranya? Misalnya saja salah satu contohnya dengan mengembangkan bisnis mu menjadi go digital. Hal ini penting dilakukan untuk bisa menjangkau pelanggan lebih luas dari berbagai kalangan.

Atau jika memang bisnismu sudah go digital namun sering terkendala di catatan keuangan. Kamu pun baiknya mulai menggunakan teknologi kasir online. Dengan bantuan aplikasi kasir online, cashflow mu dijamin sehat karena bisa dilihat secara real-time. Jika masih bingung dalam menentukan kasir online terbaik, maka kamu bisa coba layanan yang disediakan Karts POS.

 

Nah itulah 7 program Mengembangkan UMKM yang patut dicoba. Memang tak ada cara yang instan untuk bisa menjadi pemenang di tengah semakin ketatnya persaingan dan semakin berjamurnya kompetitor. Namun salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar bisnismu bisa mudah dikenal di dunia digital yaitu dengan menggunakan webstore dari karts.id. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terhadap layanan yang kami sediakan, silahkan bisa mengunjungi laman ini.

TAGS
Buat website toko online Anda sekarangWhatsapp Kami
Syarat dan Ketentuan
Kebijakan Privasi
© Copyright 2023. Karts.id. All Right Reserved.